Bitinium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bitinium atau Bitinion (bahasa Yunani Kuno: Βιθύνιον) merupakan nama dari sebuah kota di pedalaman Bitinia, terletak di atas Tion, seperti yang digambarkan Strabo,[1] di sekitar Salone atau Salon, yang merupakan wilayah penghasil makanan yang baik untuk ternak, dan terkenal akan kejunya.[2] Kota ini adalah ibu kota distrik Salone. Bitinium adalah kota kelahiran Antinous, orang kesayangan Hadrianus, seperti yang dinyatakan Pausanias,[3] yang menambahkan bahwa Bitinium berada di luar, maksudnya di sebelah timur, sungai Sakarya; dan dia menambahkan bahwa nenek moyang terjauh Bitinia adalah suku Arkadia dan Mantineia. Dalam hal ini koloni Yunani menetap di sini. Bitinium kemudian disebut Klaudiopolis, nama yang diduga pertama kali dipakai pada zaman Tiberius. Cassius Dio membicarakan nama Bitinium dan juga Klaudiopolis.[4] Bitinium kemudian menyandang nama Hadriana seperti kaisar.[5] Nama Klaudiopolis dan Hadrianus muncul pada koin yang dicetak di sini.

Kota Bitinium telah dikristenkan sejak awal dan menjadi sebuah keuskupan agung. Seorang uskup agung dimartir di bawah Diokletianus. Kota tersebut tidak lagi menjadi takhta kedudukan, akan tetapi tetap sebagai takhta tituler Gereja Katolik Roma dengan nama Keuskupan Klaudiopolis (Honorias).[6] Bekas takhta tituler dengan nama Klaudiopolis di Bitinia disingkirkan.[7]

Situs kota ini ditempati oleh kota modern Bolu, Turki Asia.[5][8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strabo. Geographica. p. 565. Page numbers refer to those of Isaac Casaubon's edition.
  2. ^ Plinius. Naturalis Historia. 11.97.
  3. ^ Pausanias. Description of Greece. 8.9.1.
  4. ^ Cassius Dio, 69.11. ed. Reimarus, and his note.
  5. ^ a b Richard Talbert, ed. (2000). Barrington Atlas of the Greek and Roman World. Princeton University Press. hlm. 86, and directory notes accompanying. 
  6. ^ Catholic Hierarchy
  7. ^ Catholic Hierarchy
  8. ^ Lund University. Digital Atlas of the Roman Empire.