Bahasa Prancis Louisiana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Prancis Louisiana
français louisianais
Dituturkan di
WilayahLouisiana dan Texas bagian tenggara
Penutur
150.000 hingga 200.000 jiwa (2012)[1]
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Gender
  • feminin
  • maskulin Sunting ini di Wikidata
Kode bahasa
ISO 639-3frc
Glottologcaju1236  (Cajun French)[2]
gulf1242  ((Mississippi) Gulf Coast French)[3]
Linguasfer51-AAA-iie
QIDQ3083213
Status konservasi
C10
Kategori 10
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa telah punah (Extinct)
C9
Kategori 9
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sudah ditinggalkan dan hanya segelintir yang menuturkannya (Dormant)
C8b
Kategori 8b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa hampir punah (Nearly extinct)
C8a
Kategori 8a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sangat sedikit dituturkan dan terancam berat untuk punah (Moribund)
C7
Kategori 7
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai mengalami penurunan ataupun penutur mulai berpindah menggunakan bahasa lain (Shifting)
C6b
Kategori 6b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai terancam (Threatened)
C6a
Kategori 6a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa masih cukup banyak dituturkan (Vigorous)
C5
Kategori 5
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mengalami pertumbuhan populasi penutur (Developing)
C4
Kategori 4
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan dalam institusi pendidikan (Educational)
C3
Kategori 3
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan cukup luas (Wider Communication)
C2
Kategori 2
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan di berbagai wilayah (Provincial)
C1
Kategori 1
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa nasional maupun bahasa resmi dari suatu negara (National)
C0
Kategori 0
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan bahasa pengantar internasional ataupun bahasa yang digunakan pada kancah antar bangsa (International)
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
EGIDS SIL EthnologueC7 Shifting
Bahasa Prancis Louisiana dikategorikan sebagai C7 Shifting menurut SIL Ethnologue, artinya sebagian atau kebanyakan penutur mulai beralih menuturkan bahasa lain dalam kesehariannya atau bahasa ini telah tergeser oleh bahasa besar lainnya
Referensi: [4]
Lokasi penuturan
Warna biru menunjukkan parish-parish di mana bahasa Prancis digunakan pada tahun 2011. Secara total, 7% penduduk Louisiana berbicara bahasa Prancis.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Prancis Louisiana (Prancis: français de la Louisiane, bahasa Kreol Louisiana: françé la lwizyàn) atau Bahasa Prancis Cajun mengacu pada berbagai dialek dan varietas bahasa Prancis yang digunakan secara tradisional di kawasan Louisiana pada zaman kolonialisme Prancis. Sampai hari ini, bahasa Prancis Louisiana terutama digunakan di negara bagian Louisiana, terutama di parish-parish bagian selatan, meskipun sebagian besar minoritas juga ada di Texas. Selama berabad-abad, bahasa tersebut telah memasukkan beberapa serapan kata dari bahasa-bahsa Afrika, Spanyol, Amerika Asli, dan Inggris, kadang-kadang memberikan tata bahasa yang hanya ditemukan di Louisiana,[5][6][7][8] Bahasa Prancis Louisiana berbeda dengan cakupan yang bervariasi dari berbagai dialek Prancis dituturkan di wilayah lain, tetapi bahasa Prancis Louisiana dapat dimengerti satu sama lain dengan semua dialek lain dan terutama dengan dialek Missouri, New Brunswick, Kanada, dan Prancis barat daya laut. Banyak buku terkenal, seperti Les Cenelles, antologi puisi yang disusun oleh sekelompok gens de couleur libres, dan Pouponne et Balthazar, novel yang ditulis oleh Sidonie de la Houssaye, dalam bahasa Prancis standar. Ada kesalahpahaman bahwa tidak seorang pun di Louisiana berbicara atau menulis Bahasa Prancis baku.[9] Statistik dari Sensus Amerika Serikat mencatat bahwa sekitar 3,5% orang Louisiana di atas usia 5 tahun melaporkan dapat menuturkan bahasa Prancis baku atau Bahasa kreol Prancis di rumah.[10] Namun, distribusi penutur ini tidak merata, dengan mayoritas tinggal di wilayah tengah-selatan yang dikenal sebagai Akadiana. Beberapa parish Akadiana mendaftarkan populasi penutur Prancis 10% atau lebih dari total, dengan beberapa orang terpilih (seperti Parish Vermilion, Evangeline, dan St. Martin) melebihi 15%.

