Bandar Udara Internasional San Diego

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional San Diego
Lindbergh Field
San Diego Airport logo.png
KSAN-Control-Tower.940.jpg
IATA: SANICAO: KSANFAA LID: SAN
Ringkasan
Tipe Airport Publik
Owner San Diego County Regional Airport Authority
Serves San Diego
Lokasi North Harbor Drive
San Diego, California
Ketinggian AMSL 17 ft / 5 m
Koordinat 32°44′1″LU 117°11′23″BT / 32,73361°LU 117,18972°BB / 32.73361; -117.18972Koordinat: 32°44′1″LU 117°11′23″BT / 32,73361°LU 117,18972°BB / 32.73361; -117.18972
Website www.san.org
Maps
Diagram bandara FAA
SAN is located in San Diego
SAN
Lokasi bandara di San Diego
Runways
Direction Panjang Permukaan
ft m
9/27 9.401 2.865 Aspal/Beton
Statistik (2009, 2010)
Jumlah Penumpang (2010) 16.889.622
Penumpang Internasional (2009) 194.172
Pergerakan Lalu Lintas (2009) 199.209
Sumber: FAA,[1] Airport Authority[2]

Bandar Udara Internasional San Diego (IATA: SANICAO: KSANFAA LID: SAN), yang juga disebut sebagai Lindbergh Field, terletak di San Diego, California, Amerika Serikat. Bandara Internasional San Diego adalah bandara komersial dengan satu landasan pacu tersibuk kedua di dunia, dengan kurang lebih 600 keberangkatan dan kedatangan mengangkut 40,000 penumpang per hari, dan lebih dari 17 juta penumpang per tahun. Bandara dengan satu landasan pacu tersibuk di dunia adalah Bandara London Gatwick, bagaimanapun Gatwick memiliki keuntungan yaitu sebuah landasan pacu yang panjang, sebuah landasan pacu cadangan, tidak memiliki tanah lapangan dan tidak memiliki jam malam. Gatwick juga telah merencanakan untuk memperluas ukuran bandaranya pada tahun 2019 dan menambah landasan pacu yang lain.LGW

SAN mempunyai luas terkecil di antara bandara-bandara komersial terbesar lain di Amerika Serikat, dengan luas 661 acre (2.67 km²).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diresmikan pada tanggal 16 Agustus 1928, bandara baru ini dinamai Bandara Kotamadya San Diego - Lindbergh Field. Nama ini muncul karena San Diego memegang kehormatan sebagai kota oleh Charles Lindbergh yang memulai perjalanan pertama melintasi lautan Atlantik. Bandara ini memegang kenyataan bahwa pernah menjadi bandara pertama yang memiliki sertifikasi federal untuk melayani semua jenis pesawat, termasuk pesawat air. Terminal asli terletak di sisi timur laut lapangan bandara, sepanjang Pacific Coast Highway. Tanggal 1 Juni 1930, sebuah rute penerbangan surat udara regular San Diego-Los Angeles dimulai. Bandara ini mendapat status 'bandara internasional' pada tahun 1934, dan United States Coast Guard Air Base yang terletak berdekatan dengan bandara diumumkan pembangunannya pada bulan April 1937. Penjaga pantai memperbaiki sayap pesawat agar dapat dipakai di landasan pacu Lindbergh Field.

Perang Dunia II membawa perubahan yang signifikan kepada bandara tersebut saat United States Army Air Corps mengambil alih bandara Lindbergh pada tahun 1942 untuk mengirim bantuan perang. Infrastruktur bandara Lindbergh diperbaiki untuk menangani pesawat pengangkut bom yang dibuat di bandara itu selama perang. Transformasi ini, termasuk sebuah landasan pacu 8,750 kaki, menjadikan bandara itu "jet-ready" jauh sebelum pesawat penumpang jet menyebar ke seluruh dunia [1]. Setelah perang, layanan udara komersial di Lindbergh Field meluas secara cepat. Pacific Southwest Airlines meresmikan kantor cabangnyadi San Diego dan membuka layanan pertamanya di Lindbergh Field pada tahun 1949 untuk melakukan penerbangan ke luar California. Pada tahun 1960, Lindbergh Field menambah layanan jet pertamanya, dengan American Airlines dan United Airlines mengoperasikan Boeing 720 dengan tujuan Phoenix di Arizona dan San Francisco di California.

Sebuah tragedi terjadi pada tanggal 25 September 1978, saat Pacific Southwest Airlines Boeing 727, beroperasi sebagai PSA Penerbangan 182, mengalami tabrakan di udara dengan pesawat pribadi Cessna 172 sebelum mendarat di Lindbergh Field. 128 penumpang dan 7 awak pesawat yang menaiki Boeing tersebut, 2 orang menaiki Cessna dan 7 orang di bandara tewas. Tragedi ini menjadi kecelakaan pesawat terburuk sepanjang sejarah California.

