A&W Root Beer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
A&W Root Beer
A&Wrootbeer.JPG
Jenisminuman Edit the value on Wikidata
AsalAmerika Serikat Edit the value on Wikidata
Diperkenalkan1919 Edit the value on Wikidata
ProdusenDr Pepper Snapple Group (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata

A&W Root Beer adalah merek minuman jenis root beer yang terutama tersedia di Amerika Serikat dan Kanada. Ditemukan pada 1919 oleh Roy W. Allen[1], Allen bermitra dengan Frank Wright pada 1922. Mereka mengkombinasikan inisial mereka untuk membuat merek "A&W" dan menginspirasi terbentuknya restoran waralaba A&W pada tahun yang sama. Aslinya, minuman A&W root beer dijual dengan harga lima sen[2].

Di luar Kanada, hak merek A&W dimiliki oleh Keurig Dr Pepper yang memberikan lisensi merek tersebut ke rantai restoran yang berbasis di Amerika Serikat, produk A&W didistribusikan melalui beragam perusahaan pembotolan di Amerika Serikat. A&W Food Service of Canada yang berdiri secara independen bertanggung jawab terhadap bisnis restoran dan pemasaran produk root beer di Kanada[3], yang penjualan produk botol retail dan distribusinya dilakukan oleh Coca-Cola Company. Variasi produk di Amerika Serikat dijual sebagai barang impor ke Asia Tenggara dan Italia (dimana terdapat restoran A&W) serta di Australia, Chili, dan negara-negara lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 20 Juni 1919, Roy W. Allenmembuka kios pinggir jalan yang menjual root beer di Lodi, California, menggunakan formula yang dia beli dari seorang apoteker[4]. Ia kemudian membuka toko di Stockton, California dan lima toko lainnya dekat Sacramento, rumah dari layanan pertama drive-in yang menyediakan "tray-boys" untuk layanan pinggir jalan. Pada 1920, Allen bermitra dengan Frank Wright dan mengkombinasikan inisial nama mereka untuk merek minuman mereka yaitu A&W Root Beer. Banyak orang yang keliru bahwa A&W merupakan singkatan untuk Alice and Willard Marriott. Kekeliruan ini muncul karena bisnis pertama Marriot adalah toko waralaba A&W[5].

Pada 1924, Allen membeli kepemilikan Wright dan mendapatkan merek dagang dan mulai menjual waralaba restoran. A&W menjadi salah satu waralaba restoran pertama di Amerika Serikat. Pemilik waralaba bisa menggunakan merek dan logo A&W serta membeli konsentrat sirup root beer dari Allen. Sampai dengan 1933, terdapat lebih dari 170 restoran waralaba A&W. Tidak ada kesamaan menu, arsitektur restoran atau prosedur yang sama antara restoran waralaba, dan ada beberapa yang memutuskan untuk menjual makanan dengan root beer[4].

Restoran waralaba mengalami kesulitan saat kekurangan tenaga kerja dan penjatahan gula saat Perang Dunia II, tetapi setelah perang, jumlah waralaba A&W meningkat pesat karena program kredit pemerintah untuk tentara (GI Loans) membuka jalan tumbuhnya perusahaan privat. Didorong popularitas kendaraan dan masyarakat yang sering berpergian, lebih dari 450 restoran A&W Root Bear beroperasi pada 1950. Pada waktu yang sama, Allen pensiun dan menjual bisnisnya kepada pengusaha asal Nebraska bernama Gene Hurtz, yang membentuk perusahaan A&W Root Beer Company. Restoran waralaba A&W di Kanda buka pada 1956.

