Yesus meredakan angin ribut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Angin ribut diredakan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Storm on the Sea of Galilee (Badai di Danau Galilea) karya Rembrandt, 1632.
James Tissot - Jésus calmant la tempête (Jesus Stilling the Tempest; "Yesus meredakan angin ribut") - Brooklyn Museum

Yesus meredakan angin ribut adalah suatu peristiwa mukjizat yang diperbuat oleh Yesus Kristus yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Peristiwa ini secara khusus dicatat dalam tiga kitab Injil Sinoptik, yaitu pada Injil Matius pasal 8[1], Injil Markus pasal 4[2], dan Injil Lukas pasal 8.[3]

Tempat[sunting | sunting sumber]

Tempat-tempat yang berkaitan dengan peristiwa mukjizat ini.

Lokasi terjadinya peristiwa ini adalah di Danau Galilea (atau Danau Tiberias), dimana murid-murid berlayar dari Kapernaum menuju ke arah pesisir timur.[4]

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Dalam tiga kitab Injil pada bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen, peristiwa ini dicatat terpisah dan merupakan kejadian yang berbeda dengan mukjizat yang terjadi di kemudian hari, Yesus berjalan di atas air, yang juga bertempat di Danau Galilea dan berkaitan dengan kapal yang diterpa angin sakal. Dalam ketiga narasi Injil, episode ini diikuti langsung oleh mukjizat Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa

Perbandingan kisah dari tiga Injil[sunting | sunting sumber]

Yesus meredakan angin ribut
Matius 8:18,23-27 Markus 4:35-41 Lukas 8:22-25
18 ¶ Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang.
23 ¶ Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya.
35 ¶ Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang."
36 Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia.
22 ¶ Pada suatu hari Yesus naik ke dalam perahu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan Ia berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang danau." Lalu bertolaklah mereka.
24 Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, 37 Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. 23 Dan ketika mereka sedang berlayar, ... Sekonyong-konyong turunlah taufan ke danau, sehingga perahu itu kemasukan air dan mereka berada dalam bahaya.
24 ...tetapi Yesus tidur. 38 Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. 23 (Dan ketika mereka sedang berlayar), Yesus tertidur.
25 Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." 38 ... Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" 24 Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Guru, Guru, kita binasa!"
26 Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. 39 Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.
40 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"
24 ... Iapun bangun, lalu menghardik angin dan air yang mengamuk itu. Dan angin dan air itupun reda dan danau itu menjadi teduh.
25 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Di manakah kepercayaanmu?"
27 Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?" 41 Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?" 25 ... Maka takutlah mereka dan heran, lalu berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga Ia memberi perintah kepada angin dan air dan mereka taat kepada-Nya?"

  * Semua kutipan Alkitab dari Terjemahan Baru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Yesus meredakan angin ribut
Didahului oleh:
Hal mengikut Yesus
Injil Matius
pasal 8
Diteruskan oleh:
Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa
Didahului oleh:
Perumpamaan tentang biji sesawi
Injil Markus
pasal 4
Didahului oleh:
Yesus dan sanak saudara-Nya
Injil Lukas
pasal 8

Referensi[sunting | sunting sumber]