Balongdowo, Candi, Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Balongdowo
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Sidoarjo
Kecamatan Candi
Pemerintahan
 • Kepala desa M. SOLIK
Kodepos 61271
Luas 150,478 Ha.
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Balongdowo adalah sebuah nama sebuah desa di kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Desa ini terdiri dari 3 dusun, yaitu:

  • Dusun Tempel

Letaknya disisi sebelah utara, disana terdiri dari 6 RT

  • Dusun Pecis

Letaknya disisi sebelah tenggara, disana terdiri 5 RT

  • Dusun Balongdowo

Letaknya disisi sebelah tengah dan selatan, disana terdapat 2 lingkungan yaitu Balongdowo terdiri dari 2 RW Perumahan Griya Surya Asri 11 RT dan Balongdowo 8 RT

Secara geografis, desa ini berbatasan dengan:

desa Balongdowo terdiri dari 4 buah RW yang meliputi:

  • RW 01 di dusun Balongdowo yang terdiri dari 8 RT
  • RW 02 di dusun Tempel yang terdiri dari 6 RT
  • RW 03 di dusun Pecis yang terdiri dari 5 RT
  • RW 04 di dusun Balongdowo yang terdiri dari 11 RT yang masuk dalam wilayah Perumahan Griya Surya Asri

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Balongdowo memiliki 1 Sekolah Dasar Negeri dan 2 Taman Kanak-kanak. Sekolah Dasar Negeri Balongdowo dulunya terdiri dari SDN Balongdowo 1 dan SDN Balongdowo 2 yang kemudian digabung menjadi satu. Siswa di sekolah ini berasal dari beberapa desa, seperti Balongdowo, Balonggabus, dan Ngampelsari. Sekolah ini terletak di sebelah timur sungai yang menjadi perbatasan antara desa Balongdowo dan desa Balonggabus di RT 06 RW 01. Sedangkan untuk Taman Kanak-kanak, di desa Balongdowo ada TK Dharma Wanita yang terletak di dalam area kantor desa Balongdowo. TK ini terletak di sebalah timur lapangan dan di sebelah selatan (sisi depan) Perumahan Griya Surya Asri dan untuk TK AT-Thoyyibah terletak di dalam wilayah Perumahan Griya Surya Asri,dan untuk TK Aisyah terletak di wilayah dusun Balongdowo.

Balongdowo juga memiliki Tempat Pendidikan Qur'an (TPQ). TPQ Al-Muttahidin adalah TPQ yang telah lama berdiri dan terletak di sebelah timur Masjid Al-Muttahidin Balongdowo di RW 03. TPQ Annafar juga merupakan salah satu TPQ di desa Balongdowo yang telah lama berdiri di RT 02 RW 01.

Mata Pencaharian[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar warga desa Balongdowo berprofesi sebagai nelayan dengan hasil tangkapan mayoritas berupa kupang yang merupakan salah satu ikon kuliner khas dari Sidoarjo. Sedangkan sebagian kecil lainnya berprofesi sebagai petani, pegawai negeri, guru, dan pedagang.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Pusat Kesehatan di desa Balongdowo menjadi satu dengan seluruh kecamatan Candi. Selain PusKesMas, ada juga tempat praktik dokter yang tersebar di beberapa tempat di desa Balongdowo.

Akses Ke Kota[sunting | sunting sumber]

Jalan desa Balongdowo merupakan jalan alternatif bagi pengendara roda empat untuk menghindari kemacetan di wilayah Porong. Untuk menuju ke kota Sidoarjo dari desa Balongdowo dapat ditempuh melalui Jalur Pantura atau Jalan lingkar timur yang dapat ditempuh dalam waktu 12 menit dengan menggunakan sepeda motor. Desa Balongdowo juga dilewati oleh angkutan umum dengan tujuan berbagai tempat di wilayah Sidoarjo. Stasiun kereta api terdekat dari desa Balongdowo adalah Stasiun Tanggulangin yang dapat ditempuh dalam waktu 5 menit dengan menggunakan sepeda motor. Dari Stasiun Tanggulangin, kota-kota yang dapat dituju seperti Surabaya (Komuter Su-Si), Pasuruan Malang dan Blitar (Kereta Api Penataran), dan Jember (Kereta Api Logawa).