Acanthocereus tetragonus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Acanthocereus tetragonus adalah spesies tumbuhan kaktus dari keluarga Cactaceae. Tumbuhan ini asli dari Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan, Dan sekarang menjadi spesies invasif di Kaledonia Baru.

Acanthocereus tetragonus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN152925
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliCactaceae
SubfamiliCactoideae
TribusPachycereeae
GenusAcanthocereus
SpesiesAcanthocereus tetragonus
Hummelinck, 1938
Tata nama
BasionimCactus tetragonus
Sinonim taksonAcanthocereus pentagonus (L.) Britton & Rose

Acanthocereus pitajaya Croizat
Cactus pentagonus L.
Cactus tetragonus L.

Cereus pentagonus (L.) Haw.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kaktus ini sangat berduri. Tumbuhan ini membentuk semak belukar dan memiliki batang hingga 10 kaki atau lebih tinggi. Batang Tumbuhan ini berwarna Hijau tua dan memiliki diameter 8 centimeter.[1] batangnya memiliki 3-5 sisi atau segi. Bunganya mencolok berwarna putih dengan bagian tengahnya berwarna merah tua dan jingga atau merah-jingga. Bunga ini mekar ketika malam dan menutup pada siang hari. Kaktus ini mekar beberapa kali setahun dan beberapa minggu pada satu waktu. Kaktus ini sering membuat semak belukar di pesisir pantai dan tidak dapat ditembus dan berduri.[2] Bunga tumbuhan ini berdiameter 14-20 centimeter dengan diameter 8-15 centimeter. Bunga ini mengundang Ngengat Hemaris sp. Buahnya berwarna Merah mengkilap dan berukuran 5 centimeter.

Bunga Acanthocereus tetragonus
Tunas muda dari Acanthocereus tetragonus kultivar "Fairy Castle" atau "Kaktus Candi"

Kultivar[sunting | sunting sumber]

Kaktus Candi atau Fairy Tale Cactus adalah miniatur Kultivar dari spesies ini. Banyak cabang melengkung yang membuatnya mirip dengan Turret dari sebuah Kastel.[3][4]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Batang muda dari tumbuhan ini bisa dimakan sebagai sayuran dan dapat dimakan baik mentah maupun dimasak. Sementara Buahnya dapat dimakan dan memiliki rasa Manis. Tumbuhan ini kadang kadang dijadikan sebagai Tumbuhan hias dan Pagar Hidup. Miniatur Kultivar spesies ini, Kaktus Candi biasanya dijadikan Tanaman hias karena bentuknya yang imut dan unik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anderson, Edward F (2001). The Cactus Family. Timber Press. hlm. 107–108. ISBN 978-0-88192-498-5. 
  2. ^ "Acanthocereus tetragonus (L.) Humm". Native Plant Information Network. Lady Bird Johnson Wildflower Center. Diakses tanggal 27 April 2022. 
  3. ^ Lemke, Cal. "Acanthocereus tetragonus 'Fairy Castles' - Fairy Castle Cactus". Cal's Plant of the Week. Diakses tanggal 27 April 2022. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Cereus cv. Fairy Castle". Diakses tanggal 27 April 2022.