350.org

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
350.org
350 organisation logo.svg
Didirikan2007; 13 tahun lalu (2007)
JenisLSM
Tujuanmengurangi emisi CO2 dan membangun gerakan global untuk solusi iklim
Kantor pusatOakland, California
Pendiri
Bill McKibben, Phil Aroneanu, Will Bates, Kelly Blynn, May Boeve, Jamie Henn dan Jon Warnow [1]
PenghargaanRight Livelihood Award
Situs web350.org

350.org adalah sebuah LSM lingkungan internasional yang menangani krisis iklim. Organisasi ini memiliki tujuan untuk mengakhiri penggunaan bahan bakar fosil dan beralih ke energi terbarukan dengan membangun gerakan akar rumput global.[2] Jaminan keselamatan dan keadilan untuk masyarakat dunia merupakan salah satu bagian penting dari misi 350.org. Bergerak dengan komunitas lokal, 350.org  meminta pertanggung jawaban perusahaan dan para pemimpin dunia untuk memperhatikan realitas ilmiah dan prinsip - prinsip keadilan sosial.

penamaan 350 disandarkan kepada 350 ppm (parts per million) (bagian per juta) karbondioksida[3], diidentifikasikan sebagai batas aman maksimal untuk menghindari titik kritis iklim.

Melalui kampanye online, penjaringan akar rumput, aksi massa secara publik, kerjasama dengan kelompok berjaringan luas, dan organisasi mitra, 350.org telah memobilisasi ribuan organisator sukarela di lebih dari 188 negara. 350.org merupakan salah satu penyelenggara Aksi Mogok Iklim Global 2019 yang berevolusi dari gerakan Friday for Future (Jumat untuk Masa Depan).

Pendirian[sunting | sunting sumber]

350.org didirikan pada tahun 2008 oleh pakar lingkungan Amerika Bill McKibben dan sekelompok mahasiswa dari Middlebury College, Vermont, Amerika Serikat. Pendirian organisasi ini dilatar belakangi Kampanye “Step It Up”  2007 yang melibatkan 1400 aksi demontrasi di tempat-tempat terkenal di seluruh Amerika Serikat. McKibben memuji kegiatan ini dengan membuat Hilary Clinton dan Barack Obama mengubah kebijakan pemanfaatan energi mereka selama kampanye Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2008. Mulai Tahun 2008, 350.org melanjutkan Kampanye “Step It Up” menjadikannya organisasi global.

Bill McKibben adalah seorang pakar lingkungan dan penulis Amerika yang menulis salah satu buku pertama tentang pemanasan global untuk masyarakat umum. Selain itu, ia sering menulis tentang perubahan iklim, energi alternatif, dan kebutuhan akan ekonomi yang lebih lokal.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini naik daun setelah McKibben muncul di acara televisi The Colbert Report pada tanggal 17 Agustus 2009. McKibben mempromosikan 350.org di berbagai seminar dan menulis artikel di berbagai surat kabar dan media, seperti Los Angeles Times dan The Guardian. Pada Tahun 2012 organisasi ini mendapatkan penghargaan Katerva untuk kategori Behavioural Change.

Dalam perkembangannya, 350.org mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan. Rajendra Pachauri, ilmuwan iklim terkemuka dari PBB dan para pimpinan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mendukung pengurangan konsentrasi karbon dioksida atmosfer menjadi 350 ppm. Beberapa media mengindikasikan bahwa dukungan mereka adalah harapan besar aktivisme 350.org.

Aksi Massa[sunting | sunting sumber]

350.org menjalankan berbagai kampanye dan aksi massa, dari skala lokal hingga skala global.

Bebas Bahan Bakar Fosil[sunting | sunting sumber]

Kampanye Bebas Bahan Bakar Fosil, juga dikenal sebagai "Fossil Free" adalah gerakan untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil. Sejak didirikan pada tahun 2012, lebih dari 11 triliun dolar AS telah didivestasi dari batu bara, minyak, dan gas dan lebih dari 1.100 institusi di seluruh dunia telah mendivestasi.[4]

350.org menjelaskan bahwa alasan di balik kampanye ini sederhana: "Jika merusak iklim adalah salah, maka mendapatkan untung dari kerusakan itu sangatlah tidak mungkin." 350.org menyatakan permintaan mereka sebagai berikut: "Kami ingin lembaga-lembaga segera membekukan setiap investasi baru di perusahaan bahan bakar fosil, dan melepaskan kepemilikan langsung dari setiap dana campuran yang termasuk ekuitas publik bahan bakar fosil dan obligasi korporasi."

Kampanye ini telah berkembang dari perguruan tinggi dan universitas di seluruh Amerika Serikat hingga mencakup berbagai lembaga publik dan swasta lainnya, seperti Kota New York, bank-bank besar Jepang, bank pembangunan, lembaga keagamaan, dan banyak lagi. Kampanye untuk ini aktif dan berkembang di seluruh dunia.

