Ahmad Rofiq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ahmad Rofiq
Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
Mulai menjabat
7 Februari 2015
Ketua UmumHary Tanoesoedibjo
Sebelum
Pendahulu
Jabatan baru
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir25 Agustus 1975 (umur 48)
Paciran, Lamongan
Partai politikPMB (2006-2010)
NasDem (2011-2013)
Perindo (2015-sekarang)
Suami/istriSufatmanilawati Rosmalasari
Anak2
Alma materUniversitas Muhammadiyah Malang
PekerjaanPolitisi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Ir. Ahmad Rofiq (lahir 25 Agustus 1975) adalah sorang politisi Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Partai Matahari Bangsa pada Tahun 2006-2010. Ia juga merupakan salah satu Deklarator Ormas Nasional Demokrat (Indonesia) bersama dengan 45 tokoh nasional lainnya. Ormas ini didirikan oleh Surya Paloh pada tahun 2010, hingga Pada Tahun 2011 Ormas ini berubah menjadi partai politik dengan nama Partai NasDem ia dipercaya untuk menduduki jabatan Sekretaris Jenderal. Dan pada Tahun 2013 bersama Hary Tanoesoedibjo ia mendirikan Ormas Perindo (Persatuan Indonesia) yang merupakan cikal bakal lahirnya Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Ahmad Rofiq merupakan salah satu sosok yang masuk dalam daftar tim sukses calon presiden Joko Widodo dan Ma'aruf Amin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang diadakan pada tahun 2019. Ahmad Rofiq menjabat sebagai Wakil Sekertaris.

Ahmad Rofiq juga menjabat menjadi Komisaris Independen dari PT MNC Sky Vision terhitung sejak tanggal 30 Oktober 2014. Selain jabatan-jabatan diatas, dia juga menjabat sebagai Komisaris di PT Varaz Utama Cargo Tour & Travel pada tahun 2007 dan menjadi Direktur dari PT Syahravaraz Trans pada tahun yang sama.

Sebelum menjabat menjadi Sekjen DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ahmad Rofiq memulai kariernya di dunia politik saat mendirikan Partai Matahari Bangsa, bekerja sama dengan Surya Paloh, bergabung dengan Hari Tanoesoedibjo di Partai Hanura, dan terakhir di Partai Perindo.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Teknik Elektro (1994-2000)
  • SMU Muhammadiyah Lamongan
  • SMP Muhammadiyah Lamongan
  • Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Tlogosadang Lamongan

Riwayat Organisasi[sunting | sunting sumber]

Riwayat Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ahmad Rofiq". tirto.id. Diakses tanggal 2023-06-03.