Harjawinangun, Balapulang, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Harjawinangun, Balapulang, Tegal
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenTegal
KecamatanBalapulang
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Harjawinangun adalah sebuah desa di kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Penduduk Harjawinangun 99% beragama islam sedangkan matapencaharian penduduknya sebagian besar adalah petani yang hanya mengandalkan air hujan, dikarenakan tidak adanya pengairan irigasi padahal didekat desa Harjawinangun terdapat sungai besar bernama sungai gung.

Di desa Harjawinangun terdapat bukit yang menyerupai candi,penduduk sekitar menamai bukit tersebut "gunung lawa" karena banyaknya lawa (bahasa jawa) yang artinya kelelawar yang hidup di goa goa yang terdapat di gunung lawa. Kalau kita perhatikan gunung lawa itu sebenarnya bukan 100% bukit tetapi seperti tumpukan bebatuan bebatuan yang sengaja disusun,untuk mengetahui kebenarannya diperlukan para ahli kepurbakalaan untuk menelitinya.Di puncak bukit tersebut terdapat batu yang sangat besar berbentuk kepala manusia.penduduk sekitar memberi nama "watu semar" atau batu semar.

Menurut penduduk yang sering berladang disekitar gunung lawa,disekitar bukit tersebut masih terdapat beberapa ekor hewan langka seperti macan tutul,macan dahan,kancil,babi hutan,monyet,lutung,dan beberapa burung langka.Sekitar 20 samapai 10 tahun yang lalu jenis jenis burung langka seperti kacer,cendet,tengkek,dan beberapa jenis burung berkicau lainnya masih banyak ditemukan tetapi sekarang sangat sulit ditemukan.

Mitos yang berkembang dibukit tersebut terdapat mahluk aneh berbentuk manusia tetapi berbulu tebal dan berkepala mirip anjing yang disebut aul.Mahluk AUL tersebut sering muncul menjelang petang,mahluk ini tinggal disekitar goa kecil yang diberi nama sesuai nama mahluk tersebut yaitu goa aul.Mungkin kalau digambarkan mahluk tersebut mirip big foot atau yeti.