Alexander Poskrebyshev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alexander Poskrebyshev
Александр Поскрёбышев
Kepala Bidang Khusus Komite Pusat
Masa jabatan
22 Juli 1930 – 15 Agustus 1952
Sebelum
Pengganti
Dmitri Sukhanov
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Alexander Nikolaevich Poskrebyshev

7 Agustus 1891
Uspenskoye, Kekaisaran Rusia
Meninggal3 Januari 1965 (umur 73)
Moskwa, Uni Soviet
KebangsaanRusia
Partai politikPartai Komunis Uni Soviet (1917–1956)
Suami/istriStankevich Jadwiga Ippolitovna (1919–1929)
Metallikova-Poskrebysheva Bronislava Solomonovna (1934–1941)
AnakGalina Egorova-Poskryobysheva (1932–2005)
Natalia Po (1938–2006)
Elena Poskrebysheva (1942)
Karier militer
PihakTentara Merah
PangkatMayor Jenderal
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Alexander Nikolaevich Poskrebyshev[3] (bahasa Rusia: Александр Николаевич Поскрёбышев; 7 Agustus 1891 – 3 Januari 1965) adalah seorang politisi, negarawan dan fungsionaris Partai Komunis Uni Soviet. Seorang anggota Partai Komunis Uni Soviet sejak Maret 1917, ia adalah Kepala Departemen Khusus Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet (kanselir pribadi Josef Stalin dari tahun 1928-1953)[1][2][3][4].

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Poskrebyshev lahir pada 7 Agustus 1891, di desa Upenskoye yang terletak didekat Kota Vyatka, Kekaisaran Rusia. Poskrebyshev merupakan anak seorang pembuat sepatu[5]. Ibunya bernama Nadezhda Efimovna. Ia juga memiliki satu saudara laki-laki yang bernama Ivan dan dua orang saudara perempuan yang bernama Olga dan Alexandra[6]. Poskrebyshev bercita-cita menjadi seorang perawat dan menamatkan pendidikannya pada tahun 1918[7][8].

Karir Politik[sunting | sunting sumber]

Poskrebyshev terlibat dalam dunia politik setelah bergabung ke dalam Partai Komunis Uni Soviet. Awalnya ia dipilih menjadi Sekretaris di sebuah divisi lokal Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia (Bolshevik) yang ia jalani pada tahun 1917-1918. Kemudian ia dipilih menjadi anggota Komite Politik Tentara Khusus Turkestan (1918-1919), Ketua Komite Revolusioner Militer Regional dan Wakil Dewan Buruh dan Pekerja Regional (Zlatoust, 1919-1921)[9][10][8]. Poskrebyshev kemudian pindah ke Moskwa pada tahun 1922 untuk ditempatkan di Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet dan diangkat menjadi Direktur Biro Administrasi Komite Pusat pada tahun 1923[9].

Pada tahun 1924 ia mulai bekerja untuk Stalin[9][8] saat ia ditugaskan ke Kremlin[11]. Poskrebyshev kemudian diangkat menjadi seorang administrator di Seksi Rahasia Komite Pusat yang kemudian menjadi Seksi Khusus. Antara tahun 1924 sampai dengan 1929, ia menjadi Manajer Kantor Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet[12][13].

Pada tahun 1927, Poskrebyshev diwisuda setelah menyelesaikan pendidikannya dibidang Hukum dan Ekonomi Fakultas Hukum dan Administrasi Universitas Negeri Moskwa[9][8].

Di tahun 1929, Poskrebyshev diangkat menjadi Wakil Ketua Seksi Rahasia Komite Pusat PKUS. Pada tanggal 22 Juli 1930, Poskrebyshev kemudian dipromosikan menjadi Ketua Seksi Rahasia. Pada tahun 1934, Seksi Rahasia kemudian dijadikan sebagai Seksi Khusus Komite Pusat dan pada tanggal 10 Maret 1934, Poskrebyshev diangkat menjadi Ketua Seksi Khusus.

