Alfonso II dari Napoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alfonso II
Andrea guacialotti, medaglia di alfonso d'aragona, duca di calabria, 1481.JPG
Medali Alfonso sebagai Adipati Calabria oleh Adriano Fiorentino, 1481
Raja Napoli
Berkuasa25 Januari 1494 – 23 Januari 1495
PendahuluFerrante I
PenerusFerrante II
Lahir4 November 1448
Napoli
Wafat18 Desember 1495(1495-12-18) (umur 47)
Messina
Pemakaman
WangsaTrastámara
AyahFerrante I
IbuIsabella dari Clermont
PasanganIppolita Maria Sforza
Anak
AgamaKatolik Roma
Lambang Alfonso II, Raja Napoli, KG

Alfonso II (4 Agustus 1448 – 18 Desember 1495), juga disebut Alfonso dari Aragon, Raja Napoli dari tanggal 25 November 1494 hingga 22 Februari 1495 dengan gelar Raja Napoli dan Yerusalem. Sebagai Adipati Calabria dia adalah pelindung dari penyair dan pembangun Renaissans selama masa jabatannya sebagai pewaris takhta Napoli.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Napoli, Alfonso adalah putra sulung Ferrante I dari Napoli dan istri pertamanya, Isabella dari Clermont. Dia adalah putri Tristan, Comte Copertino dan Caterina Del Balzo Orsini. Alfonso adalah sepupu Ferrando II d'Aragón, raja Aragon dan (rekan-)penguasa pertama terpadu Spanyol. Gurunya adalah humanis Giovanni Pontano, dan De ... selanjutnya menggambarkan kebajikan yang tepat dan cara hidup menjadi seorang pangeran.

Ketika ibundanya Isabella dari Clermont meninggal (1465), ia berhasil menggugat hak waris feodalnya, termasuk hak waris Brienne atas Kerajaan Yerusalem.

Pada tahun 1463, ketika Alfonso berusia lima belas tahun, pamandanya Giovanni Antonio Del Balzo Orsini, Pangeran Taranto, meninggal, dan ia memperoleh beberapa tanah dari warisan. Alfonso telah menunjukkan dirinya seorang prajurit yang terampil dan gigih, membantu ayahnya dalam penindasan Konspirasi Baron (1485) dan dalam membela wilayah Kerajaan melawan gugatan Kepausan.

Sebagai Condottieri, ia terlibat dalam pertempuran paling penting di zaman ini, seperti perang yang mengikuti Konspirasi Pazzi (1478-1480) dan Pertempuran Ferrara (1482-1484).

Ketika ayahandanya meninggal, keuangan kerajaan habis dan serangan Raja Charles VIII dari Prancis sudah dekat; Charles (dihasut oleh Ludovico Sforza, yang ingin menimbulkan masalah untuk memungkinkannya untuk merebut kekuasaan di Milan) telah memutuskan untuk menegaskan kembali gugatan Angevin ke Napoli dan gelar Raja Yerusalem yang menyertainya.

Charles menyerang Italia pada bulan September, 1494. Alfonso berhasil mendapatkan kembali dukungan dari Paus Aleksander VI, yang mengundang Charles untuk mencurahkan upayanya melawan Turki. Alfonso menerima penobatan resmi sebagai Rex Siciliae pada tanggal 8 Mei 1494 dari Juan de Borja Lanzol de Romaní, el mayor, sebelumnya legatus kepausan untuk Alfonso II.

Namun, Raja Prancis tidak menyerah; pada awal 1495 Charles mendekati Napoli, setelah mengalahkan Firenze dan armada Neapolitan di bawah saudara Alfonso, Federico I dari Calabria di Porto Venere. Alfonso, ketakutan oleh serangkaian pertanda, serta mimpi yang tidak biasa (mungkin disebabkan oleh kenangan korbannya), turun takhta demi putranya, Ferrante atau Ferrandino, dan melarikan diri, memasuki biara Sisilia. Dia meninggal di Messina pada akhir tahun itu, 237 hari sejak penobatannya.

Budaya Renaisans[sunting | sunting sumber]

Sebagai Putra Mahkota, Alfonso telah berpartisipasi dalam budaya Renaisans yang brilian yang mengelilingi istana ayahandanya. Kontribusinya yang langgeng untuk budaya Eropa adalah contoh yang ditetapkan di vila-vila La Duchesca dan khususnya Poggio Reale di luar Napoli, yang begitu memikat Charles VIII dari Prancis selama kunjungan singkatnya di Napoli selama Februari-Juni 1495, sehingga ia terinspirasi untuk meniru "surga duniawi" yang dia temui.[1]

