Viacom (1971-2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Viacom, Inc.
Jenis Publik (1971-2005)
Industri Perusahaan media
Penerus CBS Corporation
Viacom (sesudah tahun 2005)
Didirikan (3 Mei 1971)
Kantor pusat Kantor pusat di New York, Amerika Serikat
Produk CBS, UPN, CBS Radio, dsb.
Karyawan 38,350 (2006)

Viacom versi 1971 diawali oleh CBS Films, Inc., sindikat dari CBS. Pada tahun 1971, berganti nama menjadi VIACOM (VIdeo & Audio COMmunications), dan pada tahun 1973 perusahaan ini memisahkan diri, mendapat FCC baru yang melarang perusahaan televisi memiliki perusahaan sindikasi.

Efektif tanggal 31 Desember 2005, perusahaan ini berganti nama menjadi CBS Corporation. Perusahaan yang sekarang dikenal sebagai Viacom juga didirikan pada tanggal yang sama dan merupakan hasil pecahan baru perusahaan dibuat selama CBS-Viacom berpisah.

Viacom sangat menguntungkan pada tahun 1970-an dan 1980-an mendistribusikan program CBS klasik untuk sindikasi, termasuk tengara seperti program I Love Lucy , The Andy Griffith Show dan All in the Family (kini milik Sony Pictures Television). Mereka juga memproduksi dan mendistribusikan program untuk stasiun lain, contoh yang terbesar adalah The Cosby Show dan Roseanne.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembelian oleh Viacom[sunting | sunting sumber]

Akuisisi non-program pertama dari Viacom datang pada tahun 1978 ketika perusahaan membeli Sonderling Broadcasting, memberikan stasiun radio tersebut di New York City, Washington, D.C., Houston, dan San Francisco dan satu stasiun televisi, WAST (sekarang WNYT) di Albany, New York.

Belakangan tahun itu, Viacom menambahkan WHNB-TV di Shreveport, Louisiana, mengubah huruf dan panggilan ke WVIT. Awal tahun 1980-an melihat Viacom penyortiran melalui Sonderling dengan beberapa stasiun yang disumbangkan, pertukaran, atau menjadi inti bagi perusahaan-perusahaan baru - misalnya, WOL di Washington meluncurkan jaringan Radio One, yang sekarang merupakan jaringan penyiaran terbesar milik korporasi Afrika-Amerika.

Pada tahun 1983, Viacom membeli KSLA-TV di Shreveport, Louisiana dan WHEC-TV di Rochester, New York terpisah dalam transaksi, diikuti dengan tahun 1986 (secara ironis) menjadi milik KMOX CBS-TV di St Louis; dengan pembelian panggilan dari stasiun yang telah diubah menjadi huruf KMOV.

Pada tahun 1985, Viacom mengakuisisi Warner-Amex Satellite Entertainment dan mengganti nama perusahaan tersebut menjadi MTV Networks (MTV Networks adalah pemilik MTV dan Nickelodeon). Viacom juga menerima Warner-Amex tentang berbagi Viacom/WASEC dengan Showtime Networks, yang meliputi Showtime dan The Movie Channel.

Pada 1986, Viacom dibeli oleh National Amusements, yang membawa Sumner Redstone sebagai dirut. Redstone mempertahankan nama perusahaan Viacom dan membuat string besar akuisisi pada awal tahun 1990-an, mengumumkan rencana untuk membeli Paramount Communications (pada masa itu bernama Gulf+Western dan memiliki Paramount Television, SEGA dan beberapa perusahaan lain), induk dari Paramount Pictures, pada tahun 1993, dan membeli Blockbuster Video pada tahun 1994.

Akuisisi Blockbuster yang dilakukan oleh Viacom memberikan akses kepada kepemilikan televisi besar yang dikendalikan oleh Spelling Entertainment milik Aaron Spelling; bersama dengan produksi sendiri, Spelling mengontrol katalog ABC dan NBC lewat Worldvision Enterprises dan Republic Pictures, sebelum 1973.

Pembelian oleh CBS[sunting | sunting sumber]

Semuanya berawal ketika Westinghouse Electric Corporation memperoleh CBS sebesar $ 5,4 milyar. Sebagai salah satu pemilik kelompok penyiaran utama komersial stasiun radio dan televisi (yakni Group W) sejak 1920, Westinghouse berusaha untuk transisi dari stasiun operator menjadi perusahaan media besar dengan pembelian dari CBS. Ini diikuti pada tahun 1997 dengan pembelian Infinity Broadcasting Corporation sebesar $ 4,9 miliar. Juga tahun itu, Westinghouse memulai pembagian CBS Cable dengan memperoleh dua saluran kabel yang ada, yakni The Nashville Network dan Country Music Television, dan membuka CBS Eye on People, yang kemudian dijual kepada Discovery Networks.

