Berastagi, Karo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Berastagi)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berastagi
Kecamatan Berastagi, Karo 02.jpg
Kantor Kecamatan Berastagi
(Peta Lokasi) Kecamatan Berastagi, Karo.svg
Peta lokasi Kecamatan Berastagi
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KabupatenKaro
Pemerintahan
 • CamatMIRTON KETAREN, S,Sos..
Populasi
 • Total48,975 jiwa (2.015) jiwa
Kode Kemendagri12.06.02 Edit the value on Wikidata
Luas3050 Ha
Desa/kelurahan6/4

Berastagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Berastagi merupakan kota terbesar kedua di dataran tinggi karo setelah Kota Kabanjahe. Berastagi merupakan salah satu kota wisata yang populer di Sumatra Utara.

Berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Medan. Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Di dekat Gunung Sibayak, terdapat pemandian mata air panas. Berastagi sendiri berada di ketinggian lebih dari 1300 mdpl, sehingga menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia.

Aktivitas ekonomi di Berastagi terpusat pada produksi sayur,buah-buahan dan pariwisata. Berastagi merupakan salah satu penghasil sayur dan buah buahan terbesar di Sumatra Utara. Bahkan sudah di ekspor ke Singapura dan Malaysia. Etnis yang dominan di daerah ini adalah Suku Karo, dan berkomunikasi dengan Bahasa Karo dialek Gugung.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Objek-objek wisata di Berastagi:

Berastagi dilihat dari Bukit Gundaling

Pemekaran Daerah[sunting | sunting sumber]

Kota Berastagi direncanakan dinaikkan statusnya menjadi kota madya. Adapun kecamatan yang akan bergabung di kota ini adalah Kecamatan Berastagi, Kecamatan Dolat Rayat, dan Kecamatan Merdeka. Tetapi Berastagi masih kekurangan satu lagi kecamatan agar bisa dinaikkan menjadi kota madya. Karena syarat menjadi kota madya suatu daerah adalah memiliki minimal 4 kecamatan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]