Devdas (film Hindi 2002)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Devdas
Devdas (2002 Hindi film).jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
Devdas
oleh Sarat Chandra Chattopadhyay
PemeranShah Rukh Khan
Aishwarya Rai Bachchan
Madhuri Dixit
Penata musikBirju Maharaj
Ismail Darbar
Monty Sharma
SinematograferBinod Pradhan
PenyuntingBela Sehgal
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
  • 12 Juli 2002 (2002-07-12)
Durasi178–185 menit[a]
Negara
Bahasa
Anggaran50 crore (US$7,0 juta)[3]
Pendapatan
kotor
84,30 crore (US$12 juta)[4]

Devdas (bahasa Hindi: देवदास) adalah sebuah film drama percintaan berbahasa Hindi India 2002 garapan Sanjay Leela Bhansali yang diproduseri oleh Bharat Shah, berdasarkan pada novel 1917 bernama sama karya Sarat Chandra Chattopadhyay. Film tersebut dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai Bachchan dan Madhuri Dixit dalam peran utama, sementara Kirron Kher dan Jackie Shroff memainkan peran pendukung. Devdas mengisahkan tentang seorang pria kaya raya lulusan hukum yang kehidupannya mulai terpuruk, setelah mabuk-mabukan akibat keluarganya melarangnya untuk menikahi seorang wanita yang dicintainya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1990-an, Kaushalya (Smita Jaykar) mendengar bahwa putranya yang bernama Devdas (Shah Rukh Khan) tengah dalam sebuah perjalanan kembali menuju rumahnya setelah pergi selama sepuluh tahun untuk mendapatkan gelar hukum di Inggris. Sumitra (Kirron Kher) dan putrinya Parvati (Aishwarya Rai), sahabat masa kecil dari Devdas, juga sangat gembira setelah mendengar kabar tersebut. Setelah Devdas kembali, persahabatannya dengan Parvati kemudian berubah menjadi cinta; semua orang percaya bahwa mereka akan menikah. Sementara itu, Kumud (Ananya Khare), saudara ipar Devdas, mengingatkan kepada Kaushalya bahwa Parvati tidak layak menjadi keturunan keluarga Mukherjee.

Sumitra secara terbuka mengumumkan keinginannya untuk Devdas dan Parvati untuk menikah, namun Kaushalya menolak hal tersebut dan menghinanya di depan umum dengan mengatakan bahwa Sumitra berasal dari keluarga kelas bawah. Merasa sakit hati, Sumitra kemudian secara tergesa-tergesa mengatur pernikahan Parvati dengan Bhuvan (Vijayendra Ghatge), seorang ningrat duda berusia empat puluh tahun dengan tiga anak berusia dewasa yang lebih kaya daripada keluarga Mukherjee.

Setelah ayahnya tidak merestui hubungan tersebut, Devdas kemudian meninggalkan keluarganya dan menetap di sebuah bordil. Disana ia bertemu dengan pelacur berhati emas Chandramukhi (Madhuri Dixit), yang jatuh cinta dengannya. Tidak lama kemudian, Devdas menyadari kesalahannya dalam meninggalkan Parvati; namun Devdas ditolak olehnya dan Parvati lebih memilih untuk menikah dengan Chaudhry. Pasca-kejadian tersebut, Devdas secara permanen pindah ke rumah bordil Chandramukhi dan menjadi seorang pecandu alkohol. Ketika ayah Devdas berada pada ranjang kematiannya, ia meminta untuk bertemu dengan putranya. Tetapi Devdas tiba kemudian di pemakaman ayahnya, dan ia menyebabkan sebuah keributan dan kemudian jatuh pingsan.

Devdas kembali ke rumah keluarganya dan menemukan bahwa saudara iparnya telah mencuri kunci brankas keluarga milik ibunya. Devdas dituduh melakukan hal tersebut oleh ibu dan saudara iparnya, dan kemudian ia diusir. Parvati tiba di rumah bordil Chandramukhi, menuduhnya karena membuat Devdas mabuk-mabukan, tetapi Parvati dengan cepat menyadari bahwa Chandramukhi mencintai Devdas. Parvati mendesak Devdas untuk berhenti mabuk-mabukan, tetapi Devdas keras kepala. Devdas berjanji kepada Parvati bahwa sebelum meninggal, ia akan datang ke ambang pintu rumahnya untuk yang terakhir kalinya. Parvati mengundang Chandramukhi ke sebuah perayaan Durga Puja di rumah suaminya dan memperkenalkannya kepada mertuanya tanpa mengungkapkan pekerjaan Chandramukhi. Kalibabu (Milind Gunaji), menantu Bhuvan yang tidak baik hati, mengungkapkan latar belakang Chandramukhi dan mempermalukannya di depan para tamu. Kalibabu kemudian juga memberitahu Bhuvan tentang hubungan Parvati dengan Devdas. Akibatnya, Choduhry melarang Paro meninggalkan rumah untuk selamanya.