Pada 1960, jumlah restoran A&W terus tumbuh menjadi lebih dari 2.000 cabang. Pada 1963, A&W Root Beer Company dijual ke J. Hungerford Smith Company, yang telah memproduksi konsentrat untuk Allen sejak 1921. Pada tahun yang sama restoran A&W di luar negeri buka di Guam

Pada 1963, perusahaan dijual kepada United Fruit Company yang kemudian berubah nama menjadi United Brands Company. Pada 1971, United Brands mendirikan anak perusahaan bernama A&W Distributing Co. untuk menyediakan A&W Root Beer dalam bentuk botol yang dijual di toko-toko. Setelah melakukan uji coba di Arizona dan California, produk didistribusikan secara nasional bersamaan dengan versi sugar-free, low-sodium, dan caffeine-free. Pada 1974, A&W memperkenalkan "The Great Root Beer", maskot yang menjadi duta untuk A&W.

Pada akhir 1970an, A&W Restaurant didirikan untuk menanggani waralaba restoran yang kemudian di beli pada 1982 oleh A. Alfred Taubman.

The Bear dan jingle Tuba menjadi materi kampanye jangka panjang (jingle berjudul "Ba-Dum, Ba-Dum" dirilis sebagai single oleh Attic Record, yang dikreditkan kepada "Major Ursus", yang memerankan Ursa Major atau "great bear"). Komposer ternama asal Kanada dan pemenang B.C. Hall Of Fame Robert Buckley membantu menciptakan lagu tersebut. Maskot sangat sukses, bahkan diadopsi sebagai maskot untuk waralaba A&W di Amerika Serikat. Jingle tuba yang terkenal dimainkan oleh musisi jazz terkenal asal Vancouver, pemain trombon berpengalaman bernama Sharman King. King juga tampil pada iklan waralaba toko buku diskon "Book Warehouse" yang ia miliki.

Pada 1986, A&W Cream Soda dan A&W Diet Cream Soda diperkenalkan dan didistribusikan secara nasional di Amerika Serkiat, diikuti formulasi ulang sugar-free A&W menjadi Diet A&W.

Pada Oktober 1993, A&W Beverages direstrukturisasi ke dalam Cadbury Beverages. Perusahaan tersebut melakukan pemisahan bisnis untuk bisnis minuman ringan di Amerika Serikat melalui Keurig Dr Pepperpada 2008.

Pada Maret 2005, A&W mulai menggunakan botol vintage, botol berukuran 20 ons dengan grafik yang mengingatkan pembeli terhadap tong root beer klasik. Tagline A&W sekarang adalah "Classic American Refreshment since 1919".

Pada Juli 2017, A&W Kanada memformulasikan ulang resep root beer, dengan tidak menggunakan sirup jagung fruktosa tinggi dan beberapa rasa dan menggantinya dengan sukrosa, akar sarsaparilla, akar manis, birch bark, dan adas manis. Mereka meluncurkan formula baru dengan kampanye "Free Root Beer Day", melayani A&W Root Beer gratis di seluruh Kanada pada 22 Juli 2017[6].

Merek[sunting | sunting sumber]

  • A&W Sugar-free Root Beer yang diperkenalkan pada 1974[1]
  • A&W Cream Soda dan Diet Creem Soda diperkenalkan pada 1986[1]
  • A&W Floatsdan Sunkist Floats diperkenalkan pada 2008
  • A&W TEN, root beer rendah kalori, mulai muncul di Amerika Serikat pada musim semi 2013

Promosi dan Kontes[sunting | sunting sumber]

  • A&W dan Jim Belushi menawarkan perjalanan ke Los Angeles dengan VIP Pass ke "A&W Ultimate All-American Cookout and Concert" di House of Bluevia situs eBay[7].
  • Pada perayaan 100 tahun, A&W menawarkan penukaran gratis 2 liter A&W Root Beer dengan kegiatan "The Family Fun Pledge", sebuah kegiatan dimana partisipan harus "bebas dari teknologi selama satu jam setiap hari Jumat pada musim panas"[8].