Operasi CBS Radio itupun dialihkan ke Infinity. Pada tahun yang sama, Westinghouse mengubah namanya menjadi CBS Corporation dan pindah dari Pittsburgh ke New York. Dan untuk menggarisbawahi perubahan penekanan, semua produk non-hiburan disiapkan untuk dijual. 90 stasiun radio lain yang ditambahkan ke protofolio dari Infinity tahun 1998 dengan akuisisi American Radio Systems Corporation sebesar $ 2,6 miliar.

Pada tahun 1999, CBS membayar $ 2,5 milyar untuk membeli King World Productions, yang membuatThe Oprah Winfrey Show, Jeopardy! dan Wheel of Fortune.

Penggabungan CBS dan Viacom[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 itu pula, Viacom membuat akuisisi terbesar dengan mengumumkan rencana untuk membeli CBS Corporation yang menjadi mantan induknya. Merger ini disetujui pada tahun 2000, membawa TNN dan CMT dibawah naungan Viacom, serta unit produksi CBS dan sindikator Eyemark (dahulu Group W) dan King World dioperasikan di bawah nama mereka sendiri, namun TNN dan CMT digabung menjadi MTV Networks hampir seketika.

Tahun-tahun setelah penggabungan CBS dan Viacom[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Viacom menyelesaikan pembelian Black Entertainment Television (BET). Sama seperti layaknya TNN dan CMT, BET langsung terintegrasi ke dalam MTV Networks, menyebabkan beberapa kalangan pekerja BET protes di kawasan Washington (di mana BET didasarkan sebelum merjer). Akibatnya, BET akhirnya berpisah dari MTV Networks.

Walaupun kepentingan ekonomi mayoritas di Viacom diselenggarakan oleh pemegang saham independen, yang dipelihara keluarga Redstone 71% kontrol suara perusahaan melalui kepemilikan saham Viacom dari National Amusements.

Pada tahun 2002, Viacom membeli saluran musik yang dikelola secara independen, TMF, yang pada waktu itu disediakan di Belgia dan Belanda. Pada tahun yang sama Viacom memperoleh sisa saham Infinity Broadcasting.

TNN resmi menjadi PKIE TV tahun 2003. Di bulan April tahun yang sama, Viacom memperoleh sisa pemilikan saham Comedy Central dari Time Warner, membuat Comedy Central terintegrasi ke MTV Networks.

Pada tahun 2004, Viacom membeli TMF, setara dengan MTV Jerman. Bulan yang sama, rencana-rencana diumumkan untuk membuang minat Viacom Blockbuster tahun itu dengan cara menawarkan pertukaran.

Aset yang pernah ada[sunting | sunting sumber]

Bertahan[sunting | sunting sumber]

Dipecah[sunting | sunting sumber]

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Saingan[sunting | sunting sumber]

Masa akhir Viacom edisi pertama[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2005, Viacom mengumumkan rencana untuk memecah perusahaan ini menjadi dua perusahaan publik. Perusahaan ini tidak hanya berhadapan dengan harga saham stagnan, tetapi juga persaingan antara Les Moonves dan Tom Freston, pemimpin CBS dan MTV Networks. Setelah kepergian Mel Karmazin pada tahun 2004, Redstone, yang menjadi CEO, memutuskan untuk membagi kantor presiden dan COO di antara Moonves dan Freston. Redstone juga menetapkan waktunya untuk pensiun dalam waktu dekat, dan perpecahan akan menjadi solusi kreatif untuk masalah menggantikan dia.

Hal terakhir yang harus dilakukan Viacom sebelum pemisahan terjadi adalah untuk memperoleh DreamWorks, LLC dari pemiliknya, Steven Spielberg, Jeffrey Katzenberg, dan David Geffen.

Perpecahan ini disetujui oleh dewan Viacom pada tanggal 14 Juni 2005, mulai berlaku 31 Desember 2005, dan efektif membalikkan penggabungan Viacom/CBS pada tahun 1999. Viacom yang ada dinamakan CBS Corporation. dan dipimpin oleh Moonves. Sekarang termasuk "pertumbuhan lambat bisnis" Viacom, yaitu CBS, The CW (hasil gabungan UPN dan The WB), CBS Radio , Simon & Schuster, CBS Outdoor (dulunya Viacom Outdoor), Showtime, CBS Television Studios, CBS Television Distribution dan CBS studios International. Ini, menurut beberapa analis, terasa mencekik pertumbuhan bisnis kabel MTV Networks. Perpecahan CBS efektif membuat perusahaan independen lagi.

