Alkitab Coverdale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Coverdale Bible
The Holy Scripture (Myles Coverdale).djvu
Nama lengkap
The Bible, that is the Holy Scripture of the Old and New Testament, faithfully translated into English.
SingkatanTCB
Terbitan
Alkitab lengkap
1535
Hak ciptaPublic domain due to age.
In the beginning God created heaven and earth: and the earth was void and empty, and darkness was upon deep, and the Spirit of God moved upon the water. And God said: Let there be light, and there was light.
For God so loved the world, that he gave his only Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.

Alkitab Coverdale (Coverdale Bible), yang disusun oleh Myles Coverdale dan diterbitkan pada tahun 1535, merupakan terjemahan Alkitab dalam bahasa Inggris Modern pertama yang lengkap (bukan hanya Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru saja), dan terjemahan ke dalam bahasa Inggris pertama yang selesai dicetak (bandingkan naskah Alkitab Wycliffe). Edisi-edisi berikutnya (folio dan kuarto) yang diterbitkan pada tahun 1539 adalah Alkitab lengkap pertama yang dicetak di Inggris. Edisi folio tahun 1539 diberi lisensi kerajaan dan karenanya adalah terjemahan Alkitab dalam bahasa Inggris pertama yang secara resmi disetujui.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tempat publikasi edisi 1535 masih diperdebatkan. Diduga percetakan yang dipakai adalah baik Froschover di Zurich atau Cervicornus dan Soter (di Cologne atau Marburg). Sejak penemuan Guido Latré, pada tahun 1997, telah diidentifikasi percetakannya adalah Merten de Keyser, di Antwerpen. Publikasi ini sebagian dibiayai oleh Jacobus van i di koin perak inggris, di Antwerpen, dan adik ipar, Adriana de Weyden, yang menikah dengan John Rogers. Pendukung Alkitab Coverdale lainnya adalah keponakan laki-laki Jacobus van Meteren, Leonard Ortels (†1539), ayah dari Abraham Ortelius (1527-1598), seorang geografer dan kartografer humanis yang terkenal.

Meskipun Coverdale juga terlibat dalam penyusunan Great Bible tahun 1539, Alkitab Coverdale terus dicetak ulang. Yang terakhir lebih dari 20 edisi dari keseluruhan Alkitab, atau Perjanjian Baru, muncul pada tahun 1553.

Terjemahan[sunting | sunting sumber]

Coverdale mendasarkan Perjanjian Baru pada terjemahan Tyndale. Untuk Perjanjian Lama, Coverdale menggunakan Pentateukh Tyndale yang sudah diterbitkan dan kemungkinan juga Kitab Yunus. Dia rupanya tidak menggunakan karya Perjanjian Lama Tyndale lainnya, yang tidak dipublikasikan (lihat Alkitab Matthew). Sebaliknya, Coverdale sendiri menerjemahkan sisa kitab-kitab Perjanjian Lama dan Apokrif. Coverdale menggunakan pengetahuannya yang terbatas mengenai bahasa ibrani, Aram, dan Yunani, karena bukan sarjana bahasa Ibrani atau Yunani, untuk bekerja terutama dari terjemahan Alkitab bahasa JermanAlkitab Luther dan versi Swiss-Jerman (Alkitab Zürich) karya Zwingli[1] dan Juda—serta sumber-sumber bahasa Latin termasuk Vulgata.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Journal of theological studies, vol 1, Oct 1899, 6.

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]