Poskrebyshev tinggal di Moskwa dan bekerja dengan Stalin selama Perang Dunia II, Poskrebyshev juga dilibatkan dalam perencanaan setiap operasi militer[14]. Ia juga menyiapkan dokumen-dokumen untuk Konferensi Teheran, Yalta dan Postdam[9][8]

Puncak karir Poskrebyshev terjadi pada tahun 1952, ketika ia diangkat menjadi Sekretaris Presidium Komite Pusat, sehingga diberikan kursi keanggotaan dalam Politbiro. Pada Kongres Partai Komunis Uni Soviet Ke-XIX, Poskrebyshev menjadi Pembicara Utama dan ia ditunjuk untuk mengepalai Sekretariat Kongres[15]. Namun beberapa bulan kemudian, Lavrentiy Beria mendakwa Poskrebyshev atas hilangnya beberapa dokumen rahasia, dan ia akhirnya diberhentikan dari posisinya. Meskipun dokumen-dokumen yang hilang itu akhirnya ditemukan, Poskrebyshev tetap tidak dipulihkan ke jabatannya semula karena Stalin telah wafat[9].

Setelah kematian Stalin, jabatannya dikembalikan semula, namun pada akhir tahun 1952, ia kembali dipecat dan otomatis mengakhiri karir politiknya[8][9][10].

Bidang Khusus Partai Komunis Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

Poskrebyshev terkenal karena ia menjabat sebagai Ketua Bidang Rahasia/Khusus Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet. Poskrebyshev dipromosikan ke jabatan itu pada tahun 1930. Ruang lingkup pekerjaannya di Komite Khusus adalah bertanggungjawab atas koordinasi pekerjaan Politbiro Komite Pusat, Sekretariat Komite Pusat, Biro Organisasi Komite Pusat, dan Biro Enkripsi[16].

Stafnya di Bidang Khusus termasuk Kepala Seksi Khusus, Wakil Ketua Seksi Khusus dan Manajer, Perwakilan anggota Sekretariat Komite Pusat dengan kantor administrasinya, Kantor Administrasi Politbiro, Kantor Administrasi Biro Organisasi, Kantor Administrasi Biro Enkripsi, Kantor Administrasi Pengarsipan dan Pencatatan. Jumlah staf di Bidang Khusus Partai Komunis Uni Soviet diperkirakan melampaui seratus orang staf.

Tugas pokok dari Bidang Khusus adalah memanajemen Partai Komunis Uni Soviet dan dokumen-dokumen penting negara termasuk dokumen rahasia, persiapan untuk dokumen-dokumen Politbiro, Sekretariat Komite Pusat, Biro Organisasi Komite Pusat, persiapan resolusi unit-unit yang ada di Partai Komunis dan pengimplementasian resolusi yang dikeluarkan oleh unit-unit tersebut. Karena alasan ini, para staf Bidang Khusus sewaktu-waktu dapat menjadi tersangka konspirasi. Tugas dan fungsi pokok staf Bidang Khusus juga dirahasiakan bahkan dari keluarga dari para staf juga tidak boleh mengetahuinya[16]. Kebocoran informasi yang berkaitan dengan tugas pekerjaan dan/atau dokumen rahasia menjadi alasan penghukuman anggota staf Bagian Rahasia/Khusus tanpa pengadilan perdata.

Selain itu tugas dari Bidang Khusus ini adalah melaksanakan kontrol yang berkaitan dengan kondisi penempatan dokumen rahasia dan pengunaannya, melakukan investigasi atas pelanggaran-pelanggaran, penggunaan dan penempatan dokumen rahasia yang bekerja sama dengan Komisariat Rakyat untuk Keamanan Dalam Negeri dan Polisi Rahasia dalam melakukan investigasi atas bocornya informasi rahasia, mengembangkan instruksi penanganan dokumen rahasia, enkripsi, pengarsipan dan tugas-tugas lain yang terkait dengan penanganan informasi rahasia[16].

Di tahun 1933, Bidang Khusus ditugasi untuk bekerja dibawah arahan Stalin atau Kaganovich jika Stalin tidak berada ditempat.

Pada tahun 1935, Poskrebyshev juga diberikan tanggung jawab sebagai Direktur Administrasi Sekretaris Jenderal menggantikan Ivan Tovstukha yang wafat[17][18][19]. Sebagai Direktur Administrasi Sekretaris Jenderal Partai, semua dokumen yang akan diberikan kepada Stalin harus diperiksa terlebih dahulu oleh Poskrebyshev[20]. Jabatannya ini dipandang sebagai jabatan yang paling penting dan paling dipercaya oleh Stalin. Nicolaevsky percaya bahwa Poskrebyshev diberikan stempel karet dengan tujuan untuk membubuhkan tanda tangan Stalin pada dokumen-dokumen yang ada[21].

