Spei Yan Bidana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Spei Yan Birdana)
Spei Yan Bidana,
ST. M.Si
Bupati Pegunungan Bintang Periode 2021-2026 Spei Yan Birdana, ST. M.Si.png
Bupati Pegunungan Bintang ke-3
Mulai menjabat
03 Maret 2021
PresidenJoko Widodo
GubernurLukas Enembe
WakilPiter Kalakmabin
PendahuluCostan Oktemka
Informasi pribadi
Lahir22 Maret 1977
Pegunungan Bintang, Irian Jaya
KebangsaanIndonesia
Suami/istriSusana Maria Apaseray, S.IP
Anak5
Alma materSekolah Tinggi Teknologi Nasional
Universitas Gadjah Mada

Spei Yan Bidana, ST. M.Si (lahir 22 Maret 1977) adalah bupati Kabupaten Pegunungan Bintang periode 2021-2026. Spei yan Bidana bersama wakilnya Piter kalakmabin (SEPTE) berhasil memenangkan pilkada Pegunungan Bintang 2020 dengan perolehan 73.876 suara sah, mengalahkan pasangan petahana Costan Oktemka-Decky Deal (CODE) yang memperoleh 30.343 suara sah.[1]

Pendidikan[2][sunting | sunting sumber]

Spei Yan Bidana menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar INPRES Oklip, Pegunungan Bintang dan lulus pada tahun 1989. Ia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama YPPK Bintang Timur Oksibil, Pegunungan Bintang, lulus pada tahun 1992. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Taruna Bhakti Waena, jayapura lulus pada tahun 1995.

Ia menempuh pendidikan sarjana strata satu di jurusan Teknik Geologi di Sekolah Tinggi Teknologi Nasional yang kini berganti nama menjadi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta dan lulus tahun 2001. Ia kemudian melanjutkan Pendidikan Pascasarjana Magister Sains di Universitas Gadjah Mada, lulus pada tahun 2003.

Selama masa kuliah di Daerah Istimewa Yogyakarta, Spei yan Bidana pernah menjadi ketua Mahasiswa Katolik Papua Yogya-Semarang. Ia juga menjadi pendiri Forum Mahasiswa Teknologi Mineral Papua di Yogyakarta. Setelah pemekaran Kabupaten Pegunungan Bintang dari kabupaten jayawijaya, ia mendirikan organisasi pelajar dan Mahasiswa/i asal kabupaten Pegunungan Bintang yang sedang menempuh pendidikan di Jawa.

Riwayat Karier[2][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]