Bagian Betong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Betong
Logo resmi Betong
Bagian Sarawak
Lokasi Betong
Lokasi Kantor ResidenBetong
Pemerintah wilayah lokalMajlis Daerah Betong atau Majlis Daerah Saratok
Luas
 • Total4.180,8 km2 (16,142 sq mi)
Penduduk (2008 (perkiraan))
 • Total116.700
 • KepadatanBad rounding here2.8/km2 (Bad rounding here7.2/sq mi)
ResidenDatu Romie Sigan Daniel
EtnisitasIban (43.6%), Tionghoa (4.8%), Melayu (51.5%), Lain-lain (1.1%)

Bagian Betong, yang dibentuk pada 26 Maret 2002, adalah salah satu dari dua belas divisi administratif di Sarawak, Malaysia. Awalnya bagian dari Divisi Sri Aman, Betong berada di kawasan Saribas. Divisi tersebut memiliki wilayah seluas 4,180.8 kilometer persegi, dan merupakan divisi administratif terkecil di Sarawak.

Saribas dikenal karena rumah-rumah panjang Iban-nya dan diakui sebagai pusat budaya Iban. Wilayah tersebut dianeksasi ke Sarawak oleh Rajah James Brooke, setelah ia menang atas Sekrang dan Saribas Iban dalam Pertempuran Beting Maru pada 31 Juli 1849.

Bagian Betong terdiri dari dua distrik administratif: Betong dan Saratok. Total populasinya sejumlah 99,800 orang. Populasinya memiliki beragam budaya, dengan mayoritas Iban berinteraksi baik dengan Melayu dan Tionghoa dalam hampir setiap ruang aktivitas sejak masa pra-kolonial.

Di Sarawak, Betong memiliki sejumlah besar sub-distrik administratif. Sub-distrik di bawah distrik Betong meliputi Pusa, Spaoh, Debak dan Meludam, sementara yang berada di bawah distrik Saratok meliputi Roban, Kabong dan Budu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]