Bidang Khusus juga menerima informasi dari Komisariat Rakyat untuk Keamanan Dalam Negeri dan mengawasi piramida distrik Bidang Khusus yang akan melaporkan informasi partai. Bidang Khusus juga pada dasarnya bertanggung jawab atas komunikasi rahasia dan masalah keamanan dalam partai, sehingga itulah alasan mengapa bidang ini sangat penting[19].

Pentingnya posisi Poskrebyshev juga semakin bertambah pada era Perang Dunia II[22], dimana ia mendapat peran penting sebagai organisator Stalin dan sebagai penghubung antara Stalin dan para jenderal-jenderalnya seperti Georgy Zhukov[23].

Pembersihan Besar-Besaran[sunting | sunting sumber]

Menurut penyelidikan kelompok oposisi Rusia "Memorial", daftar terpidana yang akan dibersihkan tidak dikelola oleh Sektor Khusus Komite Sentral[24]. "Memorial" juga mengatakan bahwa Nikolai Yezhov bertanggung jawab mendatangi semua anggota Politbiro untuk mendapatkan pengesahan daftar terpidana yang akan dibersihkan dalam Pembersihan Besar-Besaran.

Nikolaevsky menyakini bahwa Poskrebyshev bertanggung jawab karena "hubungannya dengan Stalin dan mengawasi pemecatan tokoh-tokoh penting yang, karena satu dan lain alasan, Stalin tidak ingin mereka ditangkap secara terbuka olehnya", dan untuk "pengawasan Sekretariat Partai"[25]. Masih menjadi ketidakjelasan dokumen atau rujukan apa yang digunakan sebagai sumber dakwaan ini dan siapa pejabat yang Stalin pecat melalui Poskresbyshev dan Bidang Khususnya. Pembersihan para individu-individu yang berada di luar Eropa adalah ruang lingkup tugas Bidang Khusus, kecuali orang-orang ini adalah anggota Sektor Khusus. Bahkan dalam kasus terakhir, jumlah anggota Bidang Khusus dibatasi dan nasib sebagian besar dari mereka tidak diketahui karena dirahasiakan.

Spekulasi-spekulasi ini juga kontras dengan sejarah dari istri kedua Poskrebyshev dan para individu-individu yang berhubungan dengannya, serta kesaksian putrinya Natalia[26][27]. Ibu Natalia, Bronislava Poskrebysheva ditangkap pada tahun 1939[28]. Pada waktu itu Poskrebyshev sebagaimana para pejabat utama Uni Soviet lainnya (sebagai contoh Vyacheslav Molotov dan Mikhail Kalinin) tidak mampu menolong istrinya. Bronislava dituduh oleh Lavrentiy Beria sebagai seorang penghubung kontra-revolusi yang bekerja sama dengan Leon Trotsky dan dieksekusi pada tahun 1941. Kasus seperti ini tidak mungkin muncul dalam kasus individu yang memainkan peran utama dalam melakukan pembersihan. Sebaliknya, peran utama Beria dalam pembersihan lebih terlihat. Penangkapan istri Poskrebyshev memungkinkan dia untuk mengeluarkan Poskrebyshev dari lingkaran dalam Stalin dan menggantikannya dengan seseorang yang dikendalikan oleh Beria. Dalam skenario ini, langkah selanjutnya adalah kontrol total atas Stalin oleh Beria.

Poskrebyshev juga bukan merupakan sekutu Nikolai Yezhov tapi beberapa urusan kerja sama pemerintahan diperkirakan karena keanggotaan Nikolai Yezhov dalam Sekretariat Komite Pusat[29]. Mungkin dia telah mengumpulkan permusuhan dari Beria dengan mempelopori penyelidikan korupsi aparat NKVD Georgia — yang saat itu dipimpin oleh Beria — pada tahun 1938[30].

