Bahasa Huichol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Huichol
Wixárika Niukiyari[1]
Dituturkan diMeksiko
WilayahJalisco, Nayarit, Durango, serta gurun Zacatecas dan San Luis Potosi Amerika Serikat: La Habra, California; Houston, Texas
EtnisHuichol
Penutur
60.000 (2020)[2]
Rincian data penutur

Jumlah penutur beserta (jika ada) metode pengambilan, jenis, tanggal, dan tempat.[3]

  • 47.625 (Tidak diketahui, 2020)
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Status resmi
Diatur olehInstituto Nacional de Lenguas Indígenas (INALI)
Kode bahasa
ISO 639-3hch
Glottologhuic1243[4]
QIDQ35575
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
Nilai parameter |1= diperlukan: isi parameter tersebut dengan istilah diatas ataupun NA apabila data tidak tersedia
C10
Kategori 10
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa telah punah (Extinct)
C9
Kategori 9
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sudah ditinggalkan dan hanya segelintir yang menuturkannya (Dormant)
C8b
Kategori 8b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa hampir punah (Nearly extinct)
C8a
Kategori 8a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sangat sedikit dituturkan dan terancam berat untuk punah (Moribund)
C7
Kategori 7
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai mengalami penurunan ataupun penutur mulai berpindah menggunakan bahasa lain (Shifting)
C6b
Kategori 6b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai terancam (Threatened)
C6a
Kategori 6a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa masih cukup banyak dituturkan (Vigorous)
C5
Kategori 5
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mengalami pertumbuhan populasi penutur (Developing)
C4
Kategori 4
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan dalam institusi pendidikan (Educational)
C3
Kategori 3
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan cukup luas (Wider Communication)
C2
Kategori 2
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan di berbagai wilayah (Provincial)
C1
Kategori 1
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa nasional maupun bahasa resmi dari suatu negara (National)
C0
Kategori 0
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan bahasa pengantar internasional ataupun bahasa yang digunakan pada kancah antar bangsa (International)
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
EGIDS SIL EthnologueC5 Developing
Bahasa Huichol dikategorikan sebagai C5 Developing menurut SIL Ethnologue, artinya bahasa ini mengalami peningkatan jumlah penutur dari waktu ke waktu
Referensi: [5][6][7]
Lokasi penuturan
Peta tidak ada!
Templat ini mendeteksi bahwa properti mapcode yang diminta tidak tersedia. Cobalah untuk membersihkan tembolok Anda. Apabila masalah berlanjut atau Anda ingin membuat data peta, tekan pranala berikut: Templat:Peta interaktif bahasa/Huichol
Peta
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Huichol (Huichol: Wixárika) adalah bahasa asli Meksiko yang termasuk dalam rumpun bahasa Uto-Aztecan. Bahasa ini dituturkan oleh kelompok etnis yang dikenal luas sebagai Huichol (sebutan sendiri Wixaritari), yang wilayah pegunungannya membentang di sebagian negara bagian Jalisco, San Luis Potosí, Nayarit, Zacatecas, dan Durango di Meksiko, sebagian besar di Jalisco. Amerika Serikat: La Habra, California; Houston, Texas. Berdasarkan Undang-undang Hak Bahasa Adat tahun 2003, bahasa asli Meksiko dan bahasa Spanyol diakui sebagai "bahasa nasional".[8]

Berkenaan dengan tipologi bahasa, bahasa tersebut mempunyai referensi alih, sangat polisintetik dan kata kerja dapat terdiri dari sebanyak 20 morfem yang berbeda.[9]

Dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya dua pengajaran tata bahasa untuk Huichol telah diproduksi di Meksiko untuk penutur non-pribumi. Selain itu, proyek untuk menghasilkan referensi tata bahasa dan kamus Huichol telah berlangsung sejak tahun 1980-an, yang dilakukan oleh tim peneliti di Departemen Bahasa Pribumi di Universitas Guadalajara,[10] dan volume pertama dari referensi tata bahasa tersebut diterbitkan pada tahun 2006.

Dialek[sunting | sunting sumber]

Ada banyak dialek Huichol, termasuk Coyultita, Huichol del norte, Huichol del sur, San Andrés Cohamiata (Huichol del oeste, Western Huichol), San Sebastián-Santa Catarina (Huichol Timur, Huichol del este).[11]

Penutur[sunting | sunting sumber]

Menurut Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), terdapat 35.724 penutur bahasa Huichol pada tahun 2005. Huichol telah diklasifikasikan oleh UNESCO sebagai bahasa yang "rentan".[12]

Fonologi[sunting | sunting sumber]

Ortografi[sunting | sunting sumber]

Alfabet yang saat ini digunakan untuk mengajar anak-anak berbahasa Huichol agar bisa melek huruf dalam bahasa ibu mereka adalah
a e h i ɨ k kw m n p r t ts u w x y ʔ[13]

Untuk x ejaan alternatif rr digunakan, bahkan dalam penelitian linguistik dan publikasi awam terkini. Jika simbol IPA untuk glottal stop, ʔ, tidak tersedia pada alat pengetikan yang digunakan, akan diganti dengan tanda kutip.[14]

