Banjarsari, Cidadap, Sukabumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Banjarsari
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSukabumi
KecamatanCidadap
Kodepos
43183
Kode Kemendagri32.02.44.2003 Edit the value on Wikidata
Luas1.458 km²
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Banjarsari adalah desa di kecamatan Cidadap, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Desa Banjarsari juga berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Cianjur, yang dibatasi oleh Sungai Cibala. Untuk melintasi Sungai Cibala, terdapat sebuah jembatan yang terbentang dari Kampung Tegalloa sampai Kampung Cikeuyeup.

Sungai Cibala sendiri memiliki keindahan alam yang masih asri. Ditambah dengan air yang masih jernih, sungai ini cocok untuk dijadikan sarana wisata arung jeram.[butuh rujukan]

Terdapat pula cerita mistis yang berkembang di masyarakat terkait Sungai Cibala, yakni adanya sebuah batu di tengah sungai tersebut yang bernama Batu Balekambang atau batu yang mengapung. Dinamakan demikian karena batu tersebut terlihat mengapung meski Sungai Cibala mengalami pasang yang cukup besar. Konon katanya, di sekitar Batu Balekambang selalu terdengar alunan musik gamelan dan nyanyian. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, adanya suara gamelan dan nyanyian merupakan pertanda bahwa penunggu di Sungai Cibala sedang menggelar sebuah pesta.

Di aliran Sungai Cibala juga terdapat banyak jenis ikan. Ikan yang paling khas di sana adalah ikan regis. Ikan regis memiliki ukuran yang kecil, namun jika dimasak memiliki rasa yang gurih dan lezat.