Wheel of Fortune

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wheel of Fortune
Telop Wheel of Fortune.
PembuatMerv Griffin
PresenterPat Sajak
Vanna White
NaratorJack Clark (1983-1988)
M. G. Kelly (1988-1989)
Charlie O'Donnell (1989-kini)
Negara asal Amerika Serikat
Jmlh. episode5,000 (hingga 27 Februari 2009)
Produksi
Durasi30 menit
Rumah produksiMerv Griffin Productions (1983-1984)
Merv Griffin Enterprises (1984-1994)
Columbia TriStar Television (1994-2002)
Sony Pictures Television (2002-kini)
Califon Productions (1983-kini)
DistributorKing World Productions (1983-2007)
CBS Television Distribution (2007-kini)
Rilis asli
JaringanSindikat
Format gambarNTSC (480i),
720p/1080i (HDTV)
Rilis19 September 1983 –
masih ditayangkan

Wheel of Fortune adalah sebuah acara permainan Amerika Serikat yang diciptakan oleh Merv Griffin. Nama program ini berasal dari sebuah roda besar yang menentukan jumlah uang dan hadiah yang dimenangkan (atau menurun) oleh para peserta.
Acara permainan ini disiarkan pertama pada tahun 1975 di jaringan televisi seharian. Versi saat ini adalah hasil sindikat prime time yang di akses sejak 19 September 1983. Musim ke-30 dimulai pada tanggal 17 September 2012. Ini adalah rencana permainan sindikat sepanjang sejarah televisi Amerika dan terpanjang kedua baik dalam jaringan atau sindikasi (di belakang The Price is Right).
Bintang acara ini ialah Pat Sajak dan Vanna White.

Format

  • Dalam permainan ini ada 3 peserta yang akan berentap.
  • Peserta harus memutarkan roda sebelum membeli huruf yang diinginkan.
  • Ada juga hadiah misteri yang disponsori berbagai perusahaan.

Pengaturan

Pengaturan tampilan Wheel of Fortune tahun 2006.
  • Studio Pada awalnya, acara ini direkam di studio NBC di Burbank, tempat yang sama dimana acara hariannya juga direkam. Direkam di studio CBS antara tahun 1989-1995 dan kemudian di Culver City, sejak 1995.
  • Papan teka-teki
    Papan ini pada mulanya dikelola secara manual. Papan tersebut memiliki 48 trilon dalam empat baris (11, 13, 13 dan 11, masing-masing). Papan itu dikelilingi oleh batas-batas melengkung ganda lampu yang menyala di awal dan akhir babak. Ketika surat itu ditempatkan di teka-teki, yang ruang akan menyala dan Vanna White akan memutar trilon untuk mengungkapkannya. Pada 24 Februari 1997, acara ini memiliki papan yang terkomputerisasi terdiri dari 52 monitor (menambah satu ruang untuk setiap baris). Untuk menerangi huruf selama gameplay biasa, White hanya menyentuh tepi monitor, meskipun papan dapat dikendalikan dari jauh untuk menyatakan huruf atau penyelesaian. Papan digital ini juga tidak lagi memerlukan rekaman untuk berhenti di segmen yang menampilkan lebih dari satu teka-teki. Dengan papan sebelumnya, sedangkan pemirsa di rumah melihat transisi mulus teka-teki berikutnya, apa yang sebenarnya terjadi adalah sebuah persembahan berhenti turun, di mana dewan akan didorong turun panggung sementara teka-teki baru ini dimuat di oleh tangan tidak terlihat dari kontestan, yang biasanya akan berdiri di suatu tempat pada suara tahap di mana mereka tidak dapat melihat papan. Dengan papan baru, tidak berhenti penurunan yang diperlukan, yang berarti taping bisa selesai lebih cepat dengan biaya lebih rendah untuk perusahaan produksi.
Berkas:WOF Puzzle Board 2007-08.jpg
Papan teka-teki masa kini
  • Area Kontestan
    Kontestan berdiri di belakang pagar yang besar, dan berlapis yang memberikan pengaruh ketika roda berputar. Daerah di belakang kontestan berwarna awalnya mengandung bentuk-bentuk yang memberikan latar belakang serta scoreboard tambahan untuk menampilkan jumlah kontestan telah meletakkan on account. Pada tahun 1997, latar belakang dipindahkan demi sebuah tampilan yang sesuai dengan tema untuk minggu tapings feature. Pada tahun 1998, dinding video bertema menggantikan latar belakang yang ditampilkan di belakang kontestan. Video berwarna ini diupgrade pada 2003.
Perkembangan area kontestan di Wheel of Fortune
  • Papan skor
    Acara ini menggunakan eggcrate perangkat lunak skor untuk menampilkan angka hingga 2002, ketika mereka digantikan oleh monitor LCD lagi pada tahun 2002 dan digantikan oleh plasma layar datar memaparkan pada tahun 2007. Juga mulai pada tahun 2002, animasi khas bermain di monitor ini, jika seorang kontestan stop di "Bankrupt" dan "Lose a Turn".
  • Roda
    Mekanisme roda beratnya dua ton (4.000 lbs.) [1] dan dikelilingi oleh cahaya ekstensi. Sampai tahun 1997, roda itu berputar secara otomatis selama acara pembukaan dan penutupan dan melihat lampu emas bolak-balik dan panel. Ini digantikan oleh sebuah lingkaran biru metalik dikelilingi oleh emas panel, dengan beberapa paku berpanel serupa terjadi di sekitar roda dan roda tak lagi berputar secara otomatis selama segmen tersebut. Saat ini dan kaca lampu LED ekstensi debutnya pada tahun 2003. Sebelum tahun 1996, tiga nilai dolar yang berbeda konfigurasi yang digunakan dalam setiap pertunjukan. Takkan pernah ada jumlah di bawah $ 100 pada sindikasi roda dan satu-satunya ruang kas tidak berakhir dengan "50" atau "00" adalah $ 175 irisan yang kemudian dihapus pada tahun 1985. Konfigurasi saat ini didasarkan pada satu dahulu digunakan dalam Babak 3 (Babak 2 sebelum 1987). Pada tahun 2008, konfigurasi mulai diperbaiki sedikit, dengan penambahan beberapa warna baru dan nilai-nilai dolar. Dari 1983-1984, nilai terendah pada roda adalah $ 100. Ini meningkat menjadi $ 150 pada tahun 1985 dan menjadi $ 250 pada 1996. Nilai terendah telah $ 300 sejak tahun 1999.

