Muhammad Zaidy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muhammad Zaidy (lahir 6 Desember 1984) adalah seorang produser film di rumah produksi Palari Films, yang ia dirikan bersama rekan produsernya, Meiske Taurisia.

Ia memulai kariernya di industri film Indonesia sebagai casting director untuk film panjang dan video klip. Tahun 2015, sepulang menyelesaikan studi master Film Producing di New York, ia menjadi co-produser untuk film Athirah (2016), bersama produser Mira Lesmana.

Film Posesif (2017), disutradarai oleh Edwin, menjadi film pertamanya sebagai produser bersama Meiske Taurisia di rumah produksi Palari Films. Film ini memenangkan tiga Piala Citra di Festival Film Indonesia pada 2017. Melalui Posesif (2017), Palari Films disambut baik di industri film Indonesia.

Film kedua produksi Palari Films, Aruna dan Lidahnya (2018), film adaptasi lepas dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak. Film ini terpilih untuk diputar di Festival Film Berlinale ke-69 2019 sebagai bagian dari Program Sinema Kuliner.

Film ketiga produksi Palari Films, Ali & Ratu Ratu Queens (2021), merupakan film asli Netflix. Sejak tayang awal bulan Juni 2021 di Netflix, film ini menjadi film yang paling banyak ditonton di Netflix Indonesia dan Netflix Malaysia. Selain itu, film ini juga mendapat penghargaan Film Indonesia Favorit di Festival Film Indonesia 2021.

Film terbarunya sebagai produser, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021), mendapat Golden Leopard, penghargaan tertinggi di 74th Locarno International Film Festival.

Filmografi[sunting | sunting sumber]