Keterlibatan Poskrebyshev dalam pembersihan para pejabat partai diasumsikan oleh Parrish berdasarkan kasus M.P. Mager. "Pada 6 Juni 1941, Poskrebyshev menulis sebuah laporan kepada Komite Pusat yang mendakwa M.P. Mager (Kepala Staf Distrik Militer Leningrad) telah ditangkap pada 1938"[31]. Namun peran Poskrebyshev dalam kasus ini masih tidak jelas. Berdasarkan pada catatan Komisi Presidium Komite Pusat Partai Komunis[32], Mager ditangkap dibawah resolusi Menteri Pertahanan Uni Soviet, yang dibenarkan oleh Semyon Timoshenko pada Maret 1941. Mager juga dituduh melakukan konspirasi militer melawan Uni Soviet. Pada 15 Mei 1941, Mager menuliskan surat pembelaan dirinya kepada Stalin dan menyatakan bahwa ia tidak bersalah. Pada 6 Juni 1941, surat Mager telah dikirimkan ke Poskrebyshev dan kemungkinan besar telah sampai kepada Stalin. Meskipun demikian, pada tanggal 20 Juli 1941,Mahkamah Agung Militer Uni Soviet membuat keputusan terkait kasus Mager: yaitu dijatuhi hukuman mati (Mager direhabilitasi pada tahun 1955).

Sebagai catatan, Poskrebyshev juga menyelamatkan banyak seniman dan ilmuwan Uni Soviet dari pembersihan dan eksekusi matinya[27].

Pemberantasan Kosmopolitanisme[sunting | sunting sumber]

Partisipasi Poskrebyshev dalam Mahkamah Kehormatan di tahun 1947 dan 1948 disebutkan oleh Michael Parrish tidak didukung oleh sumber-sumber lain[33]. Klaim asli Parrish juga masih tidak jelas, karena ia tidak pernah merujuk kepada sumber-sumber resmi. Poskrebyshev berpartipisasi dalam Mahkamah Kehormatan pada bulan Januari 1947 dalam sebuah diskusi publikasi Georgi Fedorovich Alexandrov yang berjudul History of Western Philosophy[34]. Hasil diskusi sesi pertama ini dikritisi oleh Andrei Zhdanov pada bulan April 1947[34], setelah publikasi resolusi Dewan Menteri dan Komite Pusat Uni Soviet tertanggal 28 Maret 1947, "Berkenaan dengan Mahkamah Kehormatan pada Departemen Kementerian Uni Soviet dan Departemen Kementerian yang ada di negara-negara bagian"[35] mengenalkan sebuah Mahkamaha Kehormatan di Uni Soviet. Zhdanov yang kecewa dengan hasil diskuso sesi pertama ini, kemudian menyelenggarakan sesi diskusi kedua yang dilaksanakan pada 16-25 Juni 1947[34][36]. Poskrebyshev tidak disebutkan terlibat dalam sesi diskusi kedua ini, yang mana hasil diskusinya malah lebih radikal.

Poskrebyshev juga disebutkan dalam hubungan pekerjaannya dengan ilmuwan Soviet N.G. Klueva dan G.I. Roskin[37], yang berpartisipasi dengan salah satu dari kasus Mahkamah Kehormatan di bulan Juni 1947. Pada bulan April 1946, Poskrebyshev fokus pada perhatian Stalin atas permasalahan teknis dalam penelitian obat anti-kanker yang disebutkan oleh Klueva dan Roskin. Sebuah laboratorium untuk mempelajari obat anti-kanker dibuat pada 22 April 1946, dan peralatan tlaboratorium ersebut dipesan melalui Dewan Menteri Uni Soviet[37].

Kemiliteran[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan Poskrebyshev di militer seluruhnya terdiri dari pekerjaan politik. Ia mulai menjadi Komisar Politik di Turkestan dan melayani departemen politik di distrik Komite Militer Revolusioner antara tahun 1918 sampai 1919. Selama Perang Dunia II, Poskrebyshev menghadiri sebagian besar pertemuan Komando Tinggi Soviet, dan menjaga hubungan antara Stalin dan para Jenderal Soviet[38]. Poskrebyshev dipromosikan menjadi Mayor Jenderal pada Juli 1946.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Poskrebyshev dikatakan bekerja selama delapan belas jam dalam sehari, untuk menjadi penyelenggara kegiatan dan mengikuti Stalin kemanapun ia pergi[39][40].

