Bukit Kubu Berastagi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bukit Kubu Berastagi
Bukit Kubu Hotel (Berastagi) 01.jpg
Bukit Kubu di Berastagi
Peta memperlihatkan letak Bukit Kubu Berastagi
Terletak di Sumatra Utara
Luas5 hektare

Bukit Kubu Berastagi merupakan hotel tua dengan taman luas sebesar 5 hektare. Bukit Kubu Berastagi terletak di Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Bukit Kubu juga menjadi salah satu objek wisata masyarakat Sumatra Utara yang sering dikunjungi. Umumnya wisatawan yang berkunjung merupakan wisatawan lokal dari Kota Medan maupun kota-kota lainnya di Sumatra Utara.

Objek Wisata[sunting | sunting sumber]

Bukit Kubu memiliki taman hijau yang luas sehingga cocok dijadikan tempat rekreasi. Sebagian besar orang-orang yang datang tidak menginap karena pengunjung tidak diharuskan menginap di hotelnya. Pengunjung juga diperbolehkan membawa makanan dari luar sehingga pengunjung cukup membayar tiket masuk sesuai harga yang tertera. Bukit Kubu juga menyediakan berbagai sarana hiburan seperti naik kuda, delman, dan flying fox.[1]

Selain sebagai objek wisata keluarga, Bukit Kubu juga sering dipakai diacara seperti seminar, kebaktian, arisan keluarga, acara komunitas, dan lainnyal. Untuk dokumentasi foto maupun video, Bukit Kubu memberikan panorama indah dan asri. Ada juga beberapa peninggalan sejarah, salah satunya rumah yang pernah disinggah Soekarno. Selain keindahan, kebersihan di sana juga dijaga, karena ada petugas yang keliling untuk mengutip sampah sisa pengunjung sebelumnya.[2]

Untuk membeli jajanan, pengunjung tak harus keluar dari Bukit Kubu. Terdapat 1 tempat yang diisi oleh pendagang setempat. Pedagang disana banyak menjual jajanan, mainan, dan oleh-oleh dari tempat tersebut. Tak jauh dari Bukit Kubu, ada juga beberapa tempat wisata seperti Dataran Tinggi Berastagi, Mikie Funland, Hillpark, Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk, Taman Alam Lumbini, Air Terjun Sikulikap, Bukit Gundaling.[3]

Ragam fasilitas dan sarana yang ada di Bukit Kubu, seperti sado, kuda, dan ATV sebagai alat transportasi. Area bermain juga luas dan dapat dipakai untuk bermain layang-layang. Ada juga restoran jika pengunjung tidak membawa makanan sendiri. Bagi pengunjung yang ingin menginap, ada hotel yang dapat disewa. Tempat religius yang ada di area Bukit Kubu adalah musala. Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika ingin membuang air, karena terdapat toilet di area tersebut.[4]

Akses[sunting | sunting sumber]

Dari Kota Medan[sunting | sunting sumber]

Dari Kota Medan, akses perjalanan bisa dilakukan dengan mobil, sepeda motor, dan bus. Rute dari Kota Medan bisa dimulai dari Jalan Sunggal - Jalan Setia Budi - Jalan Jamin Ginting - Jalan Jamin Ginting (Kabupaten Karo).

Dari Kota Pematangsiantar[sunting | sunting sumber]

Dari Kota Pematangsiantar, perjalanan bisa dimulai dari Jalan Nagari - Jalan Saribu Dolok - Jalan Besar Kabanjahe Merek - Jalan Jamin Ginting. Atau dari Jalan Medan-Pematangsiantar - Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi - Jalan Jamin Ginting.

Dari Kota Binjai[sunting | sunting sumber]

Dari Kota Binjai, perjalanan bisa dimulai dari Jalan Sisingamangaraja - Jalan Lintas Sumatra/Jalan Medan-Banda Aceh - Jalan Jamin Ginting.

Galeri Gambar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gobatak. "Tempat Wisata di Berastagi: Bukit Kubu Berastagi" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-04. 
  2. ^ Dewi (2020-09-10). "BUKIT KUBU Berastagi Tiket, Wahana & Aktivitas". TravelsPromo. Diakses tanggal 2020-10-08. 
  3. ^ Peggy (2015-02-25). "Yuk Jalan-jalan Ke Berastagi, 'Puncak'-nya Sumatera Utara" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-04. 
  4. ^ Haryadi, Malvyandie. Haryadi, Malvyandie, ed. "Bukit Kubu Berastagi, Asyiknya Main Layang-layang Sambil Menikmati Pemandangan". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2020-10-09.