Banjaranyar, Balapulang, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
DesaBanjaranyar
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Tegal
Kecamatan Balapulang
Pemerintahan
 • Kepala desa H Wawan
Kodepos 52464
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Banjaranyar adalah sebuah desa di kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia.Desa Banjaranyar terdiri dari satu desa besar dan 3 dukuh diantaranya, Dukuh Gayam besar dan Dukuh Gayam kecil serta Dukuh Kaligimber, Banjaranyar terletak di jalur jalan raya Tegal - Purwokerto dan dilewati oleh bus jurusan Jakarta - Purwokerto, Bandung - Purwokerto, Tegal - Purwokerto - Cilacap. Jalur jalan ini merupakan urat nadi penghubung antara Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan Jawa Tengah bagian barat.

Masyarakat Banjaranyar terdiri dari suku Jawa, serta berbagai suku pendatang lainnya. Kehidupan sosial di daerah ini sangat rukun dan harmonis. Mayoritas penduduk Banjaranyar beragama Islam. Terbukti dari adanya Beberapa masjid dan Banyaknya Musholla /Langgar.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Untuk bahasa keseharian, sekarang masyarakat Banjaranyar banyak yang menggunakan Bahasa Jawa dialek / logat tegalan & jawa kromo inggil ( bahasa jawa sopan / halus ).

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan di Desa banjaranyar cukup maju Pesatterbukti adanya tempat pendidikan dari Pra Sekolah hingga Sekolah menegah umum/Atas berikut adalah beberapa tempat pendidikan yang terdapat ddesa banjaranyar : 1. SMA/SMU Negeri Balapulang 2. SMP Negeri 2 Balapulang 3. Sekolah Dasar SD 01 hingga 05 4. Madrasah Ibtidaiyah/MI Negeri 5. Beberapa Sekolah TK 6. Beberapa Sekolah Pra TK 7. 2 Sekolah Agama non Formal Madrasah Diniyah Awaliyah.

Yang Khas[sunting | sunting sumber]

Blok-blok di Banjaranyar banyak sekali mengunakan istilah singkatan penyebutan diantaranya 1. Pelor = Pemuda Lor (Pemuda Utara) 2. Peldon= Pemuda Kulon (Pemuda Barat) 3. Panser= Panjatan serut

Profesi Masyarakat Banjaranyar[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Banjaranyar berprofesi sebagai petani, peternak, pengrajin furniture kayu jati, pedagang, pegawai negeri / TNI / Polisi / swasta dan sebagian merantau ke kota besar lainnya di Indonesia.

disunting by Oedien-Peldon