Lompat ke isi

Bahasa Prancis Metropolitan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Prancis Metropolitan
français de métropole
français métropolitain
français de France
français hexagonal
Prancis Prancis
Prancis Heksagonal
Dituturkan diPrancis
Penutur
Bentuk awal
Alfabet Latin
Braille Prancis
Status resmi
Bahasa resmi di
 Prancis
Diatur olehAcadémie française
Kode bahasa
ISO 639-3
Linguasfer51-AAA-i
IETFfr-FR
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Prancis Metropolitan (bahasa Prancis: français métropolitain) adalah ragam bahasa Prancis yang di Prancis, Andorra, dan Monako, dalam laras resmi dan keseharian. Ragam ini sering dianggap sebagai bahasa Prancis Baku.[2]

Fonologi[sunting | sunting sumber]

Paris[sunting | sunting sumber]

Di Paris, vokal sengau tidak lagi diucapkan seperti dalam bahasa Prancis tradisional Paris: /ɑ̃/[ɒ̃], /ɛ̃/[æ̃], /ɔ̃/[õ], dan /œ̃/[æ̃]. Banyak pembeda yang hilang: /a/ dan /ɑ/, /ɛ/ dan /ɛː/, /ø/ dan /ə/, /ɛ̃/ dan /œ̃/ dan /nj/ dan /ɲ/. Selain itu, beberapa penutur masih membedakan /a/ dan /ɑ/ pada suku kata yang diberi tekanan, namun mereka melafalkan huruf "â" as [aː]: pâte [paːt].

Wilayah Selatan[sunting | sunting sumber]

Di Prancis bagian selatan, vokal sengau tidak berubah dan masih diucapkan seperti dalam bahasa Prancis tradisional Paris: enfant [ɑ̃ˈfɑ̃], pain [pɛ̃], bon [bɔ̃] dan brun [bʁœ̃]. Banyak pembeda yang hilang. Di akhir kata, sebagian besar penutur tidak dapat membedakan /e/ dan /ɛ/: baik livré maupun livret dilafalkan sebagai [liˈvʁe]. Dalam suku kata tertutup, mereka tidak lagi membedakan /ɔ/ dan /o/ atau /œ/ dan /ø/: baik notre maupun nôtre dilafalkan sebagai [nɔtʁ̥], dan baik jeune maupun jeûne dilafalkan sebagai [ʒœn]. Pembeda /a/ dan /ɑ/, /ɛ/ dan /ɛː/ telah hilang. Penutur yang lebih tua mengucapkan semua e: chaque [ˈʃakə] dan vêtement [ˈvɛtəmɑ̃].

Wilayah Utara[sunting | sunting sumber]

Di Prancis bagian utara, baik /a/ maupun /ɑ/ dilafalkan sebagai [ɔ] di akhir, dengan dilafalkan sebagai [lɔ] dan mât sebagai [mɔ]. Vokal panjang masih dipertahankan: tête [teːt], côte [koːt].

Lorraine[sunting | sunting sumber]

Di Lorraine, vokal panjang fonemik masih dipertahankan: pâte [pɑːt] dan fête [fɛːt].[3] Before /ʁ/, /a/ changes to [ɑː]: guitare is pronounced [ɡiˈtɑːʁ] and voir [vwɑːʁ].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin; Bank, Sebastian (2022-05-24). "Glottolog 4.8 - Oil". Glottolog. Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-11. Diakses tanggal 2023-11-11. 
  2. ^ Peske, Mary (August 1981). The French of the French Cree (Michif) Language (Tesis MA thesis). University of North Dakota. https://commons.und.edu/theses/3060. 
  3. ^ "Les Accents des Français". accentsdefrance.free.fr.