Pipa XL Keystone[sunting | sunting sumber]

350.org telah menyebut pipa XL Keystone sebagai masalah kritis dan titik balik bagi gerakan lingkungan, serta warisan kebijakan peduli lingkungan Presiden Obama.

350.org mengutip tumpahan minyak di sepanjang rute jalur pipa yang diusulkan, yang akan melewati dekat Texas 'Carrizo-Wilcox Aquifer, yang memasok air minum ke lebih dari 12 juta orang. Ini juga dapat menimbulkan bahaya bagi Akuifer Ogallala, akuifer terbesar di Amerika Utara bagian barat yang memasok air minum dan irigasi kepada jutaan orang dan bisnis pertanian. 350.org menentang argumen ekonomi yang dibuat oleh para pendukung pipa, dengan alasan bahwa Keystone XL hanya akan menciptakan beberapa ribu pekerjaan sementara selama konstruksi. Departemen Luar Negeri memperkirakan bahwa proyek ini hanya akan menciptakan 35 pekerjaan permanen.

Pelaku Industri minyak mengatakan bahwa proyek ini akan meningkatkan harga minyak namun, Dewan Pertahanan Sumber Daya Nasional (NRDC) mengatakan bahwa pipa XL Keystone justru akan menurunkan harganya. Studi NRDC juga membantah klaim bahwa pipa akan mengarah pada kemandirian energi, karena pipa akan membawa pasir tar dari Kanada ke Texas yang kemudian akan dijual di pasar global.

Karena upaya dari 350.org dan organisasi lain, Presiden Obama secara resmi menolak pembangunan Keystone XL pada tanggal 6 November 2015.[5]

Hari Aksi Iklim Internasional (2009)[sunting | sunting sumber]

Ribuan Pengendara Sepeda di Melbourne untuk 350 Protes Iklim, 24 Oktober 2009

Hari Aksi Iklim Internasional. Taganrog, Wilayah Rostov, Rusia. 24 Oktober 2009

"Hari Internasional untuk Aksi Iklim" pada 24 Oktober 2009, diselenggarakan oleh 350.org untuk mempengaruhi para delegasi yang akan menghadiri Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang perubahan Iklim pada bulan Desember 2009 ( COP15 ). Ini adalah kampanye global pertama yang diselenggarakan di sekitar titik data ilmiah . Aksi-aksi yang diselenggarakan oleh 350.org termasuk penggambaran raksasa jumlah "350", berjalan, pawai, aksi unjuk rasa, ajakan mengajar , naik sepeda, bernyanyi a-thons , makan malam bebas karbon, rumah retrofit untuk menghemat energi, penanaman pohon, penyelaman massal di Great Barrier Reef , solar-dimasak panggang-out, gereja-gereja ringings bel, pertemuan kabinet di bawah air ( Maladewa ), dan distribusi ban kepada para atlet. Organisasi ini melaporkan bahwa lebih dari 5.200 demonstrasi yang disinkronkan terjadi di 181 negara pada hari itu. Kelompok ini melaporkan bahwa mereka mengorganisir "hari aksi politik paling luas" di dunia pada Sabtu 24 Oktober 2009, melaporkan 5.245 aksi di 181 negara.

10/10/10 Global Work Party (2009)[sunting | sunting sumber]

350.org in Baku, Azerbaijan

Sebagai tindak lanjut dari Hari Aksi Iklim Internasional 2009, 350.org dan Kampanye Iklim 10:10 bergabung untuk membantu mengoordinasikan hari aksi global lainnya yang terjadi pada 10 Oktober 2010. Kampanye 2010 difokuskan pada aksi nyata yang dapat diambil secara lokal untuk membantu memerangi perubahan iklim. Tindakan dari penanaman pohon hingga instalasi panel surya hingga pihak penyedia jasa listrik yang sangat besar terjadi di hampir setiap negara di dunia.

Hubungkan Dots (2012)[sunting | sunting sumber]

Upaya organisasi berlanjut hingga 2012 dengan serangkaian aksi unjuk rasa sedunia 5 Mei di bawah slogan "Connect the Dots," untuk menarik perhatian pada hubungan antara perubahan iklim dan cuaca ekstrem . Per situs web 350.org, hari itu disebut Hari Dampak Iklim .

