Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/05/02

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Ketopong Benty Grange

Ketopong Benty Grange adalah sebuah ketopong berjambul celeng peninggalan suku bangsa Anglo-Saxon dari abad ke-7 tarikh Masehi. Ketopong ini ditemukan oleh Thomas Bateman pada tahun 1848 saat mengekskavasi sebuah tumulus di lahan usaha tani Benty Grange, bagian dari civil parish Monyash yang terletak di ujung barat wilayah county Derbyshire. Gundukan makam ini agaknya sudah pernah dijarah pada saat diekskavasi oleh Thomas Bateman, tetapi masih menyimpan barang-barang peninggalan kalangan berstatus ningrat yang menimbulkan kesan bahwa di dalamnya pernah terpendam banyak sekali barang bekal kubur bernilai tinggi, misalnya saja sisa-sisa kepingan sebuah mangkuk gantung. Ketopong ini sekarang terpajang di Museum Weston Park setelah dibeli oleh museum tersebut dari ahli waris Thomas Bateman pada tahun 1893. (Selengkapnya...)

Tahukah Anda

  • "... bahwa menurut mitos Osiris, istri Osiris, yaitu Isis, menghidupkan kembali tubuh suaminya, sehingga Osiris secara anumerta dapat membuahi istrinya untuk mengandung putra mereka, Horus?"
  • "... bahwa selama Perang Dunia II, Indonesia mampu menghasilkan 80-90% minyak nilam yang hampir memenuhi kebutuhan dunia?"
  • "... bahwa beberapa hari sebelum Idul Adha di Turki, ada tradisi Bayram Temizliği yang bertujuan membersihkan kampung-kampung?"
  • "... bahwa flu kuda memiliki tingkat infeksi hampir 100% pada populasi kuda yang tidak divaksinasi tanpa paparan virus sebelumnya?"

Hari ini dalam sejarah

2 Mei: Hari Pendidikan Nasional di Indonesia; Hari Guru di Iran; Hari Bendera di Polandia; Paskah (Kristen Timur, 2021)

Tanggal lain: 1 Mei 2 Mei 3 Mei

Hari ini tanggal 2 Mei 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Kapal kargo Edro III yang telah berkarat dan terbengkalai di dekat Pegeia, Paphos, Siprus.
Kapal kargo Edro III yang telah berkarat dan terbengkalai di dekat Pegeia, Paphos, Siprus.
(ukuran asli: 4.252 × 2.834 piksel, 5,51 MB)

Oleh: Nino Verde
Lisensi: CC BY-SA 4.0