Bahasa Jerman Baku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Jerman Baku
Bahasa Jerman Hulu
Bahasa Jerman Hulu Baku
Standarddeutsch, Hochdeutsch
WilayahEropa berbahasa Jerman
Penutur bahasa
70.000.000  (2012)e19
8.000.000 L2 di Jerman (2012)[1]
Bentuk standar
Alfabet Latin (Alfabet Jerman)
Braille Bahasa Jerman
Tanda Bahasa Jerman, LBG
(Lautsprachbegleitende/Lautbegleitende Gebärden)
Status resmi
Bahasa resmi di
 Austria
 Belgia
 Jerman
Templat:Country data Bolzano-Bozen (Italia)
 Liechtenstein
 Luksemburg
 Swiss
Bahasa Kebangsaan/Kebudayaan/Minoritas di berbagai negara/dependensi lainnya
Diatur olehTidak ada pengatur resmi
(Ortografi bahasa Jerman diatur oleh Dewan untuk ortografi bahasa Jerman)[2]
Kode bahasa
ISO 639-1de
ISO 639-2ger (B)
deu (T)
ISO 639-3deu
Glottologstan1295[3]

Bahasa Jerman Baku, Bahasa Jerman Tinggi atau lebih tepatnya Bahasa Jerman Hulu Baku (bahasa Jerman: Standarddeutsch, Hochdeutsch atau, di Swiss, Schriftdeutsch), ialah ragam baku dari bahasa Jerman yang digunakan dalam konteks resmi dan untuk komunikasi di antara kawasan dialek yang berbeda. Bahasa ini ialah Dachsprache plurisentris dengan tiga varian regional spesifik yang dikodifikasi (atau "baku"): Bahasa Jerman Baku Jerman, Bahasa Jerman Baku Austria dan Bahasa Jerman Baku Swiss.

Struktur ketatabahasaan dan ejaan baku Bahasa Jerman Baku diatur dan diterbitkan oleh Dewan untuk ortografi bahasa Jerman (dibentuk pada tahun 2004) yang mewakili tata kelola keseluruhan penutur mayoritas dan penutur minoritas di seluruh Jerman dan dependensi penutur bahasa Jerman. Bentuk baku tersebut dapat tidak dipatuhi secara umum kecuali pada konteks-konteks tertentu seperti situasi formal, institusi pemerintah, dan bahasa pengantar pendidikan. Di samping itu, tidak ada badan atau pembakuan tertentu yang menentukan pelafalan baku. Akan tetapi, Bühnendeutsch secara de facto disetujui sebagai pelafalan baku yang sering digunakan dalam situasi formal dan materi pembelajaran. Bahasa ini mirip dengan bahasa Jerman baku yang dituturkan di Hanover dan sekitarnya. Kepatuhan terhadap bentuk baku tersebut oleh individu dan perusahaan swasta, termasuk media cetak dan audiovisual, bersifat sukarela, tetapi penggunaannya tersebar secara luas.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Bahasa Jerman Baku asalnya bukan sebagai dialek tradisional dari wilayah tertentu, tetapi sebagai bahasa tulis yang dikembangkan selama proses beberapa ratus tahun ketika penulis mencoba untuk menulis dengan cara yang dipahami di kawasan terbesar tersebut. Hingga sekitar 1800, bahasa Jerman baku hampir seluruhnya sebagai bahasa tulis. Orang-orang di Jerman Utara yang bertutur terutamanya Bahasa Saxon Rendah sangat berbeda dari bahasa Jerman baku kemudian mempelajarinya lebih kurang sebagai bahasa asing. Namun, kemudian pelafalan Utara (dari bahasa Jerman Baku) dianggap baku dan menyebar ke selatan. Di beberapa daerah (seperti sekitar Hanover), dialek setempat sudah sepenuhnya mati dengan pengecualian komunitas kecil penutur bahasa Jerman baku.

Dengan demikian, penyebaran bahasa Jerman Baku sebagai bahasa yang diajarkan di sekolahlah yang mendefinisikan bahasa Jerman Sprachraum, itu merupakan keputusan politik daripada akibat langsung dari geografi dialek. Itu memungkinkan kawasan-kawasan dialek dengan tingkat kesalingpahaman yang sedikit untuk ikut serta dalam lingkup budaya yang sama. Saat ini, dialek setempat digunakan terutama dalam situasi tidak formal atau di rumah dan juga dalam literatur dialek, tetapi baru-baru ini, kebangkitan semula dialek bahasa Jerman telah muncul di media massa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama e19
  2. ^ "Rat für deutsche Rechtschreibung – Über den Rat". Rechtschreibrat.ids-mannheim.de. Diakses tanggal 11 October 2010. 
  3. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "German". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.