Ali & Ratu Ratu Queens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ali & Ratu Ratu Queens
Poster film Ali & Ratu Ratu Queens.jpg
Poster film
SutradaraLucky Kuswandi
Produser
Penulis skenarioGina S. Noer
Penulis ceritaMuhammad Zaidy
Pemeran
Penata musik
  • Mar Galo
  • Ken Jenie
SinematograferBatara Goempar
PenyuntingAline Jusria
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
17 Juni 2021
Durasi100 menit
Negara Indonesia
BahasaIndonesia

Ali & Ratu Ratu Queens adalah film drama komedi Indonesia yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi, ditulis oleh Gina S. Noer, dan diproduksi oleh Palari Films. Film Ali & Ratu Ratu Queens mengambil latar tempat di kota Queens, New York dan Jakarta. Film tersebut menampilkan Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Panggabean, dan Happy Salma.[1]

Film ini awalnya direncanakan tayang di bioskop pada tahun 2020. Namun, dikarenakan pandemi COVID-19 di Indonesia, film tersebut dirilis di Netflix secara global sebagai film asli Netflix pada 17 Juni 2021.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ali, remaja 17 tahun yang hendak mengejar ibu kandungnya yang meninggalkannya sejak kecil ke New York, Amerika Serikat. Sesampainya di Queens, New York, ia malah bertemu dengan ibu-ibu rempong yang kocak yaitu Party, seorang cleaning lady yang keibuan dan perhatian.

Ada juga Biyah seorang bonek yang menyambi jadi paparazi, Ance seorang single mom galak dan bertingkah laku seakan dia agen rahasia, serta Chinta yang datang ke New York untuk mengejar cinta namun kandas dan berakhir menjadi seorang tukang pijat.

Di tengah itu semua, Ali jatuh cinta pada Eva (Aurora Ribero), anak perempuan satu-satunya Ance yang membuatnya lebih kenal dengan keajaiban New York.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Proses syuting film tersebut dilakukan di kota Jakarta dan New York dari awal Desember 2019. Di New York, proses syuting berlangsung selama kurang lebih dua minggu saat musim dingin di daerah Brooklyn, Queens, dan Manhattan.[2]

Musik[sunting | sunting sumber]

Tata musik film ini dilakukan oleh Mar Galo dan Ken Jenie. Film ini memiliki lagu tema yang dinyanyikan oleh Aurora Ribero berjudul "Never Look Back". Iqbaal Ramadhan bersama grup musiknya, Svmmerdose, juga mengisi dua buah lagu yang berjudul "Lost in Queens" dan "On My Own".[3] Terdapat juga lagu "Sisa Hari" dari Ify Alyssa, "Pesan di Balik Awan" dari Adhitia Sofyan, serta "Why Would I Be" dari Teddy Adhitya. Selain itu, lagu dari Billie Eilish yang berjudul "I Love You" dan lagu dari Honne berjudul "Location Unknown" turut hadir sebagai jalur suara film tersebut.[4]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film Ali & Ratu Ratu Queens awalnya direncanakan tayang di bioskop pada tahun 2020.[5] Namun, penayangan tersebut ditunda karena pandemi COVID-19 di Indonesia. Pada tanggal 17 Juni 2021, film tersebut dirilis di Netflix secara direct-to-streaming.[6]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada 5 Mei 2021, Palari Films mengumumkan bahwa film Ali & Ratu Ratu Queens akan dirilis di Netflix sebagai film asli Netflix. Saat itu juga mereka mengeluarkan teaser berdurasi hampir dua menit.[7] Trailer dan poster film ini diunggah pada 24 Mei 2021 sekaligus mengumumkan tanggal penayangan.[8]

Pada 17 Juni 2021 atau tepat dimana film tersebut dirilis, poster dan materi pemasaran film Ali & Ratu Ratu Queens ditayangkan di salah satu papan reklame Times Square, New York City, Amerika Serikat.[9]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
Cultura 3/5 stars[10]
Kincir 8/10 stars[11]