Akhirnya, Devdas menjadi sakit kronis sehingga alkohol sedikitpun dapat membunuhnya. Devdas memberitahu Chandramukhi bahwa ia harus membiarkannya pergi, dan memutuskan untuk berkelana; di kereta, ia bertemu dengan salah satu teman lama di kampusnya Chunnilal (Jackie Shroff), yang mendesaknya untuk mabuk atas nama persahabatan. Devdas mabuk, meskipun tahu betul hal tersebut akan berakibat fatal. Di ambang kematiannya, Devdas melakukan perjalanan ke rumah Parvati untuk memenuhi janjinya, namun roboh di depan gerbang utama. Parvati berlari melewati rumah besarnya, berusaha untuk menggapainya. Bhuvan melihat hal tersebut dan memerintahkan para pelayannya untuk menutup gerbang. Devdas melihat sebuah gambaran buram dari Parvati yang berlari ke arahnya, tetapi gerbang menutup tepat sebelum Parvati dapat menggapainya. Devdas membisikkan nama Parvati dengan napas terakhirnya sesaat sebelum ia perlahan-lahan meninggal, dan segera lampu kepunyaan Parvati mati.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Devdas menjadi penyutradaraan film ketiga dari Sanjay Leela Bhansali, setelah Khamoshi: The Musical (1997) dan Hum Dil De Chuke Sanam (2000).[7] Film tersebut menjadi film berbahasa Hindi ketiga yang berdasarkan pada novel klasik 1917 bernama sama karya Sarat Chandra Chattopadhyay, terkadang juga disebut-sebut sebagai sebuah adaptasi dari kisah percintaan tragedi William Shakespeare Romeo dan Julia.[8]

Proses produksi dimulai pada Januari 2001 dan menghabiskan anggaran sebesar 500 juta (sekitar AS$11 juta pada 2002).[8][b] Film tersebut direkam sepenuhnya menggunakan sepuluh set besar yang mewakili Kalkuta (sekarang Kolkata), yang dibangun di Film City.[10]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ British Board of Film Classification (BBFC) mencatat tiga waktu pemutaran dari film tersebut selama 2002–2003. Melansir situs web tersebut, Devdas mempunyai dua waktu pemutaran teatrikal; 178 dan 181 menit. Sementara itu, versi yang diajukan dalam bentuk video mempunyai tiga waktu pemutaran; dua untuk versi biasa (184 dan 185 menit) dan satu untuk versi ringkas (137 menit).[1] Versi pemutaran teatrikal lainnya yang dicatat oleh Box Office India adalah 185 menit.[2]
  2. ^ Nilai tukar rata-rata pada 2002 adalah 45,66 rupee India () per 1 dolar AS (AS$).[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Devdas (2002)". British Board of Film Classification. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juli 2020. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  2. ^ a b c d e f g h "Devdas: Cast & Crew". Box Office India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juli 2020. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  3. ^ "Devdas (2002)". Diakses tanggal 26 December 2010. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Top Lifetime Grossers Worldwide". Boxofficeindia.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-25. Diakses tanggal 26 December 2010. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m "Devdas: Cast & Crew". Bollywood Hungama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 September 2011. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  6. ^ Times Now News (18 Januari 2018). "'Devdas' actress Ava Mukherjee passes away at 88". The Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Januari 2018. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  7. ^ "Sanjay Leela Bhansali: Filmography". Bollywood Hungama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Desember 2007. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  8. ^ a b "16 years of Devdas: Did you know these 16 things about the film?". Deccan Chronicle. 12 Juli 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2019. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  9. ^ "Rupee vs dollar: From 1990 to 2013 (8/13)". Rediff.com. 12 Juni 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2019. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  10. ^ Jha, Subhash K. (5 November 2001). "Carving a classic: Subhash Jha on the making of Devdas". Rediff.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juli 2015. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]