Wheel of Fortune

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wheel of Fortune
Telop Wheel of Fortune.
Format Game show
Pembuat Merv Griffin
Pembawa acara Pat Sajak
Vanna White
Narator Jack Clark (1983-1988)
M. G. Kelly (1988-1989)
Charlie O'Donnell (1989-kini)
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode 5,000 (hingga 27 Februari 2009)
Produksi
Durasi 30 menit
Rumah produksi Merv Griffin Productions (1983-1984)
Merv Griffin Enterprises (1984-1994)
Columbia TriStar Television (1994-2002)
Sony Pictures Television (2002-kini)
Califon Productions (1983-kini)
Distributor King World Productions (1983-2007)
CBS Television Distribution (2007-kini)
Siaran
Saluran asli Sindikat
Format gambar NTSC (480i),
720p/1080i (HDTV)
Periode siaran 19 September 1983–masih ditayangkan
Pranala luar
http://www.wheeloffortune.com/

Wheel of Fortune adalah sebuah acara permainan Amerika Serikat yang diciptakan oleh Merv Griffin. Nama program ini berasal dari sebuah roda besar yang menentukan jumlah uang dan hadiah yang dimenangkan (atau menurun) oleh para peserta.
Acara permainan ini disiarkan pertama pada tahun 1975 di jaringan televisi seharian. Versi saat ini adalah hasil sindikat prime time yang di akses sejak 19 September 1983. Musim ke-30 dimulai pada tanggal 17 September 2012. Ini adalah rencana permainan sindikat sepanjang sejarah televisi Amerika dan terpanjang kedua baik dalam jaringan atau sindikasi (di belakang The Price is Right).
Bintang acara ini ialah Pat Sajak dan Vanna White.

Format[sunting | sunting sumber]

  • Dalam permainan ini ada 3 peserta yang akan berentap.
  • Peserta harus memutarkan roda sebelum membeli huruf yang diinginkan.
  • Ada juga hadiah misteri yang disponsori berbagai perusahaan.

Pengaturan[sunting | sunting sumber]

Pengaturan tampilan Wheel of Fortune tahun 2006.
  • Studio Pada awalnya, acara ini direkam di studio NBC di Burbank, tempat yang sama dimana acara hariannya juga direkam. Direkam di studio CBS antara tahun 1989-1995 dan kemudian di Culver City, sejak 1995.
  • Papan teka-teki
    Papan ini pada mulanya dikelola secara manual. Papan tersebut memiliki 48 trilon dalam empat baris (11, 13, 13 dan 11, masing-masing). Papan itu dikelilingi oleh batas-batas melengkung ganda lampu yang menyala di awal dan akhir babak. Ketika surat itu ditempatkan di teka-teki, yang ruang akan menyala dan Vanna White akan memutar trilon untuk mengungkapkannya. Pada 24 Februari 1997, acara ini memiliki papan yang terkomputerisasi terdiri dari 52 monitor (menambah satu ruang untuk setiap baris). Untuk menerangi huruf selama gameplay biasa, White hanya menyentuh tepi monitor, meskipun papan dapat dikendalikan dari jauh untuk menyatakan huruf atau penyelesaian. Papan digital ini juga tidak lagi memerlukan rekaman untuk berhenti di segmen yang menampilkan lebih dari satu teka-teki. Dengan papan sebelumnya, sedangkan pemirsa di rumah melihat transisi mulus teka-teki berikutnya, apa yang sebenarnya terjadi adalah sebuah persembahan berhenti turun, di mana dewan akan didorong turun panggung sementara teka-teki baru ini dimuat di oleh tangan tidak terlihat dari kontestan, yang biasanya akan berdiri di suatu tempat pada suara tahap di mana mereka tidak dapat melihat papan. Dengan papan baru, tidak berhenti penurunan yang diperlukan, yang berarti taping bisa selesai lebih cepat dengan biaya lebih rendah untuk perusahaan produksi.
Papan teka-teki masa kini
  • Area Kontestan
    Kontestan berdiri di belakang pagar yang besar, dan berlapis yang memberikan pengaruh ketika roda berputar. Daerah di belakang kontestan berwarna awalnya mengandung bentuk-bentuk yang memberikan latar belakang serta scoreboard tambahan untuk menampilkan jumlah kontestan telah meletakkan on account. Pada tahun 1997, latar belakang dipindahkan demi sebuah tampilan yang sesuai dengan tema untuk minggu tapings feature. Pada tahun 1998, dinding video bertema menggantikan latar belakang yang ditampilkan di belakang kontestan. Video berwarna ini diupgrade pada 2003.
Perkembangan area kontestan di Wheel of Fortune
  • Papan skor
    Acara ini menggunakan eggcrate perangkat lunak skor untuk menampilkan angka hingga 2002, ketika mereka digantikan oleh monitor LCD lagi pada tahun 2002 dan digantikan oleh plasma layar datar memaparkan pada tahun 2007. Juga mulai pada tahun 2002, animasi khas bermain di monitor ini, jika seorang kontestan stop di "Bankrupt" dan "Lose a Turn".
  • Roda
    Mekanisme roda beratnya dua ton (4.000 lbs.) [1] dan dikelilingi oleh cahaya ekstensi. Sampai tahun 1997, roda itu berputar secara otomatis selama acara pembukaan dan penutupan dan melihat lampu emas bolak-balik dan panel. Ini digantikan oleh sebuah lingkaran biru metalik dikelilingi oleh emas panel, dengan beberapa paku berpanel serupa terjadi di sekitar roda dan roda tak lagi berputar secara otomatis selama segmen tersebut. Saat ini dan kaca lampu LED ekstensi debutnya pada tahun 2003. Sebelum tahun 1996, tiga nilai dolar yang berbeda konfigurasi yang digunakan dalam setiap pertunjukan. Takkan pernah ada jumlah di bawah $ 100 pada sindikasi roda dan satu-satunya ruang kas tidak berakhir dengan "50" atau "00" adalah $ 175 irisan yang kemudian dihapus pada tahun 1985. Konfigurasi saat ini didasarkan pada satu dahulu digunakan dalam Babak 3 (Babak 2 sebelum 1987). Pada tahun 2008, konfigurasi mulai diperbaiki sedikit, dengan penambahan beberapa warna baru dan nilai-nilai dolar. Dari 1983-1984, nilai terendah pada roda adalah $ 100. Ini meningkat menjadi $ 150 pada tahun 1985 dan menjadi $ 250 pada 1996. Nilai terendah telah $ 300 sejak tahun 1999.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Pengaturan Roda untuk musim ke-30.

