Alas (geometri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerangka limas dengan alasnya.

Dalam geometri, alas adalah suatu sisi poligon, atau merupakan suatu muka polihedron. Secara khusus, alas merupakan suatu bidang yang tegak lurus dengan garis tinggi. Istilah "alas" umumnya dipakai di bangun datar seperti segitiga, jajar genjang, trapesium; dan bangun ruang seperti tabung, kerucut, limas, balok jajar genjang, dan frustum.

Peran dalam perhitungan luas dan volume[sunting | sunting sumber]

Secara umum, alas digunakan (bersama dengan garis tinggi) untuk menghitung luas bangun datar dan volume bangun ruang. Sebagai contoh, penggunaan alas dipakai dalam luas jajar genjang atau volume prisma, yang dapat dihitung dengan mengalikan alas-nya dengan garis tinggi. Demikian pula, luas segitiga dan volume kerucut (atau limas) dihitung sebagai pecahan dari hasil kali alas dan garis tingginya. Ada beberapa bangun datar, seperti trapesium dan frustum, yang mempunyai dua alas yang sejajar, dan kedua bangun datar tersebut digunakan untuk menghitung luasnya angka.[1]

Alas diperluas segitiga[sunting | sunting sumber]

Garis tinggi segitiga yang digambar dari titik memotong alas diperluas segitiga di titik (titik yang berada di luar segitiga).

Terdapat sebuah kasus istimewa dari sisi diperluas, yaitu alas diperluas segitiga (Inggris: extended base of a triangle). Alas diperluas segitiga adalah suatu garis yang mengandung alas segitiga. Alas diperluas ini merupakan garis yang penting dalam segitiga tumpul, sebab garis tinggi dari titik sudut bersudut lancip merupakan sudut luas dari segitiga, dan garis tinggi segitiga tegak lurus memotong alas diperluas segitiga yang berhadapan (bukan alas segitiga).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jacobs, Harold R. (2003). Geometry: Seeing, Doing, Understanding (edisi ke-3). New York City: W. H. Freeman and Company. hlm. 281. ISBN 978-0-7167-4361-3.