Black pudding

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebuah sarapan masak Skotlandia, yang meliputi black pudding, yang disajikan dengan sosis kotak Skotlandia, kacang panggang, jamur, dan roti goreng.

Black pudding[note 1] adalah sebuah jenis dari sosis darah yang umumnya disantap di Britania Raya, Irlandia dan bagian-bagian lainnya di Eropa.[note 2] Hidangan tersebut biasanya terbuat dari lemak babi atau lemak sapi, darah babi dan proporsi hidangan oat yang realtif tinggi, dalam beberapa resep dicampur dengan grit (bulir oat) dan terkadang bulir jelai.

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

Black pudding adalah sumber protein yang baik, karbohidrat rendah dan tinggi zinc dan zat besi namun juga tinggi lemak jenuh dan kolesterol.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Swedia: blodpudding, bahasa Jerman Hilir: Bloodballen, bahasa Estonia: verivorst, bahasa Finlandia: mustamakkara, bahasa Perancis: boudin noir, bahasa Luksemburg: Träipen, bahasa Spanyol: morcilla dan bahasa Portugis: morcela.
  2. ^ Black pudding juga disantap di sepanjang kawasan pesisir Laut Utara Fryslan dan Drente (keduanya di Belanda), di Saxony Hilir dari Ostfriesland sampai Bremen dan Hamburg dan Schleswig-Holstein, sebagian besar Nordfriesland, Perancis, Slovenia, Italia, Finlandia, Luxembourg, Kroasia, Hongaria, Polandia, Irlandia, Swedia, Estonia, Spanyol, Portugal, Argentina, Latvia dan Lithuania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blood sausage – Nutrition Facts". SELFNutritionData. Diakses tanggal 7 Januari 2016.