Premis utamanya ialah teka-teki, yang disajikan dengan kategori yang sesuai dan tidak ada surat-surat terungkap. Permainan biasanya terdiri daripada tiga kontestan, masing-masing memainkan roda untuk menentukan nilai tunai huruf di setiap gilirannya, atau membeli vokal jika ia memiliki setidaknya $ 250. Roda juga mengandungi ruangan-ruangan khusus yang memengaruhi jalannya permainan, serta hadiah istimewa. Sementara bahagiaan untuk non-tunai lain telah divariasikan dalam acara sejarah, roda selalu menampilkan Bankrupt dan Lose a Turn, baik yang kehilangan giliran kontestan, dengan mantan juga menghilangkan wang tunai dan/atau hadiah yang diterima dalam waktu yang bulat. Sejak tahun 2000, acara ini juga menampilkan teka-teki Toss-Up, yang diisi dengan satu huruf pada satu masa dan boleh diselesaikan selepas dering dengan sebuah bel.
Pada akhir permainan, skor tertinggi kontestan memainkan babak bonus. Di sini, ia diberi lebih kecil, sebahagian diisi-dalam teka-teki dan meminta mel-mel tambahan untuk membantu dalam menyelesaikan itu dalam sepuluh detik batas waktu. Teka-teki dengan jawaban benar akan mendapatkan bonus hadiah yang ditentukan oleh berputar roda yang lebih kecil sebelum awal babak bonus.

Tema musik[sunting | sunting sumber]

Dari 1983-2000, musik tema acara ini adalah "Changing Keys" disusun oleh Griffin. Selama bertahun-tahun, tema itu direkam ulang beberapa kali dalam berbagai pengaturan dari jazz ke band besar. Musik ini ditetapkan oleh direktur musik yang menjadi taman lama Griffin, Mort Lindsey, dengan kaki tangannya termasuk partisipan Plas Johnson, Nick Ceroli dan Jack Sheldon.
Sejak 2000, tema musik ini adalah "Happy Wheels" oleh Steve Kaplan, digubah tahun 2002, kemudian 2004, dan 2006 oleh Frankie Blue. Sejak 2007, tema dari John Hoke digunakan.

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Kontestan Michelle Loewenstein menjadi yang pertama, dan sampai saat ini hanya, pemenang $ 1 juta bonus hadiah pada 14 Oktober 2008, dengan jumlah kemenangan dari $ 1.026.080.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Negara yang (pernah) menayangkan Wheel of Fortune
  1. ALIH Templat:Country data Makedonia: Acara ini dinamakanTrkalo Na Srekata (Тркало На Среќата); ditayangkan di A1.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wheel of Fortune

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]