1. FC Saarbrücken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
1. FC Saarbrücken
Nama lengkap1.Fußball-Club Saarbrücken e.V.
JulukanDe FC, die Molschder
Berdiri1903
StadionLudwigsparkstadion
(Kapasitas: 35.303)
KetuaHartmut Ostermann
ManajerFuat Kılıç
LigaRegionalliga Südwest (IV)
2015–16ke-7
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang

1. FC Saarbrücken adalah tim sepak bola profesional asal Jerman yang berbasis di Saarbrücken, Saarland. Tim ini didirikan sebagai bagian dari departemen sepak bola dari Turnverein Malstatt yang dibentuk pada tahun 1903. Departemen ini memisahkan diri pada tahun 1907 untuk membentuk tim sendiri yang bernama FV Malstatt-Burbach dan pada tanggal 1 April 1909, tim ini berganti nama menjadi FV Saarbrücken.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Klub bermain di Kreisliga Saar pada tahun 1919, dan berhasil meraih kesuksesan yang lumayan, meraih posisi runner-up. Periode 1922-1923 menjadi periode sukses selanjutnya untuk Saarbrücken, di mana pada tahun 1923, mereka bermain di Bezirksliga Rhein-Saar - divisi Saar dan menjuarai kejuaraan itu pada musim 1927-1928. Namun, tim ini gagal di kualifikasi Gauliga di 1933.

Periode Reich Ketiga[sunting | sunting sumber]

Tim ini bermain di Gauliga Südwest pada tahun 1935, salah satu dari 16 divisi regional di Jerman yang dikelola oleh Reich Ketiga. Mereka diacak bersama tim lainnya dan bermain di Gauliga Südwest-Saarpfalz pada 1940 dan berhasil menjuarai liga di musim berikutnya. Di musim 1943, mereka kembali memenangkan liga dan maju ke play-off nasional, tetapi mereka dikalahkan Dresdner SC dengan skor 0-3. Tahun berikutnya, mereka hanya mampu maju hingga perempat-final play-off nasional dan dikalahkan di babak yang sama oleh 1. FC Nuremberg. Selama masa Perang Dunia II pada 1943-1945, tim ini sudah memainkan rivalitas dengan (Kriegsspielgemeinschaft Saarbrücken) denganSC Altenkessel.

Sesudah Perang Dunia dan pembentukan Protektorat Saar Republik Saarland[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Dunia II, semua organisasi di Jerman dibubarkan, termasuk federasi sepak bola dan Klub Olahraga. Tim ini diizinkan untuk berdiri kembali di akhir tahun 1945, tetapi dengan syarat mengubah nama mereka. Klub akhirnya mengubah nama mereka menjadi 1. FC Saarbrücken. Tim tersebut memainkan kompetisi pertama mereka setelah Perang Dunia II di Oberliga Südwest-Nord, dan menjuarai kompetisi yang sama pada musim 1946.

Wilayah Jerman, Protektorat Saar Saarland, di mana kota Saarbrücken terletak, diduduki oleh Prancis setelah Perang. Mereka melihat dan memilih kemungkinan, bergabung dengan Prancis atau Jerman. Dari segi timnas, mereka dinyatakan sebagai negara sendiri dan dapat ikut serta sebagai Protektorat Saar Republik Saar di Olimpiade Musim Panas 1952 dan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1954 - UEFA sebagai Timnas Saar dan berhak membuat liga sendiri dan khusus untuk tim dari wilayah Saarland yang disebut Ehrenliga. Pada tahun 1948, 1. FC Saarbrücken menjadi salah satu tim yang dipaksa keluar dari kompetisi sepak bola Jerman, tetapi tidak seperti tim lainnya, mereka tidak bermain di liga Boneka. Mereka akhirnya pindah ke sepak bola Prancis dengan berkompetisi di Ligue 2 dengan nama FC Sarrebruck dan di musim 1949, mereka berhasil menjadi juara Ligue 2 berselisih 6 poin dengan runner-up Girondins de Bordeaux, tetapi mereka ditolak promosi ke Ligue 1 karena khawatir tim-tim dari Jerman lainnya akan ikut berkompetisi di kompetisi Prancis dan terjadi kejar mengejar antar tim Jerman di kompetisi Prancis[butuh rujukan].

Saarbrücken akhirnya menarik diri dari kompetisi di Prancis dan mulai memainkan pertandingan persahabatan selama dua tahun ke depan. Mereka pun mengorganisir turnamen pada tahun 1949-1950 yang disebut Internationaler Saarland Pokal, (Piala Internasional Saarland) di mana mereka bermain di Saarbrücken sebanyak 15 kali melawan tim dari Austria, Chile, Denmark, Prancis, Swedia, Swiss, dan Yugoslavia. Tiga tim teratas, bermain di babak play-off di Saarbrücken, tim tuan rumah menang di final 4-0 atas Stade Rennais UC dari Prancis. Tahun berikutnya, terjadi final sesama Saarland dengan VfB Neunkirchen. Turnamen dibubarkan pada 1952 sebagai bagian kesepakatan dengan DFB.

Namun, anehnya, mereka membentuk asosiasi sepak bola sendiri yang didaftarkan ke FIFA dan timnas sepak bola mereka, Timnas Saar berhak mengikuti Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1954 - UEFA. 1. FC Saarbrücken mengirim 10 pemain mereka ke Protektorat Saar Timnas Saar. Mereka finis kedua di depan Norwegia Norwegia dan di belakang pemenang grup Jerman Barat Jerman Barat. Saarbrücken pun ikut mewakili negaranya, Protektorat Saar Republik Saar di Piala Champions Eropa musim 1956 dan mereka melawan perwakilan Italia Italia, AC Milan di babak pertama, mereka kalah dengan skor agregat 7–5 setelah mereka menang tandang di San Siro 3–4, dan kalah kandang di Ludwigsparkstadion 1–4.