Poggio Reale, yang menurut Vasari dirancang oleh Giuliano da Maiano dan ditata pada tahun 1480-an, benar-benar menghilang dan tidak ada uraian luas yang bertahan. Beberapa dekade kemudian, Vasari melaporkan, "Di Poggio Reale [Giuliano da Maiano] meletakkan arsitektur palazzo itu, selalu dianggap sebagai hal yang paling indah; dan untuk fresco ia membawanya ke sana Pietro del Donzello, Florentine, dan Polito saudaranya yang dianggap pada waktu itu seorang tuan yang baik, yang melukis seluruh palazzo, luar dan dalam, dengan sejarah raja tersebut."[2] Tidak ada arsip untuk menghubungkan Giuliano atau saudaranya Benedetto dengan proyek; untuk dokumentasi hanya bagian dan rencana, direproduksi dengan permintaan maaf karena ketidaktepatannya, oleh Sebastiano Serlio. Reproduksi Serlio tampaknya menunjukkan rencana ideal,[3] identik di keempat sisi, berkisar di sekitar istana dengan busur ganda.

Jelas bahwa istana Aragon di Napoli memperkenalkan tradisi taman Moor di Valencia, dengan jalan teduh dan pemandiannya, hidrolika canggih yang mendukung aliran air yang indah,[4] tangki formal, kolam ikan dan air mancur, sebagai pengaturan mewah dan terpencil untuk kehidupan pengadilan, dan menggabungkannya dengan fitur-fitur Romawi: Poggio Reale Alfonso dibangun di sekitar tiga sisi halaman melengkung dengan tingkatan tempat duduk di sekeliling pusat cekung yang dapat dibanjiri kacamata air; di sisi keempat terbuka ke sebuah taman yang membingkai pemandangan Vesuvius yang spektakuler.

Itu tidak seperti apa pun yang dialami oleh raja Prancis, yang mundur dari Italia, penuh dengan permadani dan karya seni, dan penuh dengan ambisi membangun dan berkebun.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Istrinya Ippolita Maria Sforza, dengan siapa dia menikah pada tanggal 10 Oktober 1465 di Milan.[5] Mereka memiliki tiga orang anak:

  • Raja Ferrante II dari Napoli (26 Mei 1469 – Agustus 1496), menikahi Giovanna dari Napoli
  • Isabella d'Aragon, Adipatni Milan dan Bari, Putri Rossano (2 Oktober 1470 – 11 Februari 1524), menikah sepupu pertama Gian Galeazzo Maria Sforza, Adipati Milan, Januari 1490.[6]
  • Piero, Pangeran Rossano (31 Maret 1472 – 17 Februari 1491), Letnan Jenderal Puglia, meninggal karena infeksi setelah operasi kaki.

Dan dua orang anak dengan Trogia Gazzela:

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Alfonso II dari Napoli diperankan oleh Augustus Prew di Showtime series The Borgias, meskipun ia digambarkan sebagai orang yang jauh lebih muda dan flamboyan dari rekan sejarah di 1490-an. Sancha dari Aragon digambarkan sebagai saudari tirinya daripada putrinya. Di Da Vinci's Demons ia diperankan oleh Kieran Bew dan digambarkan sebagai seorang panglima perang yang sadis, sangat iri dengan Lorenzo de' Medici.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles' letter to his brother-in-law, Pierre de Bourbon, noted in William Howard Adams, The French Garden 1500-1800 1979, p 10.
  2. ^ "A Poggio Reale ordinò l'architettura di quel palazzo, tenuta sempre cosa bellissima; et a dipignerlo vi condusse Piero del Donzello fiorentino e Polito suo fratello che in quel tempo era tenuto buon maestro, il quale dipinse tutto il palazzo di dentro e di fuori con storie di detto re." (Giorgio Vasari, Le vie de' più eccelenti architetti, piiori...).
  3. ^ Suggestions that its design was sketched by Alfonso's friend Lorenzo de' Medici, whose own villa at Poggio a Caiano it somewhat resembled, are tenuous.
  4. ^ The first description of a surprise jet of water as a practical joke, a garden feature with a long career, was remarked on at Poggio Reale.
  5. ^ Fallows 2010, hlm. 39.
  6. ^ Black 2009, hlm. 83.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hersey, George L. (1969). Alfonso II and the Artistic Renewal of Naples. New Haven: Yale University Press. 
  • Fallows, Noel (2010). Jousting in Medieval and Renaissance Iberia. The Boydell Press. 
  • Black, Jane (2009). Absolutism in Renaissance Milan: Plenitude of Power Under the Visconti and. Oxford University Press. 
  • Brief description of Poggio Reale
Alfonso II dari Napoli
Cabang kadet Wangsa Ivrea
Lahir: 4 November 1448 Wafat: 18 December 1495
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ferrante I
Raja Napoli
1494–1495
Diteruskan oleh:
Charles (IV)