Balaur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Balaur
Periode Kapur Akhir, 70 jtyl
Balaur bondoc

Spesimen holotipe
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
SubdivisiManiraptora
KladPennaraptora
KladParaves
KladAvialae
GenusBalaur
SpesiesBalaur bondoc

Balaur adalah sebuah genus dinosaurus theropoda yang berasal dari wilayah yang sekarang adalah Romania pada periode Kapur Akhir. Genus ini adalah sebuah genus monotipik, dengan satu-satunya spesies ialah Balaur bondoc, setelah balaur, seekor naga dari folklor Rumania (pengucapan bahasa Rumania: [baˈla.ur][1]). Nama spesifiknya, bondoc (pengucapan bahasa Rumania: [bonˈdok][2]) berarti "kekar". Sehingga nama Balaur bondoc berarti "naga kekar" dalam bahasa Rumania. Namanya merujuk kepada muskulatur besar yang Balaur punya bila dibandingkan dengan kerabat-kerabatnya. Genus ini, yang pertamakali dideskripsikan pada Agustus 2010, diketahui dari dua kerangka parsial (termasuk spesimen tipenya).

Fosil-fosil dari dinosaurus ini ditemukan di Formasi Densuș-Ciula dan Sebeș dari periode Kapur Rumania, yang merupakan letak Pulau Hațeg,[3] yaitu sebuah pulau subtropis di Laut Tethys yang mana dinosaurus disana biasa mengalami sindrom pulau (seperti dwarfisme pulau dan sebagainya).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definitie: balaur | DEX online". Dexonline.ro. Diakses tanggal 2010-09-25. 
  2. ^ "Definitie: bondoc | DEX online". Dexonline.ro. Diakses tanggal 2021-03-12. 
  3. ^ Benton, Michael J.; Csiki, Zoltan; Grigorescu, Dan; Redelstorff, Ragna; Sander, P. Martin; Stein, Koen; Weishampel, David B. (15 July 2010). "Dinosaurs and the island rule: The dwarfed dinosaurs from Hațeg Island". Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology. European island faunas of the Late Cretaceous – The Hațeg Island (dalam bahasa Inggris). 293 (3–4): 438–454. Bibcode:2010PPP...293..438B. doi:10.1016/j.palaeo.2010.01.026.