Kara Hui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kara Hui Ying-hung
Dalam acara rilis perdana dunia film Hong Kong, Happines di USA Smithsonian Institution pada 15 Juli 2016
Nama Tionghoa惠英紅 (Tradisional)
Nama Tionghoa惠英红 (Sederhana)
PinyinHuì Yīng Hóng (Mandarin)
JyutpingWai6 Jing1 Hung4 (Kanton)
EtnisManchu[1]
Lahir3 Februari 1960 (umur 64)
Zhucheng, Shandong, Tiongkok[2]
Tahun aktif1976 - kini
Penghargaan

Kara Hui Ying-hung (lahir 3 Februari 1960), juga diromanisasi sebagai Kara Wai Ying Hung, adalah seorang aktris Hong Kong dari etnis Manchu.

Dikenal oleh penonton internasional atas peran kung-fu ia dalam film Studio Shaw Brothers pada tahun 1970-an dan 1980-an, Kara Hui sejak itu telah memerankan berbagai peran di layar lebar dan televisi dengan kesuksesan besar. Pada 1982, ia menjadi penerima pertama Penghargaan Film Hong Kong untuk Aktris Terbaik. Peran ia sebagai seorang ibu dalam film tahun 2009, At the End of Daybreak memenangkan penghargaan akting untuknya pada Penghargaan Film Hong Kong, Penghargaan Lembaga Kritik Film Hong Kong, Festival Film Changchun, Pacific Meridian, Penghargaan Film Asia, dan Festival Film dan Penghargaan Golden Horse.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Shandong, Tiongkok, Kara Hui pindah ke Hong Kong bersama keluarganya sewaktu masih balita.[3] Dalam wawancaranya pada Be My Guest, Hui mengungkap bahwa keluarganya kehilangan tabungan mereka disebabkan oleh kenalan bisnis ayahnya.[4] Tanpa uang sepeser pun yang tersisa, ibu Hui, dirinya, dan saudara-saudaranya terpaksa menjajakan barang di jalan-jalan Hong Kong. Pada tahun-tahun awalnya, keluarga Hui tinggal di kota kumuh miskin di Rennie's Mill.[4]

Setelah bekerja di kelab malam, Hui ditemukan oleh sutradara film Lau Kar-leung dan bermain dalam film Lau, Challenge of the Masters (1976). Setelah itu, ia mengambil bagian dalam berbagai film Lau.[3]

Hui mencapai puncak kariernya dalam My Young Auntie (1982), yang melalui film ini ia meraih Penghargaan Aktris Terbaik di ajang Penghargaan Film Hong Kong. Ia memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik untuk kedua kalinya pada Penghargaan Film Hong Kong ke-29.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.epochtimes.com/b5/10/9/13/n3023311p.htm
  2. ^ [1] at AsiaCue
  3. ^ a b Kara Hui Ying-Hung Biography at the Hong Kong Movie DataBase
  4. ^ a b [Be My Guest, Episode # 157, March 20, 2010]