Taare Zameen Par

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Taare Zameen Par
(Like Stars on Earth)
TaareZameenPar.jpg
Publicity poster for Taare Zameen Par
SutradaraAamir Khan
ProduserAamir Khan
PenulisAmole Gupte (also Creative Director)
PemeranAamir Khan
Darsheel Safary
Tisca Chopra
Vipin Sharma
Sachet Engineer
Tanay Chheda
MusikShankar-Ehsaan-Loy
SinematografiSetu
PenyuntingDeepa Bhatia (also concept and research)
DistributorAamir Khan Productions (India - film)
UTV Home Entertainment (India - DVD)
The Walt Disney Company (International - DVD)
Tanggal rilis
December 21, 2007(Film)
July 25, 2008 (India DVD)
April 7, 2009 (International DVD)
Durasi
140 min.
NegaraIndia
BahasaHindi/English
AnggaranRs. 12 crores
Pendapatan kotorRs. 131 crores[1]

Taare Zameen Par (Dewanagari: तारे ज़मीन पर) (Bahasa Indonesia: Seperti Bintang-bintang di Langit) merupakan film yang dirilis pada 21 Desember, 2007. Sedangkan DVDnya dirilis pada 25 Juli, 2008.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ishaan Nandkishore Awasthi adalah seorang anak laki-laki berusia 8 tahun yang memiliki tantangan khusus yang dianggap oleh semua orang membenci sekolah dan pembelajaran. Karena dia merasa semua mata pelajarannya sulit dan sering diremehkan dan tidak disukai oleh guru dan teman sekelasnya. Imajinasi, kreativitas, dan bakatnya dalam seni dan lukisan sering kali diabaikan atau tidak diperhatikan. Ayahnya, Nandkishore Awasthi, adalah seorang eksekutif sukses yang mengharapkan anak-anaknya untuk berprestasi, dan ibunya, Maya Awasthi, adalah seorang ibu rumah tangga yang frustrasi dengan ketidakmampuannya untuk mendidik Ishaan. Kakak laki-laki Ishaan, Yohan Nandkishore Awasthi, adalah murid teladan dan atlet yang sering membuat malu Ishaan atas prestasi tersebut.

Setelah menerima laporan akademis yang sangat buruk, orang tua Ishaan mengirimnya ke sekolah berasrama. Di sana ia dengan cepat tenggelam ke dalam keadaan ketakutan, kecemasan, dan depresi, meskipun berteman dengan Rajan Damodharan, seorang anak laki-laki cacat fisik yang merupakan salah satu siswa terbaik di kelas. Ishaan sedih karena kehilangan orang tuanya, guru sekolah berasrama bahkan lebih kasar dari sekolah sebelumnya, dan mulai merasa bahwa dia benar-benar gagal. Ishaan berpikir untuk bunuh diri, memanjat pagar di teras, tetapi Rajan turun tangan, menyelamatkannya.

Kondisi Ishaan berubah ketika seorang guru seni baru, Ram Shankar Nikumbh, seorang instruktur yang ceria dan optimis di Sekolah Tulips untuk anak-anak dengan gangguan perkembangan, bergabung dengan sekolah tersebut. Gaya mengajar Nikumbh sangat berbeda dari pendahulunya yang tegas dan kasar, dan dia dengan cepat mengamati ketidakbahagiaan dan partisipasi apatis Ishaan di dalam kegiatan kelas. Dia meninjau karya Ishaan dan menyimpulkan bahwa kekurangan akademisnya menunjukkan disleksia, suatu kondisi yang menekan kemampuan artistiknya.

Suatu hari, Nikumbh berangkat ke Mumbai untuk mengunjungi orang tua Ishaan di mana dia terkejut menemukan minat tersembunyi Ishaan dalam seni setelah menemukan beberapa gambarnya. Kesal, dia bertanya pada Nandkishore mengapa dia mengirim putranya ke sekolah berasrama dan menunjukkan buku catatan putranya kepada Maya untuk menganalisis perjuangannya. Dia menjelaskan bagaimana Ishaan mengalami kesulitan yang parah dalam memahami huruf dan kata-kata karena disleksia meskipun Nandkishore, menamakannya sebagai keterbelakangan mental, menolaknya sebagai alasan belaka untuk kemalasan. Frustrasi dengan penjelasannya yang kasar dan tidak akurat tentang kondisi Ishaan, Nikumbh pergi. Nandkishore akhirnya merasa bersalah atas penganiayaannya terhadap Ishaan.