Terminal asli digunakan sampai tahun 1960-an, tetapi waktu itu, lalu lintas udara di San Diego meningkat drastis dan fasilitas baru dibutuhkan. Terminal 1 sekarang dibuka dan terletak di sisi selatan dari properti bandara pada tanggal 5 Maret 1967. Tidak sampai tanggal 11 Juli 1979, Terminal 2 mulai dibuka. Terminal ketiga, mendapat julukan Commuter Terminal, dibuka pada tanggal 23 Juli 1996. Terminal 2 terakhir diperluas sampai 300,000 kaki persegi pada tahun 1998.

Aslinya dioperasikan oleh San Diego Unified Port District, bandara ini sekarang dioperasikan oleh San Diego County Regional Airport Authority.

Operasi Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Air Traffic Control Tower

Mayoritas terluas dari operasi penerbangan di SAN menuju ke arah barat.

Pendaratan di bandara itu dilakukan dari arah timur (pendaratan yang paling sering dilakukan) menawarkan pemandangan closeup dramatis dari pencakar langit, Petco Park (rumah bagi San Diego Padres), dan Coronado Bridge yang melengkung dan menjulang ke atas dari sisi kiri pesawat terbang. Di sisi kanan, Balboa Park, situs pameran Panama-California pada tahun 1915-1916, dapat terlihat, sepanjang San Diego Zoo yang terkenal di dunia dan beberapa jalan raya.

Pendaratan dari timur sangatlah curam, mengharuskan tanah turun 266 kaki di bawah permukaan laut kurang dari satu mil, pesawat secara normal turun di 317° per mil, tetapi di San Diego pesawat turun 376° per mil tergantung keadaan tanah. Landasan pacu San Diego terletak di bawah garis bukit dengan penghalang dari jalan raya I-5 sampai Balboa Park. Pesawat yang datang dari timur tidak diizinkan mendarat di akhir landasan pacu seperti bandara lainnya, tetapi tanah tempat lampu bandara terletak 1810 kaki dari akhir landasan pacu, secara efektif memendekkan jarak pendaratan menjadi 7591 kaki. Pesawat berangkat menuju arah barat dari arah timur landasan pacu sebagai titik berangkat mereka. Sebuah foto dari kokpit pesawat yang akan mendarat secara jelas memperlihatkan pendekatan ke bandara dan lampu landasan pacu.

Di bawah kondisi kabut atau angin Santa Ana, operasi dibalikkan dengan pendaratan dan lepas landas ke arah timur. Karena keadaan tanah, batasan berat diturunkan pada pesawat yang akan berangkat selama kondisi ini.

Tanah bandara timur dan barat menentukan panjang landasan pacu yang tersedia. Landasan pacu 27 (arah barat) memiliki tanjakan curam sebesar 317° per mil nautikal menyisakan sebuah equivalen jarak lepas landas sebesar 6,500°, cukup untuk mendorong sebuah penalti berat untuk 737-800.

SAN terletak di area berpopulasi tinggi. Untuk memuaskan, bandara tetangga mencemaskan suara berisik pada jam malam yang ditambahkan pada tahun 1979, keberangkatan diperbolehkan antara 6:30 AM dan 11:30 PM. Selama kedatangan bisa terjadi di luar jam tersebut, kedatangan akan diberi denda. Kejadian ini biasa terjadi saat penerbangan kedatangan tertunda di bandara itu. Beberapa penerbangan dijadwalkan dengan waktu keberangkatan sebelum 6:15 AM. Jadwal ini, bagaimanapun, adalah waktu sebelumnya. Lepas landas pertama yang terjadi di bandara itu pada jam 6:30 AM.

Proposal Relokasi[sunting | sunting sumber]

California Assembly Bill AB 93 membuat San Diego County Regional Airport Authority pada tahun 2001. SDCRAA percaya bahwa Lindbergh Field akan mencapai kapasitas antara 2015 dan 2022. Bulan Juni 2006, anggota SDCRAA memilih Marine Corps Air Station Miramar sebagai situs istimewa untuk penggantian bandara, sesuai dengan persetujuan militer. Tanggal 7 November 2006, penduduk San Diego County mengalahkan penasehat relokasi measure.[3].

