Bahasa Uighur Lama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Uighur Lama
Dituturkan diKekhaganan Uighur, Kerajaan Qocho, Kerajaan Uighur Gansu
WilayahHami, Turpan, Gansu
EraAbad ke-9 hingga 14
Turk
Bentuk awal
Bahasa Turk Lama
  • Bahasa Uighur Lama
Aksara Turk Lama,[1] Aksara Uighur Lama
Kode bahasa
ISO 639-3oui
Glottologoldu1238[2]

Bahasa Uighur Lama (Hanzi sederhana: 回鹘语; Hanzi tradisional: 回鶻語; Pinyin: Huíhú yǔ) adalah sebuah bahasa Turk yang dipakai di Kerajaan Qocho pada abad ke-9 hingga abad k-14 dan juga di Gansu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pahatan berbahasa Uighur di dinding timur dari Teras Awan Celah Juyong.

Bahasa Uighur Lama berkembang dari bahasa Turk Lama setelah pecahnya Kekhaganan Uighur yang menyebabkan migrasi orang-orang Uighur ke Gansu, Turfan, dan Hami pada abad ke-9. Orang Uighur di Turfan dan Qomul mendirikan Kerajaan Qocho dan mulai memeluk agama Maniisme dan agama Buddha. Sementara itu, orang Uighur di Gansu awalnya mendirikan Kerajaan Uighur Gansu namun kemudian menjadi subjek dari Xia Barat. Keturunan mereka kini adalah orang Yugur.

Kerajaan Qocho mampu berdiri dengan menjadi negara satelit dari Kekaisaran Mongol. Akan tetapi, serangan Kekhanan Chagatai Islam merebut Turfan dan Qomul dan meruntuhkan Qocho. Bahasa Uighur Lama kemudian punah di Turfan dan Qomul.

Bahasa Uighur kini tidak berkembang dari bahasa Uighur Lama namun dari bahasa Karluk yang dipakai di Kekhanan Kara-Khanid[3] atau secara spesifik yaitu bahasa Xākānī seperti disebutkan oleh Mahmud al-Kashgari. Sementara itu, bahasa Yugur Barat dinilai merupakan keturunan asli dari bahasa Uighur Lama. Gerard Clauson menyebut bahasa tersebut sebagai bahasa "Neo-Uighur".[4] Menurut Frederik Coene dan Martina Roos, bahasa Uighur modern dan bahasa Yugur Barat berasal dari cabang yang berbeda di silsilah rumpun bahasa Turk. Bahasa Uighur berada di kelompok tenggara (Karluk) sementara bahasa Yugur berada di kelompok timur laut (Siberia).[5][6]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Sebagian dari koleksi kepustakaan bahasa Uighur Lama adalah naskah keagamaan Maniisme dan agama Buddha dengan beberapa contoh ditemukan di manuskrip Dunhuang. Pahatan dalam beberapa bahsa termasuk bahasa Uighur Lama dapat ditemukan di Gua Yulin,[7] Teras Awan Celah Juyong, dan Prasasti Sulaiman.

Aksara[sunting | sunting sumber]

Bahasa Uighur Lama ditulis menggunakan aksara Uighur Lama yang merupakan perkembangan dari aksara Sogdiana

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marcel Erdal (1991). Old Turkic Word Formation: A Functional Approach to the Lexicon. Otto Harrassowitz Verlag. hlm. 5–. ISBN 978-3-447-03084-7. 
  2. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Old Uighur". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. 
  3. ^ Arik 2008, p. 145
  4. ^ Clauson.
  5. ^ Coene 2009, hlm. 75.
  6. ^ Roos, Martina Erica. 2000. The Western Yugur (Yellow Yugur) Language: Grammar, Texts, Vocabulary. Diss. University of Leiden. Leiden, p. 5.
  7. ^ Dai Matsui (2008). "Revising the Uigur Inscriptions of the Yulin Caves". Studies on the Inner Asian Languages. Osaka University. 23: 17–33. ISSN 1341-5670. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]