Alkitab Ortodoks Yunani / Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alkitab Ortodoks Timur
Nama lengkapAlkitab Ortodoks Yunani / Timur
SingkatanEOB
Terbitan PBJuni 2011
Basis teksPB: Teks Patriarkal 1904 PL: Septuaginta
Jenis terjemahanEkuivalensi formal
Afiliasi agamaOrtodoksi Timur
URLsitehttp://www.orthodox-church.info/eob/
Indeed, God so loved the world that he gave his only-begotten Son, so that everyone who believes in him should not perish but have eternal life.

Alkitab Ortodoks Yunani / Timur (bahasa Inggris: Eastern / Greek Orthodox Bible, disingkat EOB) adalah suatu Alkitab edisi bahasa Inggris yang dipublikasikan dan dikontrol oleh pihak Kristen Ortodoks Yunani dengan kontrol hak cipta terbatas dan dalam suatu kerangka kerja kolaboratif.

Dasar tekstual[sunting | sunting sumber]

EOB merupakan sebuah terjemahan Ortodoks yang lengkap atas Kitab Suci. Tidak seperti versi lainnya, EOB menyajikan lebih dari 200 halaman materi pengantar dan lampiran, termasuk artikel-artikel karya Protopresbiter (Pr.) George Florovsky dan Pr. Miltiades Konstantinou dari Universitas Aristoteles Thessaloniki. Tujuan utama dibuatnya EOB adalah memberikan teks Kitab Suci dalam bahasa Inggris yang mudah dibaca dan akurat, yang sesuai untuk digunakan umat dan komunitas Kristen Ortodoks, serta memberikan suatu teks yang sangat baik bagi para akademisi.

Perjanjian Lama EOB (sedang dalam pengerjaan) didasarkan pada teks Yunani Perjanjian Lama (yaitu Septuaginta / LXX) dengan semua varian Gulungan Laut Mati dan Masoretik utama didokumentasikan dalam catatan-catatan kaki. Untuk alasan-alasan yang didokumentasikan dalam bagian pengantarnya yang komprehensif, EOB juga menyediakan versi Masoretik / Ibrani (WEB) dari Kitab Ayub, Yeremia, dan Ester.

Perjanjian Baru EOB (telah terselesaikan dan tersedia) didasarkan pada teks gerejawi resmi yang dipublikasikan pada tahun 1904 oleh Patriarkat Ekumenis Konstantinopel (juga mendokumentasikan semua varian penting Teks Kritis, Teks Mayoritas, dan Textus Receptus). Selain itu juga tersedia berbagai lampiran dan catatan kaki yang ekstensif berkenaan dengan ayat-ayat penting seperti Matius 16:18, Yohanes 1:1, dan Yohanes 15:26. Teks Patriarkal dipilih di Gunung Athos dari antara sejumlah besar naskah gerejawi yang dapat diandalkan dan tampaknya identik atau mirip dengan Minuscule 1495 (subkelompok KR).

Karena dikontrol dan diperbarui secara internal dalam komunitas Ortodoks, EOB tidak tergantung pada penerbit komersial non-Ortodoks dan dapat menerima manfaat berupa masukan dari berbagai teolog dan akademisi Ortodoks Timur. Saat ini ada sebuah toko buku daring yang menjual versi revisi Perjanjian Baru EOB dengan hak cipta tahun 2013.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]