Di situs Kincir, Helmy Herlambang memberikan nilai 8 dari 10 dengan menulis "Terlepas dari alurnya yang gampang ketebak, film ini masih cukup menyenangkan buat ditonton bersama sanak keluarga."[11] Galih Dea dari Cultura memberi nilai 3 dari 5 dengan menulis "Ali dan Ratu-ratu Queens adalah film drama yang penuh rasa dengan kemasan sangat fancy. Namun, film juga perlu konteks untuk membuatnya lebih berkesan, yang sayangnya gagal dilancarkan oleh Lucky Kuswandi dalam filmografi terbarunya ini."[10] Sedangkan Maria Cicilia dari Antara menyebutkan bahwa "Film ini mematahkan stigma bahwa film Indonesia yang syuting di luar negeri hanya menjual keindahan pemandangannya saja."[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2021 Festival Film Bandung Sutradara Terpuji Film Lucky Kuswandi Nominasi
Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Marissa Anita Nominasi
Penata Editing Terpuji Film Aline Jusria Menang
2021 Festival Film Indonesia Film Cerita Panjang Terbaik Muhammad Zaidi & Meiske Taurisia Nominasi
Sutradara Terbaik Lucky Kuswandi Nominasi
Pemeran Utama Pria Terbaik Iqbaal Ramadhan Nominasi
Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik Asri Welas Nominasi
Marissa Anita Menang
Penulis Skenario Terbaik Gina S. Noer Nominasi
Pengarah Sinematografi Terbaik Batara Goempar, I.C.S Nominasi
Penyunting Gambar Terbaik Aline Jusria Nominasi
Penata Efek Visual Terbaik Rivai Chen Nominasi
Penata Suara Terbaik Yusuf Patawari, Wahyu Tri Purnomo, Pat O'Leary Nominasi
Penata Musik Terbaik Mar Galo & Ken Jenie Nominasi
Pencipta Lagu Tema Terbaik Bam Mastro – "Never Look Back" Nominasi
Iqbaal Ramadhan & Tarapti Ikhtiar Rinrin – "On My Own" Nominasi
Pengarah Artistik Terbaik Eros Eflin & Roxy Martinez Nominasi
Penata Busana Terbaik Karin Wijaya Nominasi
Penata Rias Terbaik Marshya D. Martha Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rantung, Revi C. (22 November 2019). Kistyarini, ed. "Iqbaal Ramadhan Semangat Main Film Ali & Ratu Ratu Queens, Kenapa?". Kompas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 November 2019. Diakses tanggal 5 Mei 2021. 
  2. ^ Virdhani, Marieska Harya (23 Desember 2019). Salbiah, Nurul Adriyana, ed. "Iqbaal Ramadhan Selesai Syuting 'Ali & Ratu-Ratu Queens' di New York". Jawa Pos. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Desember 2019. Diakses tanggal 5 Mei 2021. 
  3. ^ Fitria, Anisa (22 November 2019). "Dapat Peran Utama, Iqbaal Ramadhan Juga Isi Soundtrack 'Ali & Ratu-Ratu Queens'". Detik. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 November 2020. Diakses tanggal 19 Juni 2021. 
  4. ^ a b Cicilia, Maria (18 Juni 2021). Nurcahyani, Ida, ed. ""Ali & Ratu Ratu Queens", sebuah pencarian tentang arti keluarga". Antaranews. Diakses tanggal 19 Juni 2021. 
  5. ^ Yuniar, Nanien (23 November 2019). Putri, Maria Rosari Dwi, ed. "Tahun depan, Iqbaal Ramadhan main film "Ali & Ratu-Ratu Queens"". Antaranews. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juni 2020. Diakses tanggal 5 Mei 2021. 
  6. ^ Rantung, Revi C. (24 Mei 2021). Kistyarini, ed. "Catat Tanggalnya, Film Ali & Ratu Ratu Queens Tayang Perdana 17 Juni di Netflix". Kompas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Juni 2021. Diakses tanggal 2 Juni 2021. 
  7. ^ "Rilis Teaser, Ali & Ratu Ratu Queens Tayang di Netflix". CNN Indonesia. 5 Mei 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Mei 2021. Diakses tanggal 5 Mei 2021. 
  8. ^ Putri, Mega (24 Mei 2021). "Rilis trailer, film Indonesia Ali & Ratu Ratu Queens siap tayang di Netflix". Kontan.co.id. Diakses tanggal 19 Juni 2021. 
  9. ^ Riandi, Ady Prawira (18 Juni 2021). Setuningsih, Novianti, ed. "Iqbaal Ramadhan Bangga Wajahnya Terpampang di Times Square New York". Kompas. Diakses tanggal 19 Juni 2021. 
  10. ^ a b Dea, Galih (18 Juni 2021). "Ali dan Ratu-ratu Queens Review: Mediocre Meski Penuh Rasa". Cultura. Diakses tanggal 19 Juni 2021. 
  11. ^ a b Herlambang, Helmy (17 Juni 2021). "(REVIEW) Ali & Ratu Ratu Queens (2021)". Kincir.com. Diakses tanggal 19 Juni 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]