Berdasarkan dari penuturan anaknya Natalia, "Poskrebyshev bekerja selama hampir dua puluh empat jam dalam sehari selama Perang Dunia II. Ia biasanya pulang pada pukul 5 pagi dan kembali bekerja pada jam 10 pagi. Orang-orang yang kenal dengan Poskrebyshev menyebutnya sebagai 'ensiklopedia hidup' karena ia selalu dapat menjawab segala pertanyaan"[41].

Poskrebyshev menikah dengan tiga orang wanita dan memiliki tiga orang anak dari tiga istrinya.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Poskrebyshev pertama kali menikah dengan seorang revolusioner berkebangsaan Polandia, Stankevich Jadwiga Ippolitovna. Pernikahannya yang pertama berlangsung selama sepuluh tahun dari tahun 1919 sampai dengan 1929. Ippolitovna wafat pada tahun 1937 karena terkena tuberkolusis. Pada tahun 1934 Poskrebyshev menikahi Bronislava Solomonovna Metallikova-Poskrebysheva yang memberinya seorang anak perempuan yang bernama Natasha. Bronislava juga telah memiliki seorang anak yang bernama Galya dari pernikahannya sebelumnya. Bronislava ditangkap pada tahun 1939 dan dieksekusi pada tahun 1941. Stalin mengabaikan permohonan Poskrebyshev untuk membebaskan istrinya dan malah menawarkan Poskrebyshev untuk menikah lagi[42][43], sehingga Poskrebyshev kembali menikah ditahun 1942 dan memiliki anak yang bernama Elena.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Saat Stalin mulai mempekerjakan Posrebyshev untuk pertama kalinya, Stalin kononnya mengatakan kepada Poskrebyshev "Poskrebyshev, kamu kelihatan sangat menakutkan, Kamu akan menakuti-nakuti orang dengan penampilanmu". Namun berdasarkan penuturan dari Sergo Beria (anak Lavrenti Beria) "Sebenarnya penampilan Poskrebyshev lebih lucu dibandingkan dengan menakutkan. Dia kelihatan seperti seorang kurcaci berbahu sempit. Ketika dia duduk di meja, Kamu hanya bisa melihat kepalanya. Sangat jelek, dia mirip monyet"[44]. Alexander Barmine, yang pertama kali bertemu Poskrebyshev pada tahun 1923, menggambarkan Poskrebyshev sebagai " seorang roly-poly, pria kecil botak berpipi merah ... (yang) menjadi penting dan sombong selama lima belas tahun aku mengenalnya"[45]. Khrushchev menyebut Poskrebyshev sebagai "anjing kepercayaan Stalin" dan menuliskan hal itu di tahun 1952 :

Semua orang tahu persis siapa Poskrebyshev dan takut serta menghindarinya. Dia bukan orang bodoh, tetapi dia telah mengumpulkan begitu banyak kekuatan sehingga dia mulai mengudara. Dia berperilaku angkuh dengan semua orang dan benar-benar bertingkah tercela dengan anggota Presidium yang tidak disukai Stalin. Dia biasa menggeram dengan kejam pada Molotov dan Mikoyan, misalnya, ketika mereka sedang dimarah Stalin. Poskrebyshev bisa sangat ofensif.[46]

Hubungan dengan Stalin[sunting | sunting sumber]

Molotov, Stalin, dan Poskrebyshev pada pelaksanaan Kongres Partai Komunis Uni Soviet XVII

Poskrebyshev memiliki hubungan yang dekat dengan Stalin dan berdasarkan dari penuturan Harford Montgomery Hyde, "jika Stalin pernah memercayai seseorang, orang tersebut adalah Poskrebyshev"[47]. Hal ini sesuai dengan penuturan Natalia Poskrebysheva yang mengatakan bahwa hubungan Stalin dan Poskrebyshev seperti seorang kawan jika mereka sedang tidak bekerja namun mereka akan saling bekerja sama dan menghormati satu sama lainnya jika sedang bekerja[48][49].

Spekulasi yang dilaporkan dari saksi mata tak dikenal mengenai penghinaan yang ditujukan kepada Poskrebyshev oleh Stalin harus dianggap sebagai gosip sederhana[50][49]. Karena sikap tunduk yang dirasakan ini, Poskrebyshev menjadi sasaran serangkaian lelucon di kalangan petinggi Partai[51].

