Bamischijf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bamischijf
Nasischijf

Bamischijf adalah kudapan Belanda yang terbuat dari irisan (Bahasa Belanda: schijf) dari bakmi, yang kemudian dilapisi tepung roti dan digoreng rendam.[1] Hidangan ini adalah modifikasi Belanda atas hidangan Tionghoa Indonesia bakmi goreng.[2] Di Belanda dikenal pula nasischijf yaitu hidangan serupa yang dibuat dari nasi goreng.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Nasischijf dan bamihap, beku

Isi disiapkan dari bakmi goreng yang sudah dimasak. Bahannya sama persis dengan bakmi goreng, yaitu bakmi, sayuran, daging, yang digoreng dalam saus dan bumbu khas Indonesia. Campuran mi ini dipadatkan sedemikian rupa sehingga memiliki konsistensi seperti adonan yang dapat dibentuk. Campuran mi goreng ini kemudian digulung menyerupai sosis besar, dibekukan, dan kemudian dipotong-potong menjadi kepingan-kepingan bundar. Irisan bundar ini kemudian dilumuri kocokan telur dan dibaluri tepung roti, kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak.

Kini produksi kudapan ini lebih banyak dilakukan oleh pabrik makanan beku, di mana produk disiapkan dan dibuat sebagai makanan beku siap goreng, yang kemudian dikirim dan dipasarkan di kedai kudapan (snackbar).

Variasi[sunting | sunting sumber]

Variasi penyebutan bamischijf biasanya berdasarkan bentuknya; bamiblok (bakmi kotak), bamibal (bola bakmi) dan bamihap (gigitan bakmi).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bami Schijf". National Post. March 6, 2013. Diakses tanggal 13 October 2013. 
  2. ^ Arrisje (Jul 8, 2012). "Bami Schijf (Dutch)". Kinfolk Recipes. Diakses tanggal 27 August 2015.