Katedral Messina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Messina
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Maria SS. Assunta
Katedral Messina
LokasiMessina
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Messina-Lipari-Santa Lucia del Mela

Katedral Messina (bahasa Italia: Duomo di Messina; Basilica Cattedrale metropolitana di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Messina, Sisilia, Italia. Dulunya merupakan tahta episkopal Keuskupan Messina, pada tahun 1986 menjadi tahta uskup agung Keuskupan Agung Messina-Lipari-Santa Lucia del Mela.

Pada bulan Juni 1947 Paus Pius XII memberinya status basilika minor.

Dibangun oleh bangsa Normandia, ditahbiskan pada tahun 1197 oleh Uskup Agung Berardo. Henry VI, Kaisar Romawi Suci dan Constance I dari Sisilia hadir untuk menyaksikan upacara tersebut. Bangunan yang ada saat ini adalah hasil akhir dari beberapa rekonstruksi abad kedua puluh, yang terjadi setelah bencana gempa bumi yang melanda Messina pada tahun 1908 dan kerusakan besar yang diakibatkan oleh pemboman udara besar-besaran di Perang Dunia II.[1]

Hanya tembok pembatas, portal Gotik, dan apse yang tetap berdiri setelah bencana gempa bumi yang juga menghancurkan bangunan di sekitar Piazza Duomo. Pada tahun 1943, bom pembakar jatuh di atap yang telah dipugar dan menghancurkan sebagian besar interiornya. Hanya mosaik dan patung asli yang selamat.

Menara ini menampung Jam Astronomi Messina, jam astronomi terbesar di dunia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Giovanni Bonanno. Cattedrali di Sicilia. M.Grispo, 2000.