Bodeh, Pucakwangi, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

[butuh rujukan]

Bodeh
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPati
KecamatanPucakwangi
Kodepos
59183
Kode Kemendagri33.18.05.2001 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk2400 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Bodeh adalah desa di kecamatan Pucakwangi, Pati, Jawa Tengah, Indonesia.Mayoritas penduduknya bertani sebagai mata pencaharian sehari-hari. Desa Bodeh terletak di Kabupaten Pati bagian selatan. Selain bertani, banyak warganya yang menjadi perantau di kota-kota besar. Baik sebagai tenaga konstruksi bangunan maupun berdagang. Desa Bodeh dipimpin oleh seorang kepala desa bernama Didiek Trimulyadi, S.T periode 2020-2025. Setiap tahun warga desa ini mengadakan peringatan haul si mbah KH. Sholeh dan sodaqoh bumi (sedekah bumi) dalam waktu yang hampir bersamaan setiap bulan sura. Dan dimeriahkan dengan festival kirab budaya mengelilingi desa. Dilanjutkan dengan pengajian umum pada malam harinya.

Desa Bodeh tidak memiliki dusun atau pedukuhan. Disebelah selatan Desa Bodeh berbatasan dengan Dukuh Dangklik yang dipisahkan oleh persawahan. Disebelah barat berbatasan dengan Desa Karangwotan. Disebelah timur berbatasan dengan Desa Kepoh Kencono. Sedang diutara berbatasan dengan desa Triguno yang dipisah oleh persawahan.

Desa Bodeh hanya memiliki dua RW (Rukun Warga). Setiap RW memiliki lima RT (rukun tetanggan). RW satu di bagian selatan dan RW dua dibagian utara.

Iklim Pada tahun 2010 rata-rata curah hujan sebanyak 1.602 mm yang terjadi selama 88 hari/tahun. Tipe iklim pada desa ini mempunyai tipe C dan tipe D, pada tipe C terdapat di Kec. Winong dan Pucakwangi,sedang yang tipe D terletak di Kec. Tambakromo, Kayen dan Sukolilo. Tanaman yang sesuai dengan tipe C adalah tanaman padi sawah dan palawija sedang iklim D adalah tanam palawija.

Topografi dan Tanah Topografi datar dan berbukit-bukit, Rincian ketinggian desa Bodeh dari permukaan danau tersaji pada keterangan ini : Pegunungan Desa Bodeh Sukolilo 201 10 24 Kayen 201 10 24 Tambakromo 201 16 15 Pucakwangi 125 11 25 Winong 120 11 18 Jenis Tanah Tanah yang mengandung liat, warna tanah yang seragam, kejenuhan basa lebih dari 50% dan warna tanah kemerahan dan kekuningan.