Selain itu, CBS Corporation diberikan Paramount Parks dan CBS College Sports Network. Namun, CBS Corporation kemudian menjual Paramount Parks kepada pengelola taman bermain Cedar Fair, LP pada tanggal 30 Juni tahun yang sama.

Selain itu, perusahaan baru hasil perpecahan yang diciptakan disebut Viacom, yang dipimpin oleh Freston. Terdiri atas MTV Networks, BET Networks, studio film Paramount, dan operasi hiburan rumah Paramount Pictures. Ini juga termasuk perusahaan permainan Sega. Usaha-usaha tersebut dikategorikan sebagai kualitas bisnis (MTV Networks dan khususnya BET Networks), dan jika mereka terpecah menjadi perusahaan terpisah, dapat memasukkan dana baru/modal untuk masa depan memungkinkan untuk akuisisi dan ekspansi.

Sumner Redstone masih menguasai 71 persen saham pemungutan suara kedua perusahaan dan merupakan ketua dari kedua perusahaan. Pada September 2006, Redstone memecat Freston dan Philippe Dauman menjadi ketua baru Viacom.

[sunting | sunting sumber]

Logo pertama Viacom (1971-1976)

Logo pertama Viacom, resmi diluncurkan tahun 1971, menampilkan nama perusahaan di zoom, sekelompok huruf pada suatu waktu ( "V-IA-COM"), dari sisi kanan dari layar, dan "bumping" menjadi satu sama lain. Dengan setiap "bump", gaya Pinball yang telah mendengar suara, dan latar belakang berubah dari warna merah ke hijau ke biru. Bila telah selesai surat bersama kelompok, kamera zoomed out mengungkapkan kata "A VIACOM PRESENTATION," dan soundtrack bulat dengan gaya yang futuristik suara whoosh sementara yang assortment dari mekanik Pinball telah mendengar suara di latar belakang.

Logo kedua Viacom (1976-1986)

Logo kedua Viacom, mulai dipakai pada bulan Juli 1976, berbeda dari versi pertama. Pada warna latar belakang, kata "A Viacom Presentation" diperbesar ke kamera dan akhirnya dihentikan. Segera setelah itu, sebagian kecil "V" dengan desain yang unik mulai memfokuskan pada kamera, dan terus untuk memperbesar perlahan di belakang kata. Ketika akhirnya sampai ke titik di mana layar yang hampir bertemu olehnya, layar untuk cepat luntur hitam, dengan "V" membesar ke arah kamera.

Untuk musik khusus, pada tahun 1977, menggunakan simfoni dari pukulan drum. Khusus jaringan TV, menggunakan adaptasi "V of Doom". Pada tahun 1985, dikeluarkan "V of Happiness".

Logo ketiga Viacom (1986-1990)

Pada tahun 1986, dikeluarkan animasi "V of Steel" Pada animasi ini, dalam latar belakang ungu, satu cahaya terang, yang unik "V" akan memutar dari bagian bawah layar, sedangkan kata "Viacom", tersembunyi kamera, akan memperbesar dari atas tangan kiri-sudut. Kedua akan bergabung menjadi logo resmi Viacom.

Pada bulan September 1990, Viacom mengeluarkan logo terakhir mereka sebelum memakai logo baru mereka pasca tahun 2005 (logo Viacom setelah pisah dari CBS diluncurkan pada tanggal 3 Januari 2006). Logo tersebut berupa tulisan VIACOM dengan tipe huruf "wigga-wigga". Beberapa animasi dapat dilihat di YouTube.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Selama bertahun-tahun, pengucapan nama Viacom telah berevolusi. Seperti dicatat oleh Ralph Baruch, ketua pertama Viacom, itu awalnya pengucapan bahasa Inggris: [ˈviː.əkɒm] VEE-ə-kom). Sesudah National Amusements milik Sumner Redstone membeli perusahaan pada tahun 1986, pengucapan disukai oleh Redstone dan disertakan dalam tanda identifikasi yang terdengar adalah [ˈvaɪ.əkɒm] VYE-ə-kom).[1])
  • Viacom pada awalnya didirikan pada tahun 1971, tetapi reincorporated pada tahun 1985. Efektif tanggal 31 Desember 2005, perusahaan ini berganti nama entitas menjadi The CBS Corporation. Perusahaan Viacom versi baru juga didirikan pada tanggal dan mperusahaan baru hasil pecahan yang diciptakan selama CBS-Viacom berpisah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clarified by Ralph Baruch, first chairman of Viacom, in a 2007 interview on C-SPAN's "The Communicators."

Lihat pula[sunting | sunting sumber]