Cara bermain

Pengaturan Roda untuk musim ke-30.

Premis utamanya ialah teka-teki, yang disajikan dengan kategori yang sesuai dan tidak ada surat-surat terungkap. Permainan biasanya terdiri daripada tiga kontestan, masing-masing memainkan roda untuk menentukan nilai tunai huruf di setiap gilirannya, atau membeli vokal jika ia memiliki setidaknya $ 250. Roda juga mengandungi ruangan-ruangan khusus yang memengaruhi jalannya permainan, serta hadiah istimewa. Sementara bahagiaan untuk non-tunai lain telah divariasikan dalam acara sejarah, roda selalu menampilkan Bankrupt dan Lose a Turn, baik yang kehilangan giliran kontestan, dengan mantan juga menghilangkan wang tunai dan/atau hadiah yang diterima dalam waktu yang bulat. Sejak tahun 2000, acara ini juga menampilkan teka-teki Toss-Up, yang diisi dengan satu huruf pada satu masa dan boleh diselesaikan selepas dering dengan sebuah bel.
Pada akhir permainan, skor tertinggi kontestan memainkan babak bonus. Di sini, ia diberi lebih kecil, sebahagian diisi-dalam teka-teki dan meminta mel-mel tambahan untuk membantu dalam menyelesaikan itu dalam sepuluh detik batas waktu. Teka-teki dengan jawaban benar akan mendapatkan bonus hadiah yang ditentukan oleh berputar roda yang lebih kecil sebelum awal babak bonus.

Tema musik

Dari 1983-2000, musik tema acara ini adalah "Changing Keys" disusun oleh Griffin. Selama bertahun-tahun, tema itu direkam ulang beberapa kali dalam berbagai pengaturan dari jazz ke band besar. Musik ini ditetapkan oleh direktur musik yang menjadi taman lama Griffin, Mort Lindsey, dengan kaki tangannya termasuk partisipan Plas Johnson, Nick Ceroli dan Jack Sheldon.
Sejak 2000, tema musik ini adalah "Happy Wheels" oleh Steve Kaplan, digubah tahun 2002, kemudian 2004, dan 2006 oleh Frankie Blue. Sejak 2007, tema dari John Hoke digunakan.

Pemenang

Kontestan Michelle Loewenstein menjadi yang pertama, dan sampai saat ini hanya, pemenang $ 1 juta bonus hadiah pada 14 Oktober 2008, dengan jumlah kemenangan dari $ 1.026.080.