Sebagai bagian dari pekerjaannya sebagai seorang sekretaris pribadi, Poskrebyshev menurunkan dikte Stalin dan menulis diarinya[52]. Dia juga merupakan orang yang harus pertama kali ditemui oleh siapa pun yang ingin melihat pemimpin Soviet. Ketika Stalin berada di dacha-nya yang berada di Kaukasus, para pengunjung dapat mengunjungi Stalin apabila mereka telah diizinkan secara khusus oleh Poskrebyshev dan Nikolai Vlasik, kepala pengawal Stalin[53].

Berdasarkan penuturan Poskrebyshev, Stalin pernah memerintahkan supaya janda Lenin, Nadezhda Krupskaya diracun saat pesta perayaan ulang tahunnya. Abu Krupskaya kemudian dikuburkan di Nekropolis Tembok Kremlin[54][55].

Kejatuhan, Pensiun dan Kematian[sunting | sunting sumber]

Stalin memberhentikan Poskrebyshev dari jabatannya di Bidang Khusus dan perannya sebagai Sekretaris Pribadinya pada tahun 1952, dibawah tekanan dari Lavrenti Beria[56][57]. Pada tahun 1953, Poskrebyshev diberhentikan dari kegiatan politik aktif dan dipaksa pensiun setelah terlibat dalam Plot Dokter[56][57]. Ia dituduh terlibat dalam konspirasi tersebut bersama Viktor Abakumov[58].