Nikumbh kembali dan kemudian mengangkat topik disleksia di kelas dengan menawarkan daftar orang terkenal yang menderita disleksia. Setelah itu, dia menghibur Ishaan dengan mengatakan kepadanya bagaimana dia berjuang sebagai seorang anak juga dengan menghadapi masalah serupa. Nikumbh kemudian mengunjungi kepala sekolah dan mendapatkan izinnya untuk menjadi guru Ishaan. Dengan perawatan bertahap, ia mencoba untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Ishaan dengan menggunakan teknik perbaikan yang dikembangkan oleh spesialis disleksia. Ishaan segera mengembangkan minat dalam studinya dan akhirnya nilainya meningkat.

Menjelang akhir tahun ajaran, Nikumbh menyelenggarakan kontes seni-'n'-craft yang diadakan di amfiteater sekolah untuk staf sekolah dan siswa, yang dinilai oleh seniman Lalita Lajmi. Ishaan, dengan gaya kreatifnya yang mencolok, dinyatakan sebagai pemenang dan Nikumbh, yang melukis potret Ishaan, dinyatakan sebagai runner-up. Kepala sekolah mengumumkan bahwa Nikumbh telah dipekerjakan sebagai guru seni tetap sekolah. Ketika orang tua Ishaan bertemu dengan gurunya pada hari terakhir sekolah mereka tidak bisa berkata-kata oleh transformasi yang mereka lihat dalam dirinya. Diatasi dengan emosi, Nandkishore berterima kasih kepada Nikumbh. Saat Ishaan masuk ke mobil untuk pergi bersama orang tuanya untuk liburan musim panas, dia berbalik dan berlari menuju Nikumbh, yang memberinya pelukan dan menyuruhnya untuk kembali tahun depan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

2008 Filmfare Awards

2008 Star Screen Awards

2008 V. Shantaram Awards

  • Pemenang:Best Film (Gold)
  • Pemenang:Best Director (Silver) - Aamir Khan
  • Pemenang:Best Actor in a lead role - Darsheel Safary
  • Pemenang:Best Writer - Amole Gupte [2]
  • Nominasi: Best artist in a supporting role - Tisca Chopra
  • Nominasi: Best music - Shankar-Ehsaan-Loy
  • Nominasi: Best debut director - Aamir Khan
  • Nominasi: Best debut artist in a leading role - Darsheel Safary [3]

2008 Zee Cine Awards

2009[sunting | sunting sumber]

Taare Zameen Par was also India's official entry for the 81st Academy Awards Best Foreign Film category [3] but was not chosen for the short list.[4] Jury member and director Krishna Shah stated that Taare Zameen Par was rejected from the Oscar shortlist due to its musical format and length. He also commented that he conveyed these critiques to Khan.[5] Khan, himself, stated in a separate interview with NDTV that he was "not surprised" that Taare Zameen Par was rejected from the Oscar shortlist [6] arguing that:


Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "It's films that matter at the box office, not stars: Aamir". Press Trust of India. Diakses tanggal 2008-08-10. 
  2. ^ "Winners of the V. Shantaram Awards 2008". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-03. Diakses tanggal 2009-02-22. 
  3. ^ PTI (2008-12-22). "Aamir gets congratulatory call from Oscar panel chief for 'TZP'!". Zee Entertainment Enterprises. Diakses tanggal 2009-01-02. 
  4. ^ PTI (14 January 2009). "Taare Zameen Par is special film to all Indians: Aamir". Daily News and Analysis. Diakses tanggal 2009-14-01. 
  5. ^ PTI (2009-02-01). "Why Taare... didn't make it to the Oscars". NDTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-04. Diakses tanggal 2009-02-01. 
  6. ^ Press Trust of India (31 January 2009). "No Obama-like leader in Indian politics: Aamir". India Today. Diakses tanggal 31 January 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
Didahului oleh:
Rang De Basanti
Filmfare Best Movie Award
2007
Diteruskan oleh:
NA