Adaptasi

Negara yang (pernah) menayangkan Wheel of Fortune

Resepsi

Wheel of Fortune telah lama menjadi salah satu program dengan peringkat tertinggi di televisi sindikasi AS. Ini adalah acara dengan peringkat tertinggi di seluruh sindikasi sebelum digulingkan oleh Two and a Half Men pada tahun 2010.[2][3] Wheel yang disindikasikan berbagi Daytime Emmy Award untuk Outstanding Game/Audience Participation Show dengan Jeopardy! pada tahun 2011, dan Sajak memenangkan tiga Daytime Emmys for Outstanding Game Show Host—pada tahun 1993, 1997, dan 1998. Dalam salah satu edisi tahun 2001, TV Guide menempatkan Wheel sebagai nomor 25 di antara 50 Game Show Terbesar Sepanjang Masa,[4] dan pada tahun 2013, majalah tersebut menempatkannya sebagai nomor 2 dalam daftar 60 game show terbesar sepanjang masa, hanya kalah dari Jeopardy![5] Pada Agustus 2006, acara ini menempati peringkat ke-6 dalam daftar 50 Game Show Terbesar milik GSN.[6]

Wheel menjadi subjek banyak nominasi dalam acara khusus Game Show Awards GSN, yang disiarkan pada 6 Juni 2009.[7] Acara ini dinominasikan untuk Best Game Show, tetapi kalah dari Are You Smarter Than a 5th Grader?. Sajak dan White dinominasikan untuk Best Game Show Host, tetapi kalah dari Howie Mandel dari Deal or No Deal; dan O'Donnell dianggap untuk Best Announcer tetapi kalah dari Rich Fields dari The Price Is Right. Salah satu frasa tangkap yang diucapkan oleh kontestan, "Saya ingin membeli huruf vokal", dianggap untuk Favorite Game Show Catch Phrase, tetapi kalah dari "Mari turun!", frasa tangkap penyiar yang menyambut kontestan baru ke Price. Efek suara yang terdengar saat memulai babak permainan reguler baru memenangkan penghargaan untuk Favorite Game Show Sound Effect. Suara yang terdengar saat roda mendarat pada Bankrupt juga dinominasikan. Meskipun sudah pensiun dari acara tersebut hampir satu dekade pada saat itu, "Changing Keys" dinominasikan untuk Best Game Show Theme Song. Namun, ia kalah dari komposisi rekan Griffin-nya, "Think!" dari Jeopardy![8]

Sebuah galeri kehormatan untuk Wheel of Fortune merupakan bagian dari tur Sony Pictures Studios, dan diperkenalkan dalam episode yang ditayangkan pada 10 Mei 2010.[9] Terletak di panggung yang sama dengan fasilitas penyiaran acara, galeri kehormatan ini menampilkan barang-barang kenangan yang terkait dengan sejarah sindikasi Wheel, termasuk perlengkapan yang sudah tidak digunakan, merchandise klasik, foto, video, dan sebuah kasus khusus yang didedikasikan untuk pakaian White.[10] Dua tahun kemudian, pada tahun 2012, acara ini dihormati dengan Ride of Fame di atas bus wisata tingkat ganda di New York City.[11]

Merchandise

Banyak permainan papan berdasarkan Wheel of Fortune telah dirilis oleh berbagai perusahaan mainan. Permainan-permainan ini mirip, dengan menggunakan roda, papan tampilan teka-teki, uang mainan, dan berbagai aksesori seperti token Free Spin. Milton Bradley merilis permainan papan pertama pada tahun 1975. Selain semua perlengkapan yang disebutkan di atas, permainan ini juga termasuk 20 kartu hadiah untuk mensimulasikan hadiah "belanja" dalam acara tersebut, dengan nilai hadiah berkisar dari $100 hingga $3.000. Dua edisi dirilis, dengan satu-satunya perbedaan adalah seni kemasan dan buku teka-teki yang disertakan. Versi rumahan lainnya dirilis oleh Pressman Toy Corporation, Tyco/Mattel, Parker Brothers, Endless Games, dan Irwin Toys.[12]

Selain itu, beberapa permainan video berdasarkan acara ini telah dirilis untuk komputer pribadi, Internet, dan berbagai konsol permainan yang mencakup beberapa generasi perangkat keras. Sebagian besar permainan yang dirilis pada abad ke-20 diterbitkan oleh GameTek, yang memproduksi sejumlah permainan Wheel pada berbagai platform, dimulai dengan permainan Nintendo Entertainment System yang dirilis pada tahun 1987 dan berlanjut sampai perusahaan tersebut tutup pada tahun 1998 setelah mengajukan perlindungan Bab 11 Kepailitan.[13] Permainan-permainan berikutnya diterbitkan oleh Hasbro Interactive dan perusahaan penggabungnya Infogrames/Atari; Sony Online Entertainment, THQ dan Ubisoft.[14]

