Rajesh Khanna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rajesh Khanna
Rajesh Khanna Profile.jpg
Lahir Jatin Khanna
29 Desember 1942
Amritsar, Punjab, India
Meninggal 18 Juli 2012 (umur 69)
Mumbai, Maharashtra, India
Nama lain Jatin Khanna
Kaka
RK
Pekerjaan Aktor, produser, politisi
Tahun aktif

1966–2012 (aktor)
1991–1996 (politik)

1971–1995 (produser)
Pasangan Dimple Kapadia (1973–2012)
Anak Twinkle Khanna
Rinke Khanna
Tanda tangan
Tandatangan Rajesh Khanna

Rajesh Khanna (bahasa Hindi: राजेश खन्ना; Punjabi: ਰਾਜੇਸ਼ ਖੰਨਾ) (lahir dengan nama Jatin Arora  29 Desember 1942 – meninggal 18 Juli 2012 pada umur 69 tahun) adalah seorang aktor Bollywood, produser film, dan politisi. Dia adalah "superstar pertama India." Dia membintangi 15 film sukses berturut-turut pada periode 1969-1971.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lahir pada 29 Desember 1942 di Amritsar, Punjab, India, dengan nama Jatin Khanna, Jatin diadopsi dan dibesarkan oleh orang tua angkat yang merupakan kerabat orang tua kandungnya. Dia tinggal di Saraswati Niwas, Thakurdwar dekat Girgaon, Mumbai. Jatin dan Jeetendra sekolah di SMU yang sama yaitu St. Sebastian's Goan High School di Mumbai. Pamannya mengganti namanya menjadi Rajesh ketika dia memutuskan terjun ke dunia film.

Karier[sunting | sunting sumber]

Rajesh adalah salah satu dari 8 finalis All India Talent Contest tahun 1965 yang diikuti lebih dari 10.000 kontestan. Rajesh memenangi kontes itu. Dia mengawali debutnya dalam film Aakhri Khat (1966), disusul Raaz (1967). Lewat Aradhana (1969) bintangnya bersinar dan kritikus film menganggapnya superstar pertama India. Film ini juga merupakan kebangkitan playback singer Kishore Kumar, yang menjadi playback singer resmi Rajesh Khanna. Mereka bekerja sama hingga kematian Kishore pada 1987.

Rajesh berpasangan dengan Mumtaz di delapan film sukses. Mereka bertetangga dan hidup dengan baik, yang diwujudkan ke dalam film. Pada puncak kariernya dia akan dikerumuni ketika muncul di muka umum. Fans akan mencium mobilnya, yang dipenuhi dengan bekas gincu, dan berbaris di jalan, menyoraki dan memuji namanya. Fans wanita mengiriminya surat yang ditulis dengan darah mereka. Dulu ada barisan mobil produsernya dan fansnya di luar bungalownya setiap hari. Pada pembuatan film Amar Prem (1972) ada adegan yang harus diambil di Jembatan Howrah, dimana perahu yang membawa Rajesh dan Sharmila Tagore berjalan di bawah jembatan. Pemerintah melarang adegan ini karena sadar jika masyarakat mengetahui idola mereka di sana, jembatan itu mungkin akan rubuh karena jumlah orang yang berusaha melihat aktor favoritnya. Kritikus film Monojit Lahiri mengingat "Para gadis menikah dengan foto Rajesh Khanna, mengiris jari mereka dan menggunakan darahnya sebagai sindoor. Rajesh adalah Dewa, belum pernah ada histeria semacam itu." Sharmila Tagore mengatakan dalam wawancara dengan The Indian Express "Para wanita datang berbondong-bondong untuk melihat Kaka. Mereka akan berbaris di luar studio untuk melihat, mereka akan menikah dengan fotonya, mereka akan menarik pakaiannya. Gadis Delhi lebih gila baginya daripada gadis Mumbai. Dia butuh perlindungan polisi saat tampil di muka publik. Aku belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya."

Rajesh membintangi 15 film sukses berturut-turut antara tahun 1969 hingga 1971, yaitu Aradhana, Doli, Bandhan, Ittefaq, Do Raaste, Khamoshi, Safar, The Train, Kati Patang, Sachaa Jhutha, Aan Milo Sajna, Mehboob Ki Mehendi, Dushmun, Anand and Haathi Mere Saathi.

Pada 1974 BBC membuat film tentang Rajesh, berjudul Bombay Superstar.

Antara 1976 dan 1978, Rajesh membintangi 5 film sukses dan 9 film yang gagal di pasaran.

Sakit dan Kematian[sunting | sunting sumber]

Tanggal 23 Juni 2012 Rajesh dimasukkan ke Rumah Sakit Lilavati di Mumbai karena komplikasi kesehatan. Tanggal 8 Juli dia keluar dari rumah sakit dan dilaporkan sehat. Tanggal 14 Juli Rajesh dimasukkan lagi ke Rumah Sakit Lilavati namun keluar tanggal 16 Juli. Dia meninggal tanggal 18 Juli 2012 di bungalownya di Mumbai. Kesehatannya memburuk sejak Juli 2011 saat dia didiagnosa mengidap kanker. Kremasinya berlangsung pada 19 Juli dan dihadiri hampir 900.000 orang.

Filmography[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:FilmfareBestActorAward