Black pudding

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah sarapan masak Skotlandia, yang meliputi black pudding, yang disajikan dengan sosis kotak Skotlandia, kacang panggang, jamur, dan roti goreng.

Black pudding[note 1] adalah sejenis sosis darah yang umumnya disantap di Britania Raya, Irlandia, dan bagian-bagian lainnya di Eropa.[note 2] Hidangan tersebut biasanya terbuat dari lemak babi atau lemak sapi, darah babi, dan proporsi hidangan oat yang relatif tinggi. Dalam beberapa resep terkadang dicampur dengan grit (bulir oat) dan bulir jelai.

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

Black pudding adalah sumber protein yang baik, karbohidrat rendah, dan tinggi zinc serta zat besi namun juga tinggi dalam lemak jenuh dan kolesterol.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Swedia: blodpudding, bahasa Sachsen Hilir: Bloodballen, bahasa Estonia: verivorst, bahasa Finlandia: mustamakkara, Prancis: boudin noir, bahasa Luksemburg: Träipen, Spanyol: morcilla dan Portugis: morcela.
  2. ^ Black pudding juga disantap di sepanjang kawasan pesisir Laut Utara Fryslan dan Drente (keduanya di Belanda), di Saxony Hilir dari Ostfriesland sampai Bremen dan Hamburg dan Schleswig-Holstein, sebagian besar Nordfriesland, Prancis, Slovenia, Italia, Finlandia, Luxembourg, Kroasia, Hungaria, Polandia, Irlandia, Swedia, Estonia, Spanyol, Portugal, Argentina, Latvia dan Lithuania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blood sausage – Nutrition Facts". SELFNutritionData. Diakses tanggal 7 Januari 2016.