Polihedron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam geometri, polihedron adalah bentuk tiga dimensi dengan wajah poligon datar, tepi lurus dan sudut tajam atau simpul. Kata polyhedron berasal dari bahasa Yunani Klasik πολύεδρον, sebagai poli- (batang dariπολύς, "banyak") + -hedron (bentuk ἕδρα, "dasar" atau "kursi").

Cembung polihedron adalah cembung dari banyak poin, tidak semua pada bidang yang sama. Kubus dan piramida adalah contoh poliedra cembung.

Politop cembung didefinisikan dengan baik, dengan beberapa definisi standar yang setara. Namun, definisi matematis formal polihedra yang tidak harus cembung telah menjadi masalah. Banyak definisi "polyhedron" telah diberikan dalam konteks tertentu,[1] beberapa lebih keras daripada yang lain, dan tidak ada kesepakatan universal mengenai mana yang akan dipilih. Beberapa definisi ini mengecualikan bentuk-bentuk yang sering dihitung sebagai polihedra (seperti polihedra yang melintasi sendiri) atau termasuk bentuk-bentuk yang sering tidak dianggap sebagai polihedra yang valid (seperti padatan yang batas-batasnya tidak berlipat ganda).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lakatos, Imre (2015) [1976], Proofs and Refutations: The logic of mathematical discovery, Cambridge Philosophy Classics, Cambridge: Cambridge University Press, hlm. 16, doi:10.1017/CBO9781316286425, ISBN 978-1-107-53405-6, MR 3469698, definitions are frequently proposed and argued about .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]