Global Power Shift (2013)[sunting | sunting sumber]

Fase 1 Global Power Shift adalah konvergensi di Istanbul , Turki pada Juni 2013 dengan sekitar lima ratus penyelenggara iklim dari 135 negara. Tujuan lain termasuk berbagi dan mengembangkan keterampilan untuk mengatur gerakan, membangun rencana yang ada untuk mengatur acara Power Shift di negara setelah acara kickoff di Turki, membangun penyelarasan politik dan teori perubahan yang jelas , berbagi pengalaman dari berbagai negara, merumuskan strategi untuk mengatasi tantangan, dan membangun hubungan untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi regional dan internasional. Fase 2 Global Power Shift melibatkan para penyelenggara yang berada di Turki pada Juni 2013 untuk membawa pulang apa yang mereka pelajari untuk mengatur KTT, acara, dan mobilisasi

Summer Heat (2013)[sunting | sunting sumber]

350.org meluncurkan kampanye Musim Panas di Musim Panas 2013, dan merupakan gelombang mobilisasi massa di seluruh negeri. Aksi Musim Panas terjadi di sebelas lokasi: Richmond, CA; Vancouver, WA; Green River, UT; Albuquerque, NM; Houston, TX; St. Ignace, MI ; Warren, OH; Washington DC; Camp David, MD; Somerset, MA; dan Danau Sebago, ME. Peserta termasuk pengorganisasian akar rumput, serikat pekerja, petani, peternak, kelompok keadilan lingkungan, dan lainnya. Slogan yang digunakan untuk kampanye Musim Panas adalah: Saat Suhu Naik, Begitu juga Kita.

People's Climate March (2014)[sunting | sunting sumber]

350 membantu mengatur People's Climate March , yang berlangsung pada 21 September 2014. 2.000 peristiwa terjadi di seluruh dunia.

Garis Merah (2015)[sunting | sunting sumber]

Meskipun keadaan darurat dinyatakan di Prancis, 10.000 orang berada di jalan-jalan ibukota di Perjanjian Paris ditandatangani, didukung oleh 775.000 lainnya di jalan-jalan di seluruh dunia.

Break Free (2016)[sunting | sunting sumber]

Satu minggu aksi yang menargetkan proyek batu bara, minyak, dan gas di 20 negara di seluruh dunia membunyikan pesan: "kita harus tetap melakukannya." 30.000 orang berpartisipasi dalam aksi massa ini.

Rise for Climate (2018)[sunting | sunting sumber]

350.org adalah penyelenggara utama dalam mobilisasi global 8 September 2018 yang disebut Rise for Climate . Penyelenggara memperkirakan lebih dari 250.000 orang ambil bagian di seluruh dunia.

Global Climate Strike (2019)[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Serangan iklim September 2019

350.org adalah salah satu penyelenggara pemogokan iklim global, 20-27 September 2019. Aksi pemogokan direncanakan di lebih dari 150 negara. Dipakai oleh koalisi luas LSM, serikat pekerja dan gerakan sosial, pemogokan tersebut terinspirasi oleh pemogokan sekolah dari gerakan Fridays For Future . Juga didukung adalah Digital Climate Strike , yang menyerukan penghentian atau 'go green' situs web dengan pengalihan ke cakupan mobilisasi fisik.

Tujuan dari Global Climate Strike adalah untuk menarik perhatian pada krisis iklim darurat dan untuk menciptakan tekanan pada politik, media, dan industri bahan bakar fosil. Pemogokan dimaksudkan sebagai awal dari mobilisasi massa permanen .

Lebih dari 7,6 juta orang di 185 negara berpartisipasi dalam acara mobilisasi massal ini, menjadikan Global Climate Strike sebagai mobilisasi iklim terbesar dalam sejarah.

Aktivitas lain[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari acara khusus, 350.org mengorganisir tindakan secara berkelanjutan untuk mempromosikan pesannya. Kegiatan-kegiatan ini termasuk penanaman pohon (350 pohon dalam setiap contoh) untuk biosequestrasi , mempromosikan istilah "350", mempublikasikan iklan di koran-koran besar yang menyerukan agar tingkat target karbon dioksida diturunkan menjadi 350ppm, melakukan jajak pendapat mengenai masalah perubahan iklim, mendidik para pemimpin pemuda, melobi pemerintah tentang masalah target karbon, dan bergabung dengan kampanye untuk membangun domain tingkat atas .eco atau "tld". Pada bulan Desember 2009, kelompok ini mengajukan petisi kepada Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat untuk menetapkan batas nasional untuk gas rumah kaca menggunakan Undang-Undang Udara Bersih , meminta badan tersebut untuk membatasi konsentrasi karbon dioksida atmosfer pada 350 bagian per juta. Organisasi ini membuat dan mendistribusikan video selang waktu yang menunjukkan mundurnya Mendenhall Glacier baru-baru ini di Alaska , yang secara grafik menggambarkan dampak iklim yang menghangatkan.

  1. ^ McKibben, Bill (2013). Oil and Honey. Times Books. hlm. 12. ISBN 978-0-8050-9284-4. 
  2. ^ [350.org ""350.org: Sebuah kampanye global menghadapi krisis iklim""] Periksa nilai |url= (bantuan). 350.org. Diakses tanggal 24 Oktober 2019. 
  3. ^ Plass, Gilbert N. "Carbon Dioxide and Climate". Scientific American. 
  4. ^ "Divestment Commitments". Fossil Free: Divestment (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-26. 
  5. ^ Davenport, Coral (2015-11-06). "Citing Climate Change, Obama Rejects Construction of Keystone XL Oil Pipeline". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2019-10-26.