Struktur suku kata[sunting | sunting sumber]

Suku kata mempunyai salah satu struktur berikut (C = konsonan, V = vokal, V^ = vokal panjang): CV; CV^; CVV (kedua vokal berbeda artikulasinya), setidaknya dalam bentuk dasar kata; dalam ucapan dan terkadang secara tertulis, penghilangan vokal menciptakan urutan yang melanggar kanon suku kata ini. Pada suku kata tipe terakhir, kedua vokal membentuk diftong yang mana vokal pertama paling menonjol. Bahasa ini memiliki banyak diftong; terjadi diftong naik dan diftong turun. Contoh (tanda titik batas suku kata):

  • ʔɨi.tɨa 'memberi';
  • niɨ.tɨa 'meminjamkan';
  • xei.ya 'melihat';
  • xie.te 'lebah'

(diftongnya berbeda pada suku kata awal ʔɨi.tɨa dan niɨ.tɨa[15]). Urutan /wV/ berbeda dari /uV/, demikian pula /yV/ berbeda dari /iV/. /uV/ dan /iV/ merupakan diftong, dan untuk membentuk suku kata yang valid dalam Huichol, keduanya harus didahului dengan konsonan.

Vokal[sunting | sunting sumber]

Ada lima fonem vokal: /i, ɛ, a, u, ɨ/; /ɛ/ dieja 'e'. /ɨ/ secara fonetik adalah [ɨ], vokal tinggi yang tidak dibulatkan di tengah, mirip dengan 'e' pada kata 'roses' dalam bahasa Inggris.

Rincian artikulasi fonem vokal[sunting | sunting sumber]

[ɛ] dilaporkan lebih terbuka dibandingkan vokal depan setengah terbuka yang serupa dalam bahasa Prancis, tetapi kurang terbuka dibandingkan [æ] dalam bahasa Inggris 'cat'. [a] berada di tengah rendah.[16][17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Iturrioz 2004:153
  2. ^ Lenguas indígenas y hablantes de 3 años y más, 2020 INEGI. Censo de Población y Vivienda 2020.
  3. ^ http://sic.gob.mx/ficha.php?table=inali_li&table_id=29.
  4. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Huichol". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  5. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  6. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  7. ^ "Bahasa Huichol". www.ethnologue.com (dalam bahasa Inggris). SIL Ethnologue. 
  8. ^ Leyco, Ley General de Derechos Lingüísticos de los Pueblos Indígenas
  9. ^ Iturrioz 2004:171
  10. ^ Gaceta Universitaria, 2006.02.20
  11. ^ Bahasa Huichol di Ethnologue (edisi ke-25, 2022) Akses tertutup
  12. ^ "Huichol, UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" http://www.unesco.org/culture/languages-atlas/index.php?hl=en&page=atlasmap&cc2=mx
  13. ^ Iturrioz et al. 1999:43
  14. ^ Iturrioz et al. 1999:114
  15. ^ Iturrioz et al. 1999:59–60
  16. ^ Iturrioz et al. 1999:48
  17. ^ Grimes 1981:8–9

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Campbell, Lyle. 1997. American Indian languages: the historical linguistics of Native America. Oxford University Press. Series: Oxford studies in anthropological linguistics; 4.
  • Gaceta Universitaria. 20 February 2006. El huichol debe escribirse. Guadalajara, Jalisco, Mexico: University of Guadalajara.
  • Grimes, Joseph E. 1955. Style in Huichol discourse. Language, 1955 Jan–March, 31(1):31–35.
  • Grimes, Joseph E. 1959. Huichol Tone and Intonation. International Journal of American Linguistics, 1959 October, 25(4):221–232.
  • Grimes, Joseph E. 1964. Huichol syntax. Mouton.
  • Grimes, José E., et al. 1981. El Huichol: Apuntes Sobre el Lexico.
  • Iturrioz Leza, José Luis, ed. 2004. Lenguas y literaturas indígenas de Jalisco. Guadalajara: Secretaría de Cultura, Gobierno Estatal de Jalisco. Colección: Las culturas populares de Jalisco.
  • Iturrioz Leza, José Luis, Julio Ramírez de la Cruz, et al. 1999. Gramática Didáctica del Huichol: Vol. I. Estructura Fonológica y Sistema de Escritura (in PDF). Guadalajara: Departamento de Estudios en Lenguas Indígenas, Universidad de Guadalajara; Secretaría de Educación Pública. This is volume XIV of Función.
  • Iturrioz Leza, José Luis, Paula Gómez López, and Xitákame Ramírez de la Cruz. 2004. Morfología y sintaxis del nombre. In Iturrioz Leza, JL, ed. Lenguas y literaturas indígenas de Jalisco. Guadalajara: Secretaría de Cultura, Gobierno del Estado de Jalisco.
  • Leyco. Text of the Ley General de Derechos Lingüísticos de los Pueblos Indígenas (General Law of the Language Rights of the Indigenous Peoples). In Spanish.
  • McIntosh, John B. 1945. Huichol phonemes. International Journal of American Linguistics, January 1945, 11(1):31–35.