Bahasa Belanda Pertengahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Belanda Pertengahan
dietsc, duutsch
WilayahNegara-Negara Dataran Rendah
Eradikembangkan menjadi bahasa Belanda modern pada pertengahan abad ke-16
Bentuk awal
Belanda Kuno
  • Bahasa Belanda Pertengahan
Latin
Kode bahasa
ISO 639-2dum
ISO 639-3dum
Glottologmidd1321[1]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Belanda Pertengahan ialah nama kolektif untuk sejumlah dialek Jermanik Barat yang terkait erat yang bentuk awalnya adalah Bahasa Belanda Kuno dan dituturkan, serta ditulis antara 1150 dan 1500. Hingga munculnya Bahasa Belanda Modern setelah 1500, tidak ada bahasa baku yang menyeluruh, tetapi seluruh dialek dapat saling dimengerti. Selama periode itu, Sastra Bahasa Belanda Abad Pertengahan yang kaya dikembangkan, yang belum ada pada masa Bahasa Belanda Kuno. Berbagai karya sastra pada masa itu sering sangat mudah dibaca oleh penutur bahasa Belanda modern karena bahasa Belanda adalah bahasa yang agak konservatif. Nonlinguis sering menyebut bahasa Belanda pertengahan sebagai Diets.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Middle Dutch". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.