Bonifacius I dari Montferrat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lambang Montferrat.

Bonifacius dari Montferrat (bahasa Italia: Bonifacio del Monferrato; bahasa Yunani: Βονιφάτιος Μομφερρατικός, Vonifatios Momferratikos) (skt. 1150 – 4 September 1207) merupakan Markis Montferrat (dari tahun 1192), pemimpin Perang Salib Keempat (1201-04) dan Raja Tesalonika (dari tahun 1205).

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Bonifacius adalah putra ketiga dari Guglielmo V dan Julitta, yang lahir setelah ayahandanya kembali dari Perang Salib Kedua. Ia adalah adik dari Guilhem Longa-Espia, Comte Jaffa dan Ascalon, dan Konrad I dari Yerusalem. Masa mudanya dikenang pada akhir tahun 1170-an di dalam "surat epik", Markis Valen, Senhor de Montferrat, oleh sahabat baik dan penyanyi di istana, Raimbaut de Vaqueiras. Hal ini termasuk menyelamatkan ahli waris Jacobina dari Ventimiglia dari pamandanya Comte Otto, yang berniat untuk mencabut hak warisnya dan mengirimnya ke Sardinia. Bonifacius mengatur sebuah pernikahan untuknya. Ketika Albert Malaspina (suami dari salah satu saudari Bonifacius) menculik Saldina de Mar, seorang putri dari keluarga Genova yang menonjol, Bonifacius menyelamatkannya dan mengembalikannya ke tangan kekasihnya, Ponset d'Aguilar. Tidak seperti sisa keluarganya yang lain, ia juga mendukung sepupunya Friedrich I Barbarossa di dalam peperangan mereka melawan komune kota Lega Lombarda yang mandiri.

Kakanda sulung Bonifacius, Guglielmo Lungaspada telah meninggal pada tahun 1177, segera setelah menikahi Sibylle, ahli waris Kerajaan Yerusalem. Pada tahun 1179, the Kaisar Bizantium Manouel I Komnenos menawarkan putrinya, Maria Porphyrogenita sebagai pengantin salah seorang putra Guglielmo V. Karena Bonifacius, seperti kakandanya Konrad, telah menikah, dan Friedrich menjadi seorang pastor, adiknya, Renieryang menikah dengannya, hanya untuk dibunuh bersama dengannya selama penyerapan Andronikos I.

Pada tahun 1183, keponakan Bonifacius, Baudouinet V dimahkotai sebagai rekan-pemimpin Yerusalem. Guglielmo V pergi ke Kerajaan Latin untuk mendukung cucunya, meninggalkan Konrad dan Bonifacius bertanggung jawab atas Montferrat. Namun pada tahun 1187, Konrad juga pergi ke Timur: Isaakius II Angelus menawarkan saudarinya Theodora kepada Bonifacius untuk dijadikan istrinya, untuk memperbaharui ikatan keluarga Bizantium, namun Bonifacius baru saja menikah untuk yang kedua kalinya, dan Konrad baru saja menduda.

Pada tahun 1189, Bonifacius bergabung dengan konsili pemangku takhta untuk Tommaso I dari Savoia, putra sepupunya Umberto III, sampai bocah itu beranjak dewasa sekitar dua tahun kemudian. Pada tahun 1191, setelah kaisar yang baru, Heinrich VI memberinya provinsi Incisa, perang selama lima belas tahun terjadi melawan komune tetangga, Asti dan Alessandria. Bonifacius bergabung dengan liga Cremona League, dan kedua kota itu bergabung dengan liga Milan. Bonifacius mengalahkan kota-kota di Montiglio pada bulan Juni tahun itu, namun perang itu secara keseluruhan buruk untuk kepentingan dinasti ini. Di Quarto, ia dan Vaqueiras menyelamatkan saudara iparnya, Alberto dari Malaspina ketika ia dikalahkan. Tahap pertama perang berakhir dengan gencatan senjata pada bulan April 1193. Sekarang Bonifacius adalah Markis Montferrat, setelah kematian ayahandanya pada tahun 1191 dan Konrad, Raja Yerusalem yang baru dilantik pada tahun 1192. (Tidak terdapat tuntutan atas Montferrat yang pernah muncul yang dibuat atas nama putri Konrad yang telah tiada, Maria.)

Pada bulan Juni 1194, Bonifacius menunjuk salah satu pemimpin Henri VI untuk suatu ekspedisi ke Sisilia. Di Messina, di tengah peperangan di antara armada Genova dan Pisa, Vaqueiras melindungi tuannya dengan perisainya sendiri – sebuah tindakan yang membuat penyanyi memenangkan sebuah gelar kebangsawanan dari Bonifacius pada tahun itu, setelah kampanye yang sukses disimpulkan: Pemahkotaan Henri di Palermo. Pada bulan Oktober 1197, gencatan senjata dengan Asti berakhir. Bonifacius beraliansi dengan Acqui pada bulan Juni 1198. Ada banyak perang dan serangan, termasuk di Ricaldone dan Caranzano, namun pada tahun 1199 jelas bahwa perang itu kalah, dan Bonifacius masuk ke dalam perundingan.

Di sepanjang tahun 1180-an dan 1190-an, meskipun berperang, Bonifacius tetap memimpin salah satu istana yang paling bergengsi dari budaya Kekesatriaan dan lagu penyanyi. Pada abad ke-12, bahasa Piemonte (yang pada hari ini mencerminkan lebih banyak pengaruh Perancis dan Italia) hampir tidak dapat dibedakan dari Bahasa Oksitan Perancis Selatan dan Catalunya. Selain Vaqueiras, beberapa pengunjung termasuk Pèire Vidal, Gaucelm Faidit, dan Arnaut de Maruèlh. Patronase Bonifacius dirayakan secara luas. Bagi Gaucelm, ia adalah Mon Thesaur (Hartaku). Anehnya, Vaqueiras terkadang memanggilnya N'Engles (Lord Inggris), sebuah lelucon yang tidak pernah dijelaskan. Saudarinya Azalaïs, juga berbagi hal ini dan disebutkan oleh Vidal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Linskill, Joseph (1964). The Poems of the Troubadour Raimbaut de Vaqueiras. 
  • Magoulias, Harry J. (transl.) (1984). O City of Byzantium, Annals of Niketas Choniates. ISBN 0-8143-1764-2. 
  • Vaqueiras, Raimbaut de. The Epic Letter (external link to bilingual text)
  • Villehardouin, Geoffrey de (1963isbn=0-14-044124-7). "The Conquest of Constantinople". Chronicles of the Crusades. 


Didahului oleh:
Konrad I
Markis Montferrat
1192–1207
Diteruskan oleh:
Guglielmo VI
Didahului oleh:
Raja Tesalonika
1205–1207
Diteruskan oleh:
Demetrio