Borme, Pegunungan Bintang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Borme
Negara Indonesia
ProvinsiPapua
KabupatenPegunungan Bintang
Pemerintahan
 • Kepala distrikJon Taplo S.Pd
Populasi
 • Total4.575 jiwa jiwa
Kode Kemendagri91.12.06 Edit the value on Wikidata
Luas...km&sup2
Kampung/kelurahanCangdamban

Borme adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua , Kecamatan Borme berada di jarak 25 km dari Oksibil ibu kota kabupaten dan 30 km dari Jayapura kota.

Distrik Borme terdiri dari 14 kecamatan dan memiliki bahasa suku yaitu bahasa Ketengban. Dan bahasa ketengban adalah salah bahasa terbesar no-2 di kabupaten Pegunungan Bintang karena 50% penduduk Pegunungan Bintang berasal dari suku ketengban.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Populasi penduduk distrik ini setiap tahun selalu terjadi penambahan dan lebihnya juga ada pengurangan melalui angka kematian setiap tahunnya 15%, dan jarang dikunjungi dokter special walaupun telah di tugaskan Pemerintah Daerah namun kondisi daerah tak memungkinkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Borme berasal dari dua suku kata dalam bahasa Ketengban , Bor dan Me . Bor adalah nama sebuah pohon sedangkan Me artinya air/sungai.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Udara

Transportasi umum yang masih digunakan masyarakat kecamatan Borme adalah pesawat capung jenis caravan, sampai saat ini belum ada jalan darat. Ini terjadi karena kecamatan Borme 98% adalah pegunungan, itu sebabnya pemerintah mau bangun jalan juga sulit.