Great Root Bear[sunting | sunting sumber]

Rooty, Great Root Bear

Great Root Beer yang juga dipanggil Rooty merupakan maskot dari A&W Root Beer. Pertama kali digunakan pada 1974 oleh A&W Kanada, dan diadopsi oleh waralaba di Amerika Serikat pada 1976. Dalam iklan jangka panjang untuk waralaba A&W Kanada, Rooty memiliki jingle berjudul "Ba-Dum, Ba-Dum", jingle ini dirilis oleh Attic Records, yang dikreditkan kepada "Major Ursus", yang memerankan Ursa Major atau "great bear". Robert Buckley, komposer terkenal Kanada dan pemenang B.C. Hall of Fame membantu membuat jingle ini. Pada akhir 1990an, peran Rooty diturunkan untuk waralaba restoran, pada akhirnya digantikan oleh "The Burger Family", meskipun begitu Rooty masih tampil dalam beragam kapasitas untuk restoran dan A&W Root Beer di Kanada. Pada akhir 2011, pemilik A&W yang baru mulai menggunakan Rooty kembali, terutama di dunia maya[9].

Restoran A&W[sunting | sunting sumber]

Berkas:A&W Logo.svg
Logo Restoran A&W

Tidak lama setelah Allen membeli kepemilikan Wright di bisnis ini, Allen memulai waralaba A&W. Keuntungannya datang dari biaya waralaba dan penjualan konsentrat root beer. Tidak ada menu standard dari waralaba hingga 1978. Pada 1960, terdapat 2.000 toko waralaba

Pada 1989, A&W membuat perjanjian dengan waralaba Carousel Snack Bars asal Minnesota untuk mengubah 200 tokonya (sebagian besar kios di pusat perbelanjaan) menjadi "A&W Hot Dogs & More"[10][11]. Beberapa lokasi A&W Hot Dogs & More masih beroperasi saat ini.

Banyak lokasi A&W yang dibuka di Amerika Serikat saat kepemilikan oleh Yum! (2002 hingga 2011) digabungkan dengan waralaba lain milik Yum! seperti Long John Silver's, Taco Bell, Pizza Hut, atau KFC.

Pada Desember 2011, dibawah kepemilikan baru, kantor pusat A&W pindah kembali ke Lexington, Kentucky. Sejak saat itu, di Amerika Serikat dan Asia Tenggara, A&W menjadi perusahaan yang dimiliki pemegang waralaba[12].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-14. Diakses tanggal 2007-12-22. 
  2. ^ Our Brands – Keurig Dr Pepper
  3. ^ A&W Revenue Royalties Income Fund. "About A&W Food Services of Canada Inc". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-06. Diakses tanggal 2011-02-23. 
  4. ^ a b Smith, Andrew F., Encyclopedia of Junk Food and Fast Food, Greenwood Press, 2006. pp. 44–45.
  5. ^ "The History of Root Beer". 
  6. ^ "A&W Canada is brewing root beer with natural ingredients". A&W Food Services of Canada. 5 July 2017. Diakses tanggal 5 January 2019. 
  7. ^ eBay Bidders Can Vie for Trip to A&W Root Beer's 'Ultimate All-American Cookout and Concert' Featuring Jim Belushi and The Sacred Hearts Band; Proceeds From Online Charity Auction to Benefit John Belushi Scholarship Fund. – PR Newswire – HighBeam Research[pranala nonaktif]
  8. ^ "Pledge to go Technology-Free and Create Family Fun with A&W Root Beer". www.prnewswire.com (dalam bahasa Inggris). 
  9. ^ Sloan, Scott. "A&W brings back its official spokesbear, Rooty | Daily Business Report". Kentucky.com. Diakses tanggal 2013-12-30. 
  10. ^ A&W Root Beer — History & Collectables Diarsipkan November 28, 2007, di Wayback Machine.
  11. ^ A&W prexy sets pace for growth in the '90's — A&W Restaurants; George Michel
  12. ^ Franchise Opportunities Diarsipkan 2015-06-11 di Wayback Machine. A & W Restaurants.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]