Alkitab Matthew

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alkitab Matthew, juga dikenal sebagai Versi Matthew, pertama kali diterbitkan pada tahun 1537 oleh John Rogers, dengan nama samaran "Thomas Matthew". Versi ini dikombinasikan Perjanjian Baru dari William Tyndale, dan bagian Perjanjian Lama sebanyak yang telah diterjemahkannya sebelum ditangkap dan dihukum mati. Terjemahan Myles Coverdale dari sumber bahasa Jerman dan Latin melengkapi Perjanjian Lama dan Apokrifa, kecuali Kitab Apokrif Doa Manasye. Dengan demikian versi ini merupakan mata rantai penting dalam urutan sejarah terjemahan Alkitab bahasa Inggris.

Percetakan[sunting | sunting sumber]

John Strype menulis pada tahun 1694 bahwa Alkitab Matthew edisi tahun 1537 dicetak oleh Richard Grafton, di Hamburg.[1] Edisi-edisi selanjutnya dicetak di London, empat yang terakhir muncul pada tahun 1551.[2] Dua edisi Alkitab Matthew diterbitkan pada tahun 1549. Salah satunya adalah cetak ulang dari edisi pertama tahun 1537, yang dicetak oleh Thomas Raynalde dan William Hyll (Herbert #75). Lainnya dicetak oleh John Daye dan William Seres,[2] yang membuat banyak perubahan pada catatan Alkitab Matthew yang asli, termasuk komentari berulang pada kitab Wahyu berdasarkan buku "Image of Two Churches" ("Gambar Dua Gereja") oleh rekan sebayanya John Bale.

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Matthew Bible. 1537 edition [Faksimili]. Peabody, Massachusetts, Hendrickson Publishers, 2009, ISBN 978-1-59856-349-8
  • Tyndale Bible, Thomas Matthew, 1549 [Faksimili]. Greydon Press, USA, TAHUN 2003, ISBN 1-57074-492-0. Dijual sebagai faksimili dari Mattthew Version, itu sebenarnya Becke ini 1549 edisi Matthew Bible tetapi mengandung halaman awal dari Raynalde dan Hyll ini 1549 versi, dan bahkan salinan dari halaman judul dari 1549 Great Bible.[2]
  • New Matthew Bible: pertama di dunia proyek ini bekerja sama dengan Matius kitab suci Alkitab untuk mempublikasikan Matius Alkitab dalam ejaan modern dengan bahasa dan tata bahasa minimal diperbarui - "New Matthew Bible Project", dengan target tanggal publikasi 2020.
  • Matthew Bible: Modern Spelling Edition. "Matthew Bible: Modern Spelling Edition" Alkitab ini menggunakan jenis huruf dan ejaan modern (tanpa mengubah kata-kata asli), termasuk ayat-ayat modern. Tersedia pada tahun 2015.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strype 1812.
  2. ^ a b c Herbert 1968.
  3. ^ Nathan, Harding. "The Matthew Bible: Modern Spelling Edition". The Matthew Bible. lulu.com. Diakses tanggal 24 December 2013. 

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.