Baldi's Basics in Education and Learning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baldi's Basics in Education and Learning
PublikasiMarch 31, 2018
Versi
GenreSurvival horror, edukasi, parodi
Karakternilai tidak diketahui, Baldi, 1st Prize, Playtime, It's a Bully, Gotta Sweep, Arts and Crafters, Principal of the Thing dan Null
Latar tempatBaldi's Basics universe
Lisensiperangkat lunak gratis
Bahasa
Daftar
EponimBaldi
Karakteristik teknis
PlatformWindows, macOS, Linux, Android dan iOS
MesinUnity
ModePermainan video pemain tunggal
Formatunduhan digital
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus dan layar sentuh
Jumlah minimum pemain1
Jumlah maksimal pemain1
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangMystman12
PenyuntingMicah McGonigal
PenerbitBasically, Games!
Informasi tambahan
Situs webbasicallygames.com (Inggris)
MobyGamesbaldis-basics-in-education-and-learning
Facebook: BasicallyGames Youtube: UClHK1abUS7LLiAqrifwOw9w
Bagian dari
  • Baldi's Basics Sunting ini di Wikidata
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Baldi's Basics in Education and Learning (juga dikenal sebagai Baldi's Basics dan Baldi's Basics Classic[1]) adalah permainan video horor parodi 2018 yang dibuat oleh pengembang indie Amerika Micah McGonigal, yang dikenal dengan nama samaran Mystman12. Permainan ini memparodikan gim edukasi tahun 1990-an melalui grafik yang buruk dan tema serupa (seperti Sonic's Schoolhouse, I.M. Meen, dan 3D Dinosaur Adventure). Baldi's Basics pertama kali dirilis dalam versi beta pada 31 Maret 2018 melalui Itch.io untuk Microsoft Windows dan macOS. Rilis penuh gim, termasuk konten tambahan dan mode cerita, berjudul Baldi's Basics Plus, diterbitkan dalam akses awal pada 12 Juni 2020, dengan pengembangan yang sedang berlangsung.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang teman protagonis lupa tujuh buku catatan di gedung sekolah setempat tetapi tidak bisa mendapatkannya sendiri karena dia akan terlambat untuk "latihan makan", jadi dia meminta protagonis untuk mengambilnya. Begitu pemain tiba, Baldi, salah satu guru, menanyai pemain dengan masalah matematika sederhana setiap kali mereka menemukan buku catatan (tiga per buku), dengan janji hadiah jika mereka menjawab semuanya dengan benar. Baldi juga sangat mudah marah dan, setelah memberi pemain soal matematika yang mustahil, akan mulai mengejar mereka ketika mereka pasti gagal menjawabnya dengan benar. Sang protagonis dipaksa untuk terus mencari semua buku catatan lain sambil menghindari siswa lain dan berbagai rintangan.[2] Jika pemain memilih untuk menjawab setiap pertanyaan salah, mereka akan mengalami akhir alternatif yang mencakup versi Baldi yang terdistorsi dan karakter tersembunyi lainnya yang meminta pemain untuk menghancurkan permainan, sebelum permainan ditutup dengan sendirinya.[3]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan-nya mirip dengan Slender: The Eight Pages. Pemain harus menemukan ketujuh buku catatan tanpa ketahuan oleh guru mereka, Baldi. Mahasiswa dan fakultas lain berusaha menghalangi pemain dengan memaksa mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Setiap buku catatan berisi tiga masalah aritmatika sederhana, tetapi pertanyaan ketiga tidak dapat diselesaikan di buku catatan kedua dan seterusnya. Saat pemain terus gagal dalam pertanyaan yang tidak mungkin, Baldi bergerak lebih cepat dan menjadi lebih sulit untuk dihindari.

Setelah pemain mengumpulkan semua buku catatan, Baldi tampaknya akan memberi selamat kepada pemain sebelum berteriak, "Keluar selagi masih bisa!".[4] Ada tiga trik pintu keluar dan hanya satu yang akan membiarkan pemain melarikan diri, dan pemain harus memicu ketiganya sebelum mereka dapat menggunakan pintu keluar yang sebenarnya.[2]

Pemain dapat mengumpulkan item yang berbeda dari sekitar gedung sekolah, seperti permen yang menjaga stamina mereka gar tidak turun dalam waktu singkat, soda yang dapat digunakan untuk menghancurkan karakter, sepasang gunting yang dapat disable beberapa rintangan untuk sementara dan teleporter yang akan menempatkan mereka dalam posisi acak sekolah di antara yang lain.

Pengembangan dan rilis[sunting | sunting sumber]

Permainan ini awalnya dibuat sebagai entri dalam Meta-Game Jam tahunan,[5] di mana ia menerima tempat ke-2.[6] Dalam sebuah wawancara dengan Gamasutra, pengembang game tersebut menyebut game Sonic's Schoolhouse tahun 1996 sebagai inspirasi utamanya.[7] Ini menjadi populer karena humor, kesulitan, dan gameplaynya yang surealis.[8] YouTuber populer seperti DanTDM, Markiplier, Jacksepticeye, PewDiePie, dan Kindly Keyin membuat video tentang gim tersebut,[9] membantu meningkatkan popularitasnya.[10]

Pengembang meluncurkan kampanye Kickstarter untuk game tersebut,[1] di mana ia mengumumkan bahwa prototipe akses awal untuk game lengkapnya, berjudul Baldi's Basics Plus, akan dirilis pada 12 Juni 2020. Kickstarter mengumpulkan total $61.375.[11] Pengembangan telah berlangsung sejak saat itu, dengan konten tambahan seperti karakter baru, item baru, minigames, mode tantangan, 'field trips', dan tata letak baru untuk gedung sekolah, menggabungkan beberapa level dan generasi prosedural.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bald, Cameron (December 23, 2019). "Baldi's Basics Classic, a mobile version of the cult horror game, creeps onto Android and iOS". Pocket Gamer. Diakses tanggal April 6, 2021. 
  2. ^ a b Jackson, Gita (April 12, 2018). "A Free Game That Makes Math More Scary". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 6, 2021. 
  3. ^ Mystman12. Baldi's Basics in Education and Learning (edisi ke-1.3). Scene: alternate ending. 
  4. ^ Mystman12. Baldi's Basics in Education and Learning. Scene: Baldi's voice message after collecting 7 notebooks. 
  5. ^ Wöbbeking, Jan (June 8, 2018). "Baldi's Basics in Education and Learning: Bizarrer Überlebenskampf in der Edutainment-Schule". 4Players (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal April 6, 2021. 
  6. ^ "Top ranked games in the Meta Game Jam". itch.io (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-05. 
  7. ^ Couture, Joel (August 13, 2018). "How Baldi's Basics taps into the real horror of '90s edutainment". Gamasutra. Diakses tanggal April 6, 2021. 
  8. ^ Conville. Study Breaks.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);
  9. ^ "PC download charts: Why are 'Baldi's Basics' and 'Totally Accurate Battle Simulator' so popular again?". INQUIRER.net (dalam bahasa Inggris). 9 April 2019. Diakses tanggal 17 September 2021. 
  10. ^ Nguyen, Keoni (June 25, 2018). "A Fake Edutainment Game Is Now A YouTube Hit". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 6, 2021. 
  11. ^ "Baldi's Basics in Education and Learning – Full game!". Kickstarter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]