Situs asli dari bandara San Diego mengelilingi San Diego Bay, fasilitas militer, dan area perumahan. Perluasan sampai ke teluk adalah pilihan yang tak diinginkan karena tanah kosong yang diperlukan kemungkinan mencampuri dengan operasi United States Navy terdekat. Lebih jauh lagi, seperti tambahan tidak pantas untuk membuat proyek kapasitas yang diminta. Tanah militer yang berdekatan dengan bandara mesih dalam status aktif dan belum tersedia sekarang. Menggunakan tanah perumahan, meskipun mungkin melalui daerah kekuasaan yang unggul, tetapi secara publik dan secara politik perbuatan tersebut tidak populer.

Karena ketidak leluasaan geografi dari Lindbergh Field, Otoritas Bandara mengamati sejumlah proposal untuk merelokasi lengkap bandara itu, termasuk perluasan Lindbergh.

Terminal, Maskapai Penerbangan dan Destinasi[sunting | sunting sumber]

Departure and Arrivals Curb of Terminal 1
Departure and arrivals curb of Terminal 2
An American Airlines MD80 and a Virgin America A320 at Terminal 2

Informasi lengkap mengenai penerbangan ke dan dari SAN tersedia di bagian Flight Planner dari website bandara.

Maskapai Tujuan Terminal
Air Canada Toronto-Pearson, Vancouver 2[4]
Alaska Airlines Honolulu, Kahului, Orlando [begins October 11, 2012],[5] Portland (OR), Puerto Vallarta, San Jose Del Cabo, Seattle/Tacoma 1
Alaska Airlines operated by Horizon Air Fresno, Monterey, Santa Rosa 1
Allegiant Air Bellingham 2
American Airlines Chicago-O'Hare, Dallas/Fort Worth, New York-JFK 2
American Eagle Los Angeles Commuter
British Airways London-Heathrow 2
Delta Air Lines Atlanta, Detroit, Minneapolis/St. Paul, New York-JFK, Salt Lake City

Seasonal: Cincinnati
2
Delta Connection operated by SkyWest Airlines Los Angeles Commuter
Delta Connection operated by SkyWest Airlines Salt Lake City 2
Frontier Airlines Colorado Springs [begins September 18, 2012],[6] Denver 2
Hawaiian Airlines Honolulu 2
Japan Airlines Tokyo-Narita [begins December 2, 2012][7] 2
JetBlue Airways Boston, New York-JFK 2
Southwest Airlines Albuquerque, Austin, Baltimore, Chicago-Midway, Denver, El Paso, Houston-Hobby, Kansas City, Las Vegas, Nashville, Oakland, Phoenix, Reno/Tahoe, Sacramento, St. Louis, San Antonio, San Francisco, San Jose (CA), Tucson 1
Spirit Airlines Dallas/Fort Worth, Las Vegas 2
Sun Country Airlines Minneapolis/St. Paul 2
United Airlines Chicago-O'Hare, Cleveland [begins December 19, 2012], Denver, Houston-Intercontinental, Newark, San Francisco, Washington-Dulles 1, 2
United Express operated by SkyWest Airlines Denver, Los Angeles, San Francisco
Seasonal: Mammoth Lakes
1, Commuter
US Airways Charlotte, Philadelphia, Phoenix, Washington-Reagan National 2
US Airways Express operated by Mesa Airlines Phoenix 2
US Airways Express operated by SkyWest Airlines Phoenix 2
Virgin America San Francisco 2
Volaris Guadalajara, Kota Meksiko 2
WestJet Calgary 2

Tujuan Utama[sunting | sunting sumber]

Rute Domestik Tersibuk dari SAN (Mei 2011 – April 2012)[8]
Peringkat Kota Penumpang Pesawat
1 San Francisco, CA 735,000 Southwest, United, Virgin America
2 Phoenix, AZ 661,000 Southwest, US Airways
3 Denver, CO 578,000 Frontier, Southwest, United
4 Las Vegas, NV 433,000 Southwest, Spirit
5 Dallas/Fort Worth, TX 399,000 American, Spirit
6 Chicago, IL 374,000 American, United
7 Atlanta, GA 357,000 Delta
8 Seattle, WA 355,000 Alaska
9 Oakland, CA 354,000 Southwest
10 Los Angeles, CA 347,000 American, Delta, United

Penerbangan kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Capital Cargo International Airlines Toledo, Phoenix
DHL Express operated by ABX Air Cincinnati/Northern Kentucky, Phoenix
FedEx Express Memphis, Indianapolis, Oakland, Ontario, Los Angeles
UPS Airlines Honolulu, Louisville

1 Ada kemungkinan rute Aero California menuju San Diego diberhentikan karena mereka juga melayani Bandara Internasional Tijuana, yang mana hanya 15 mil (24 km).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]