Setelah kematian Stalin dan Beria, Poskrebyshev direhabilitasi dan diberikan kedudukan di Presidium Komite Pusat. Setelah Kongres Ke XX, ia kembali dikecam oleh Khrushchev dan pensiun kembali untuk selamanya dari dunia perpolitikan Uni Soviet dan tinggal di Moskwa selama sisa hidupnya[59]. Poskrebyshev wafat pada 3 Januari 1965. Ia mendapatkan sebuah entri di Ensiklopedia Soviet Raya edisi ke-1 dan ke-2 namun tidak dimasukkan kedalam edisi ke-3.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Мой отец Александр Николаевич ПОСКРЕБЫШЕВ. 30 лет со Сталиным. Интервью с Поскрёбышевой Н.А.
  2. ^ Rappaport, Helen (1999). Joseph Stalin: A Biographical Companion. ABC-CLIO. hlm. 209. ISBN 1-57607-084-0. 
  3. ^ Hochschild, Adam (2003). The Unquiet Ghost. Houghton Mifflin Harcourt. hlm. 108. ISBN 0-618-25747-0. 
  4. ^ Payne, Robert (1965). The rise and fall of Stalin. Simon and Schuster. hlm. 108. 
  5. ^ Поскрёбышев Александр Николаевич (1891-1965). Могилы Знаменимостей (dalam bahasa Rusia). 5 June 2007. Diakses tanggal 9 July 2009. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama My father2
  7. ^ Joint Publications Research Service report, 1989. p. 70.
  8. ^ a b c d e f Большие родители. 1 канал Российского телевидения, 2003. Интервью с Поскрёбышевой Н.А. Diarsipkan 2010-10-27 di Wayback Machine.
  9. ^ a b c d e f g Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama My father3
  10. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Necropol
  11. ^ Salisbury, Harrison E. (1967). The Soviet Union: the fifty years. Harcourt, Brace & World. hlm. 21. 
  12. ^ "Справочник по истории КПСС". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-21. Diakses tanggal 2011-03-18. 
  13. ^ Birstein, Vadim (2004). The perversion of knowledge: The true story of Soviet science. Westview. hlm. 416. ISBN 0-8133-4280-5. 
  14. ^ [Ермакова Людмила. интервью с Натальей Александровной Поскрёбышевой: Мой отец написал конституцию. Сталинскую, 2000, Москвичка, 3, стр 11]
  15. ^ Wieczynski, Joseph L.; Rhyne, Gerge N., ed. (1976). The modern encyclopedia of Russian and Soviet historyPerlu mendaftar (gratis). Academic International Press. hlm. 97. ISBN 0-87569-064-5. 
  16. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Archive
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Биография2
  18. ^ Товстуха Иван Павлович. cultinfo.ru (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 November 2007. Diakses tanggal 9 July 2009. 
  19. ^ a b Kershaw, Ian; Lewin, Moshe, ed. (1997). Stalinism and Nazism: dictatorships in comparison. Cambridge University Press. hlm. 32–33. ISBN 0-521-56521-9. 
  20. ^ Khrushchev, Sergei (2006). Memoirs of Nikita Khrushchev. Penn State Press. hlm. 121. ISBN 0-271-02861-0. 
  21. ^ Nicolaevsky, B (1953). "Stalin's Personal Secretariat". Blinken Open Society Archives. Diakses tanggal 8 September 2021. 
  22. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Encyc2
  23. ^ Salisbury, Harrison E., ed. (1969). Marshal Zhukov's greatest battlesPerlu mendaftar (gratis). Harper & Row. hlm. 131. ISBN 0-8154-1098-0. 
  24. ^ Memorial
  25. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama OSA2
  26. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama My father4
  27. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama TV Interview2
  28. ^ Rappaport, p. 210.
  29. ^ Parrish, Michael (1996). The lesser terror. Greenwood Publishing Group. hlm. 5. ISBN 0-275-95113-8. 
  30. ^ The Soviet Secret Police. Frederick A. Praeger, Inc. 1957. hlm. 56. 
  31. ^ Parrish, p. 39.
  32. ^ records of commission of Presidium of Central Committee of Communist Party [1]
  33. ^ Parrish p. 215.
  34. ^ a b c Дело академика Г.Ф.Александрова.Эпизоды 40-х годов.Г.С.Батыгин, Н.Ф.Девятко [2]
  35. ^ О Судах чести в министерствах СССР и центральных ведомствах
  36. ^ Philosophic Discussion Философская дискуссия 1947 года
  37. ^ a b Дедо КР
  38. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Zhukov2
  39. ^ Conquest, Robert (1991). Stalin, breaker of nations. Viking. hlm. 127. ISBN 0-670-84089-0. 
  40. ^ Payne, p. 531.
  41. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama My father5
  42. ^ Ilic, Melanie J. (2006), Ilic, Melanie J., ed., The Forgotten Five Per Cent: Women, Political Repression and the Purges (dalam bahasa Inggris), Palgrave Macmillan, hlm. 116–139, diakses tanggal 2022-01-10 
  43. ^ Montefiore, Simon S. (2005). Stalin: The Court of the Red Tsar. Vintage Books. hlm. 318. ISBN 1-4000-7678-1. 
  44. ^ Beria, Sergo (2001). Beria, My Father: Inside Stalin's Kremlin. London: Duckworth. hlm. 141. ISBN 0-7156-3062-8. 
  45. ^ Barmine, Alexander (1945). One Who Survived. New York: G.P.Putnam's Sons. hlm. 261. 
  46. ^ Khrushchev, Nikita (1971). Khrushchev Ingat. London: Sphere. hlm. 241–42. 
  47. ^ Hyde, Harford M. (1971). Stalin: the history of a dictator. Hart-Davis. hlm. 241. ISBN 0-246-64053-7. 
  48. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama My father6
  49. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama TV Interview3
  50. ^ Graham, James (1994). Vessels of rage, engines of power. Aculeus Press. hlm. 188–189. ISBN 0-9630242-2-1. 
  51. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Rappaport p. 2102
  52. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama SKhrushchev2
  53. ^ Service, Robert (2005). Stalin: a biography. Harvard University Press. hlm. 573. ISBN 0-674-01697-1. 
  54. ^ Toxic Politics: The Secret History of the Kremlin's Poison Laboratory―from the Special Cabinet to the Death of Litvinenko by Arkadi Vaksberg and Paul McGregor, ABC-Clio, ISBN 031338746X, pages 75-81
  55. ^ Yuri Felshtinsky and Vladimir Pribylovsky, The Corporation. Russia and the KGB in the Age of President Putin, Encounter Books, ISBN 1-59403-246-7, February 25, 2009, page 445.
  56. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Necropol3
  57. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Rappaport p. 2103
  58. ^ Deriabin, Peter (1998). Inside Stalin's Kremlin. Brassey's. hlm. 79. ISBN 1-57488-174-4. 
  59. ^ "Speech to the 20th Congress of the C.P.S.U." marxists.org. 24–25 February 1956. Diakses tanggal 9 July 2009.