Kembali ke sepak bola Jerman[sunting | sunting sumber]

Saarbrücken kembali berkompetisi di Oberliga Südwest pada tahun 1952 dan menang di tingkat nasional setelah mengalahkan VfB Stuttgart 1-2. Mereka terus menjadi yang terkuat, tetapi setelah ini, mereka hanya dapat menjuarainya di tingkat nasional hanya di musim 1961.

Pada tahun 1963, Federasi Sepak Bola Jerman akhirnya membuat sebuah liga teratas yang kini disebut Bundesliga. 16 tim terpilih untuk bermain di Bundesliga, pemilihan dilihat dari kinerja mereka di Oberliga, Finansial, dan letak di mana tim berasal agar semua negara bagian dapat terwakili di Bundesliga. Delapan tim pilihan pertama dianggap wajar, tetapi pemilihan Saarbrücken untuk ikut berkompetisi di Bundesliga adalah yang paling kontroversial karena mereka masih kalah bersaing dengan FK Pirmasens dan Wormatia Worms. Beberapa pihak meyakini pemilihan Saarbrücken karena direksi tim dekat dengan Hermann Neuberger, seseorang yang paling berpengaruh di sepak bola Jerman yang juga masuk dalam daftar panitia seleksi.

Pada akhir musim Bundesliga, mereka berada di posisi terbawah dan akhirnya degradasi ke Regionalliga Südwest, di mana mereka selesai di papan atas selama tiga musim berturut-turut, tetapi selalu gagal promosi kembali ke Bundesliga. Mereka akhirnya mampu membuka jalan kembali ke Bundesliga setelah finis pertama di 2nd Bundesliga Süd di musim 1976. Setelah dua musim di sana, mereka degradasi kemabli ke divisi dua dan akhirnya di musim 1981, mereka harus turun ke divisi Amatir Oberliga Südwest (III). Mereka kembali bermain di Bundesliga di musim 1986 dan 1993, dan di dua musim itu pun, berakhir dengan degradasi. Sebuah krisis finansial pada tahun 1995 menyebabkan lisensi untuk berkompetisi di kompetisi profesional dan mereka didegradasi ke kompetisi Amatir Regionalliga West / Südwest (III).

Sekarang[sunting | sunting sumber]

1. FC Saarbrücken selesai di posisi ke-16 di musim 2005-06 dan degradasi ke Regionalliga Süd (III). Di musim berikutnya, mereka kembali bermain buruk dan akhirnya kembali degradasi, kali ini ke divisi empat Oberliga Südwest, di mana mereka hampir gagal promosi kembali ke Regionalliga di musim 2007-08. Namun, mereka menyelesaikan musim 2008-09 sebagai juara Oberliga Südwest dan promosi ke Regionalliga Barat. Pada bulan Mei 2010, mereka menjuarai Regionalliga Barat di musim kompetisi 2009-10 dan berhak promosi ke 3. Liga. Mereka mulai konsisten bermain di 3. Liga mulai musim 2010-11 dengan selesai di posisi keenam setelah mememangkan 9 pertandingan dan masih tetap bermain di 3. Liga di musim 2012-13.

Titel[sunting | sunting sumber]

Pelatih[sunting | sunting sumber]

[1]

Pelatih Dari Sampao
Alfred Kaminski 11 Januari 2008 31 Mei 2008
Dieter Ferner 1 Juli 2008 30 Juni 2010
Jürgen Luginger 1 Juli 2010 sekarang

Musim ke musim[sunting | sunting sumber]

[2][3]

Skuat terkini[sunting | sunting sumber]

Hingga 18 Juli 2013[4]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Jerman GER Timo Ochs
2 DF Jerman GER Kim Falkenberg
4 MF Jerman GER Kevin Maek
5 DF Jerman GER Pascal Pellowski
6 MF Jerman GER Christian Eggert
7 MF Jerman GER Andreas Glockner
8 MF Jerman GER Tim Kruse
9 FW Jerman GER Thomas Rathgeber
10 MF Jerman GER Philipp Kreuels
11 FW Jerman GER Markus Hayer
13 MF Jerman GER Raffael Korte
No. Pos. Negara Pemain
14 MF Jerman GER Serkan Göcer
16 MF Jerman GER Frederich Ehrmann
17 DF Jerman GER Tim Knipping
18 DF Jerman GER Nils Fischer
19 DF Jerman GER Marc Lerandy
20 GK Jerman GER Michael Müller
21 FW Luksemburg LUX Maurice Deville
24 FW Jerman GER Jaron Schäfer
27 DF Jerman GER Julian Kern
33 DF Jerman GER Artur Schneider
36 DF Jerman GER Tim Stegerer
38 FW Jerman GER Marcel Ziemer

Daftar pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1. FC Saarbrücken .:. Trainer von A-Z (Jerman) weltfussball.de, diakses: 6 Juli 2012
  2. ^ Das deutsche Fußball-Archiv (Jerman) Historical German domestic league tables
  3. ^ Fussball.de – Ergebnisse (Jerman) Tables and results of all German football leagues
  4. ^ "1. Mannschaft". 1. FC Saarbrücken (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-29. Diakses tanggal 18 Juni 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]