Bahasa ini digunakan dari berbagai lintas etnis dan ras oleh orang-orang yang dikenal sebagai Cajun atau Penduduk Kreol Louisiana, serta Chitimacha, Houma, Biloxi, Tunica, Choctaw, Akadian, dan Bangsa Prancis.[9][11] Karena alasan ini, serta pengaruh yang relatif kecil Bahasa Prancis Akadian terhadap bahasa yang dikenal sebagai Bahasa Prancis Louisiana atau Bahasa Prancis Regional Louisiana (Prancis: français régional louisianais) umumnya dianggap lebih akurat dan inklusif daripada "Cajun Prancis" dan lebih disukai istilah oleh ahli bahasa dan antropolog.[12][13][14][15] Namun, "Bahasa Prancis Cajun" biasanya digunakan dalam kaum awam oleh penutur bahasa dan penduduk Louisiana lainnya.[8]

Bahasa Prancis Louisiana secara mendalam tidak boleh disamakan dengan Kreol Louisiana, bahasa kreol berbasis Prancis yang berasal dari Louisiana dan diucapkan berbagai etnis. Di Louisiana, label bahasa sering kali digabungkan dengan label satu etnis. Misalnya, penutur yang mengidentifikasi dirinya sebagai Cajun mungkin menyebut bahasa mereka "Cajun Prancis", meskipun ahli bahasa akan mengidentifikasinya sebagai Kreol Louisiana.[16] demikian pula, banyak orang Kreol Louisiana dari semua etnis (termasuk Cajun, yang secara teknis adalah keturunan Kreol Akadia, meskipun sebagian besar tidak mengidentifikasi demikian) tidak berbicara bahasa Kreol Louisiana, melainkan berbicara bahasa Prancis Louisiana.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://seattletimes.com/html/living/2018623886_cajunfrench07.html
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Cajun French". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Gulf Coast French". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  4. ^ "Bahasa Prancis Louisiana". www.ethnologue.com (dalam bahasa Inggris). SIL Ethnologue. 
  5. ^ Carl A. Brasseaux, French, Cajun, Creole, Houma: A Primer on Francophone Louisiana. Baton Rouge: LSU Press, 2005. Alcée Fortier. Louisiana Studies: Literature, Customs and Dialects, History and Education. New Orleans: Tulane University, 1894.
  6. ^ Thomas A. Klingler, Michael Picone and Albert Valdman. "The Lexicon of Louisiana French." French and Creole in Louisiana. Albert Valdman, ed. Springer, 1997. 145-170.
  7. ^ Christophe Landry. "Francophone Louisiana: more than Cajun." Louisiana Cultural Vistas 21(2), Summer 2010: 50-55.
  8. ^ a b Thomas A. Klingler. "Language labels and language use among Cajuns and Creoles in Louisiana." Ed. T. Sanchez and U. Horesh. Working papers in linguistics 9(2), 2003. 77–90.
  9. ^ a b Valdman, Albert (2009). Dictionary of Louisiana French: As Spoken in Cajun, Creole, and American Indian Communities. University Press of Mississippi. ISBN 978-1604734034. 
  10. ^ https://www.census.gov/hhes/socdemo/language/data/acs/TablesAFig5.xls
    For 1990 figures, see https://www.census.gov/hhes/socdemo/language/data/census/table4.txt
  11. ^ Three Local Tribes Await Federal Decision, December 8, 2007, Houma Today.
  12. ^ Neumann-Holzschuh, Ingrid (2014). "Carrefour Louisiane". Journal of Language Contact. 7 (1): 124–153. doi:10.1163/19552629-00701006alt=Dapat diakses gratis. 
  13. ^ Klingler, Thomas A. (2009). "How much Acadian is there in Cajun?". Dalam Mathis-Mosen, Ursula; Beschof, Günter. Acadians and Cajuns: The politics and culture of French minorities in North America. Innsbruck: Innsbruck University Press. hlm. 91–103. ISBN 978-3902571939. 
  14. ^ A., Klingler, Thomas (2003). If I could turn my tongue like that : the Creole language of Pointe Coupee Parish, Louisiana. Baton Rouge: Louisiana State University Press. ISBN 978-0807127797. OCLC 846496076. 
  15. ^ Klingler, Thomas A. (2015). "Beyond Cajun: Toward an Expanded View of Regional French in Louisiana". Dalam Picone, Michael D.; Evans Davies, Catherine Evans Davies. New Perspectives on Language Variety in the South: Historical and Contemporary Approaches. Tuscaloosa: The University of Alabama Press. hlm. 627–640. ISBN 9783110196351. 
  16. ^ Klingler, Thomas A. (2003). "Language labels and language use among Cajuns and Creoles in Louisiana". University of Pennsylvania Working Papers in Linguistics. 9 (2). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]