Bangsawan Duniawi Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bangsawan Duniawi Britania Raya adalah anggota sekuler Dewan Bangsawan Britania Raya, majelis tinggi Parlemen Inggris . Mereka bisa berupa rekan seumur hidup atau rekan yang diturunkan, meskipun hak turun-temurun untuk duduk di Dewan Bangsawan Britania Raya dihapuskan untuk semua kecuali sembilan puluh dua rekan selama pembentukan ulang Dewan Bangsawan Britania Raya tahun 1999 . Istilah ini digunakan untuk membedakan para anggota ini dari Bangsawan Rohaniah Britania Raya yang duduk di DPR sebagai konsekuensi menjadi uskup di Gereja Inggris . [1] [2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan di Bangsawan Duniawi Britania Raya pernah menjadi hak semua rekan turun-temurun, selain mereka yang termasuk dalam gelar kebangsawanan Irlandia . Berdasarkan Undang-Undang Dewan Bangsawan Britania Raya tahun 1999, hak keanggotaan dibatasi hanya pada 92 anggota yang memiliki keturunan . [3]

Reformasi lebih lanjut dari Dewan Bangsawan Britania Raya adalah isu yang selalu dibicarakan dalam politik Inggris . Namun, tidak ada undang-undang tambahan mengenai masalah ini yang disahkan oleh Dewan Rakyat Britania Raya sejak tahun 1999. Komisi Wakeham, yang memperdebatkan masalah reformasi bangsawan di bawah Perdana Menteri Tony Blair, mengusulkan agar beberapa posisi terpilih dari Bangsawan Duniawi Britania Raya. [4] Rencana ini, yang dikritik secara luas, gagal diajukan ke Dewan Rakyat Britania Raya.[5] Proposal tambahan dibuat di bawah pemerintahan koalisi Perdana Menteri David Cameron untuk mengurangi ukuran Dewan Bangsawan Britania Raya menjadi 450, secara langsung memilih setidaknya beberapa Bangsawan Duniawi Britania Raya dan mengizinkan anggota Dewan Rakyat mencalonkan diri sebagai Bangsawan Duniawi Britania Raya. Tak satu pun dari proposal ini yang lolos.[6]

Susunan Bangsawan Duniawi Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Bangsawan Duniawi Britania Raya terdiri dari sejumlah kecil rekan pewarisan dan kontingen rekan hidup yang jauh lebih besar.

Rekan bangsawan turun-temurun[sunting | sunting sumber]

Bangsawan Duniawi Britania Raya secara historis mencakup beberapa ratus rekan turun-temurun (rekan-rekan Inggris serta Bangsawan Parlemen Skotlandia). Jabatan turun-temurun seperti itu dapat dibentuk oleh Kerajaan dan di zaman modern biasanya hanya didirikan di bawah nasehat Perdana Menteri.

Pemegang gelar bangsawan Skotlandia dan Irlandia tidak selalu diizinkan untuk duduk di Dewan Kebangsawanan. Ketika Skotlandia bersatu dengan Inggris untuk membentuk Britania Raya pada tahun 1707, ditetapkan bahwa rekan-rekan keturunan Skotlandia hanya dapat memilih 16 rekan perwakilan untuk duduk di Dewan Bangsawan Britania Raya; masa jabatan perwakilan akan diperpanjang sampai pemilihan umum berikutnya. Ketentuan serupa diberlakukan ketika Irlandia bergabung dengan Inggris Raya pada tahun 1801 untuk membentuk Britania Raya ; rekan-rekan Irlandia diizinkan memilih 28 wakil, yang akan tetap menjabat seumur hidup. Pemilihan perwakilan Irlandia berakhir pada tahun 1922, ketika sebagian besar Irlandia menjadi negara merdeka; pemilihan perwakilan Skotlandia berakhir dengan disahkannya Undang-Undang Gelar Bangsawan 1963, yang mengatur bahwa semua rekan Skotlandia memperoleh kursi di Majelis Tinggi.

Setelah reformasi tahun 1999, hanya 92 rekan turun-temurun yang tersisa sebagai Bangsawan Duniawi Britania Raya. Dua adalah Earl Marshal dan Lord Great Chamberlain . Dari sembilan puluh rekan yang tersisa yang duduk di Lords berdasarkan gelar kebangsawanan yang turun temurun, 15 dipilih oleh seluruh DPR dan 75 dipilih oleh sesama rekan turun temurun di Dewan Bangsawan Britania Raya, yang dikelompokkan berdasarkan partai. [7] [8]

Rekan bangsawan hidup[sunting | sunting sumber]

Kelompok terbesar Bangsawan Duniawi Britania Raya, dan seluruh Dewan adalah rekan hidup. Pada Maret 2024 ada 670 rekan bangsawan hidup. [9] Kebangsawanan seumur hidup hanya diberi peringkat sebagai baron atau baroness, dan dibuat berdasarkan Life Peerages Act 1958. Seperti semua rekan lainnya, rekan hidup diciptakan oleh Kerajaan, yang bertindak berdasarkan saran dari Perdana Menteri atau Komisi Pengangkatan Dewan Bangsawan Britania Raya. Namun, berdasarkan konvensi, Perdana Menteri mengizinkan para pemimpin partai lain untuk mencalonkan beberapa rekan hidup, untuk menjaga keseimbangan politik.

Pada tahun 2000, pemerintah mengumumkan akan membentuk Komisi Penunjukan Independen, di bawah Lord Stevenson dari Coddenham, untuk memilih lima belas orang yang disebut " rekan sejawat " untuk seumur hidup. [10] [11]

Pengelompokan nirfungsi[sunting | sunting sumber]

Law lords[sunting | sunting sumber]

Hingga terbentuknya Mahkamah Agung pada tahun 2009, bagian dari Bangsawan Duniawi Britania Raya – yang dikenal sebagai Law Lords – bertindak sebagai pengadilan banding terakhir dalam sistem peradilan Inggris. [12] Para bangsawan ini menjadi hakim pertama di Mahkamah Agung Inggris.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Blackstone, William (January 1, 1836). Commentaries on the Laws of England. London: Clarendon Press at Oxford. hlm. 156. ISBN 978-1241049874. 
  2. ^ Cobbett, William (1803). Cobbett's Parliamentary history of England. From the Norman conquest, in 1066. To the year, 1803. London: T.C. Hansard. hlm. 135. 
  3. ^ "House of Lords briefing paper on Membership:Types of Member, Routes to membership, Parties & groups" (PDF). Parliament of the United Kingdom. Diakses tanggal 1 July 2011. 
  4. ^ Executive Summary of the Wakeham Report
  5. ^ "Lords report fails to satisfy". BBC. 20 January 2000. Diakses tanggal 23 March 2013. 
  6. ^ Grice, Andrew (11 July 2012). "Coalition shaken as Cameron ducks out of vote on Lords". The Independent. Online. Diakses tanggal 25 September 2019. 
  7. ^ "Hereditary Peers". 
  8. ^ Cobbett, William (1803). Cobbett's Parliamentary history of England. From the Norman conquest, in 1066. To the year, 1803. London: T.C. Hansard. hlm. 135. 
  9. ^ "Lords membership - MPS and Lords - UK Parliament". 
  10. ^ "HOLAC Appointments". House of Lords Appointments Commission. 30 July 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 September 2009. Diakses tanggal 7 September 2009. 
  11. ^ "Archived copy". www.brickcourt.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 May 2019. Diakses tanggal 13 January 2022. 
  12. ^ "Parliamentary sovereignty". Parliament of the United Kingdom. Diakses tanggal 29 January 2012.