Angkatan Laut Kepausan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Laut Kepausan
bahasa Italia: Marina Pontificia
bahasa Latin: Classis Pontificiae
Aktifkira-kira 843–1870
Negara Negara Kepausan
AliansiPaus
Tipe unitAngkatan Laut

Angkatan Laut Kepausan (bahasa Italia: Marina Pontificia, "Angkatan Laut Kepausan"; bahasa Latin: Classis Pontificiae[1]) adalah kekuatan maritim Negara Kepausan. Jika ditafsirkan secara longgar, pertempuran ini terjadi secara sporadis kira-kira sejak Pertempuran Ostia (849) pada masa kepausan Leo IV hingga kenaikan Paus Leo XIII pada tahun 1878.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya dilindungi oleh angkatan laut Bizantium, Negara Kepausan mendapati diri mereka membutuhkan kekuatan angkatan laut mereka sendiri setelah serangan Muslim di Roma pada 843 dan penjarahan basilika kota extra muros pada tahun 846. Di bawah kepemimpinan Caesar, pangeran Napoli, kekuatan Neapolitan , Amalfitan, Gaetan, dan kapal Kepausan berhasil memukul mundur para perompak di Ostia pada tahun 849.

Kemudian, Negara Kepausan mensubsidi berbagai armada selama Perang Salib dan melengkapi beberapa skuadron mereka sendiri, yang berpartisipasi bersama Venesia dan lainnya melawan Kekaisaran Ottoman setelah kejatuhan Konstantinopel. Dengan kapal sewaan dan berafiliasi dari Tuscany dan Malta, satu skuadron Kepausan berpartisipasi dalam Pertempuran Lepanto. Kapal kepausan sering kali membantu Republik Venesia dalam perang dengan Kekaisaran Utsmaniyah.

Pada tahun 1715, Paus Klemens XI membangun Persenjataan Kepausan di dekat Porta Portese di Ripa Grande di Tiber.[2] Tahun 1802 , Napoleon menyumbangkan dua brig kepada Paus Pius VII dan Angkatan Laut Kepausan: Saint Paul yang agak tua, dan Santo Pierre. Dengan nama San Paolo dan San Pietro mereka duduk di arsenal di Civitavecchia selama beberapa tahun sampai mereka dibuang.

Kapal-kapal kepausan dilindungi oleh perjanjian internasional pada tahun 1819, namun angkatan laut perlahan-lahan pulih dari penyitaan kapal-kapalnya selama Perang Napoleon. Salah satunya ditangkap oleh bajak laut Muslim pada tahun 1826, tetapi setelah unjuk kekuatan oleh dua fregat dan sloop-of-war dari Piedmont di bawah pimpinan Kapten Arnous, Bey of Tripoli membebaskan kapal dengan kompensasi 10.600 francs.[3]

Pada tahun 1823, angkatan laut terdiri dari 12 senjata schooner San Pietro, cutter, felucca, dan pinnace.[4] Dua belas kapal patroli lainnya yang dipersenjatai dengan mortar menjalankan tugas penjaga pantai dalam dua skuadron, delapan kapal di Laut Adriatik dan empat di Tyrrhenian. Letkol Alessandro Cialdi mengarahkan ekspedisi ke Mesir dan kemudian memimpin tiga kapal uap Inggris ke Roma untuk navigasi di Tiber.[4] Kapal uap keempat, ' 'Roma, berpartisipasi selama kerusuhan tahun 1848, menentang pengepungan Austria di Ancona.

Pada tahun 1856, administrasi Angkatan Laut (Marina da Guerra), Angkatan Laut Keuangan (Marina di Finanza), dan Angkatan Laut Tiber (Marina del Tevere) yang terpisah digabungkan menjadi Angkatan Laut Kepausan ( Marina Pontificia). Kapal Uap Sekrup Bersenjata Immacolata Concezione, dibuat untuk Paus pada tahun 1859 Sebagai bagian dari penolakannya terhadap kebijakan diplomatik Paus Pius IX, Leo XIII menjual kapal terakhir di Angkatan Laut Kepausan, korvet Immacolata Concezione, selama tahun pertamanya menjabat. Karena kepausan telah dikurung di Kota Vatikan setelah penaklukan Roma, maka kepausan telah berlabuh di Toulon, Prancis.[5] Bendera dan model skala kapalnya ada di Museum Sejarah Vatikan di Istana Lateran, Roma.

Kapal[sunting | sunting sumber]

  • Pada Lepanto:
    • Capitana ("unggulan")
    • Padrona ("unggulan skuadron")
    • Tertinggi ( Tertinggi )
    • Serena (Tenang)
    • Kecepatan (Kedamaian)
    • Vittoria (Victoria)
    • Grifona (Gryphon)
    • Santa Maria
    • San Giovanni
    • Regina (Ratu)
  • San Bonaventura (St. Bonaventure)[6]
  • San Pietro, sebuah sekunar
  • San Pietro II, brig sebelumnya yang dibubarkan pada tahun 1807
  • Roma, sebuah kapal uap
  • Immacolata Concezione (Dikandung Tanpa Noda), sebuah korvet

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fiorani, Luigi (1999). Sermoneta e i Caetani. L'ERMA di BRETSCHNEIDER. ISBN 9788882650919. 
  2. ^ Boero, Beatrice. Il Tempo. "Il biondo Tevere: Perbandingan dari Arsenal dan penolakan Ripa Grande." la-scomparsa-dell-arsenale-e-il-declino-di-ripa-grande-1.240273 Diarsipkan 2015-09-27 di Wayback Machine. - Il Tempo, Diakses 4 Juni 2010.
  3. ^ Gazetta Piemontese. No 45. id=hPQvAAAAYAAJ&pg=PA255 15 April 1826. Diakses 4 Juni 2010.
  4. ^ a b "La Marina dello Stato Pontificio." Situs Web Kementerian Pertahanan Italia. Diakses pada 2 Juni 2010.
  5. ^ Chadwick, Owen. Sejarah Para Paus, 1830-1914. Diakses 4 Juni 2010.
  6. ^ Laudonio, Marco. La Republik. "Arsenale Pontificio, la rinascita." Op. cit. Ordine degli Architetti di Roma e Provincia. /http://www.architettiroma.it/archivio.aspx?id=5217 Diarsipkan 2011-07-22 di Wayback Machine. Diakses 4 Juni 2010.