Aradhana (film 1969)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aradhana
Aradhana.jpg
SutradaraShakti Samanta
ProduserShakti Samanta
PenulisSachin Bhowmick
PemeranSharmila Tagore
Rajesh Khanna
Sujit Kumar
Farida Jalal
MusikS. D. Burman
SinematografiAlok Dasgupta
PenyuntingSahil Budhiraja
DistributorShakti Films
Tanggal rilis
24 Oktober 1969
Durasi
169 menit
NegaraIndia
BahasaHindi

Aradhana (bahasa Indonesia: Sembahyang) adalah sebuah film drama percintaan India 1969 yang disutradarai oleh Shakti Samanta, dan dibintangi oleh Sharmila Tagore dan Rajesh Khanna. Film tersebut dinyatakan sebagai film terbaik pada tahun tersebut oleh Penghargaan Filmfare. Sharmila Tagore memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik Filmfare pertamanya untuk film tersebut.[1]

Aslinya dirilis dalam bahasa Hindi dan dialih bahasakan ke dalam bahasa Bengali, keberhasilan Aradhana membuat film tersebut di-remake dua kali, keduanya dibintangi oleh Vanisri dalam peran Tagore: film Tamil Sivakamiyin Selvan (1974)[2] dan film Telugu Kannavari Kalalu (1974).[3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Di sebuah daerah berbukit yang indah, perwira angkatan udara Arun Verma (Rajesh Khanna) menyanyikan "Mere Sapnon Ki Rani" di atas jip terbuka bersama ko-pilotnya Madan (Sujit Kumar), sementara Vandana (Sharmila Tagore), puteri doktor Gopal Tripathi (Pahadi Sanyal), diam-diam memperhatikannya dari kereta api. Setelah kisah percintaan yang singkat, mereka menikah secara rahasia.

Segera setelah itu, Arun meninggal dalam kecelakaan udara, meninggalkan Vandana yang hamil. Keluarga Arun menolak menerima Vandana sebagai menantu karena pernikahan mereka tak pernah diresmikan. Sementara itu, ayahnya juga meninggal, meninggalkannya dalam keadaan melarat. Putera Vandana akhirnya lahir, tetapi dia terpaksa memberikannya kepada pasangan suami isteri yang tak memiliki anak. Tapi untuk menjadi bagian dari hidupnya, dia menjadi pengasuhnya. Anak itu bernama Suraj. Saudara majikannya Shyam (Manmohan) tiba dan menyukai Vandana. Dia berusaha menggodanya secara fisik saat tak ada orang di rumah, tetapi Suraj datang dan menikamnya sampai mati untuk menyelamatkan pengasuhnya. Ketika polis datang, Vandana mengaku membunuh sementara Suraj melarikan diri. Maka Vandana dijebloskan ke penjara dan Suraj melupakan kecelakaan ini ketika dia dewasa.

Beberapa tahun kemudian, ketika Vandana dibebaskan dari penjara dia bersahabat dengan sipir (Madan Puri) yang membawanya pulang dan mengenalkannya pada puterinya Renu (Farida Jalal). Vandana berhadapan dengan Suraj (Rajesh Khanna) saat dia tahu Renu berkencan dengannya. Suraj, seperti keinginan ayahnya, adalah perwira angkatan udara. Dia mulai ingat bahwa dia telah melihat Vandana di suatu tempat, meskipun Vandana ingin menutupi kebenaran karena dia merasa Suraj akan malu saat menyadari latar belakang dan sejarah orang tuanya.

Suraj terluka dalam kecelakaan udara seperti ayahnya, namun selamat. Saat itu, Vandana bertemu Madan, yang tahu Suraj adalah putera Arun dan Vandana dan dia ingin memberitahukan kebenarannya kepada Suraj. Vandana tidak ingin Suraj tahu bahwa dia adalah puteranya, takut akan akibatnya. Lalu saat Vandana tak ada di rumah, Suraj melihat buku hariannya dimana foto Arun ditemukan. Sadar bahwa Arun dan Vandana adalah orang tua aslinya, dia menghormati sikap pengorbanan diri Vandana dan menerimanya sebagai ibunya sendiri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Aradhana
Aradhana songs.jpeg
Original LP Cover
Album musik tema to Aradhana karya
S.D. Burman
Dirilis1969
GenreSoundtrack film fitur
BahasaHindi
LabelEMI Records

Soundtrack dari film tersebut dikomposisikan oleh S. D. Burman, dengan lirik-lirik buatan Anand Bakshi.

No. JudulPenyanyi Durasi
1. "Roop Tera Mastana"  Kishore Kumar  
2. "Baghon Mein Bahar Hai"  Mohammed Rafi, Lata Mangeshkar  
3. "Chanda Hai Tu Mera Suraj Hai Tu"  Lata Mangeshkar  
4. "Mere Sapno Ki Rani"  Kishore Kumar  
5. "Gun Guna Rahe Hai Bhanvare"  Mohammed Rafi, Asha Bhosle  
6. "Kora Kagaz Tha Yeh Man Mera"  Kishore Kumar, Lata Mangeshkar  
7. "Saphal Hogi Teri Aradhana"  S D Burman  

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]