Wheel juga telah dilisensikan kepada International Game Technology untuk digunakan dalam mesin slot mereka. Semua permainan ini secara longgar didasarkan pada acara tersebut, dengan kontestan diberi kesempatan untuk memutar roda untuk memenangkan jackpot. Sejak tahun 1996, lebih dari 200 permainan slot berdasarkan acara tersebut telah dibuat, baik untuk kasino nyata maupun yang ada di Internet. Dengan lebih dari 1.000 kemenangan yang diberikan dengan total lebih dari $1.000.000 dan lebih dari $3 miliar dalam jackpot yang diberikan, Wheel dianggap sebagai merek slot paling sukses sepanjang masa.[15]

Pada tanggal 8 Maret 2023, BetMGM mengumumkan peluncuran Wheel of Fortune Casino online di New Jersey.[16] Kasino ini beroperasi di bawah lisensi perjudian online Borgata Hotel Casino & Spa. Wheel of Fortune Casino dijalankan dengan kerja sama bersama IGT yang memiliki lisensi untuk Mesin Slot Wheel of Fortune.[17][18]

Pada Mei 2022, sebuah pertunjukan produksi panggung keliling, Wheel of Fortune Live!, diumumkan, diproduksi oleh Right Angle Entertainment bekerja sama dengan Sony dan United Talent Agency, dengan jadwal pertama lebih dari 60 tanggal dari September hingga Desember 2022, dan tanggal tahun 2023 akan diumumkan kemudian. Serupa dengan The Price Is Right Live!, versi keliling ini akan menampilkan pembawa acara yang belum diumumkan, bukan Sajak atau White.[19]

Referensi

  1. ^ Wheel of Fortune
  2. ^ "Peringkat televisi AS: 10 program sindikasi teratas pada musim 2009/10: Statistik". Statista.com. Diakses tanggal 22 April 2013. 
  3. ^ "Laporan 2010–11: 'Two and a Half Men' Masih Kuat; Peringkat Jaringan Masih Turun". The Wrap TV. Diakses tanggal 22 April 2013. 
  4. ^ "'TV Guide' Menyebut 50 Game Show Terbesar Sepanjang Masa". Hall of Game Show Fame. 
  5. ^ Fretts, Bruce (June 17, 2013). "Eyes on the Prize". TV Guide. hlm. 14–15. 
  6. ^ 50 Game Show Terbesar Sepanjang Masa. GSN. Diakses pada 31 Agustus 2006.
  7. ^ Catlin, Roger. "On Tonight: First Game Show Awards". TV Eye. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juni 2009. Diakses tanggal 9 Juni 2009. 
  8. ^ "Judul Tidak Diketahui". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Mei 2009. Diakses tanggal 9 Juni 2009. 
  9. ^ "Minggu Pameran Negara Bagian, Episode 1". Wheel of Fortune. Musim ke-27. 10 Mei 2010. Sindikasi. 
  10. ^ Glaus, Heidi (10 November 2011). "Jelajahi 'Wheel of Fortune' Hall of Fame". St. Louis, MO: KSDK-TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Oktober 2014. Diakses tanggal 2 Oktober 2014. 
  11. ^ Wheel Of Fortune Dihormati Oleh Gray Line New York's Ride Of Fame Getty Images. 23 Mei 2012.
  12. ^ "Permainan papan Wheel of Fortune". Board Game Geek. Diakses tanggal 10 Juni 2013. 
  13. ^ "GameTek Games". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Desember 2012. Diakses tanggal 2 Oktober 2014. 
  14. ^ "'Wheel of Fortune' Licensees". MobyGames. Diakses tanggal 2 Oktober 2014. 
  15. ^ "Wheel of Fortune di IGT Games". International Game Technology. Diakses tanggal 19 Agustus 2015. 
  16. ^ BetMGM. "BetMGM Announces Launch of Wheel of Fortune Online Casino". www.prnewswire.com (Siaran pers) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Maret 2023. 
  17. ^ "Ruleta Aleatoria". Ruleta Aleatoria (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 2023-09-09. 
  18. ^ Fletcher, Rob (9 Maret 2023). "BetMGM partners IGT on Wheel of Fortune Online Casino launch". IGBNorthAmerica. Diakses tanggal 16 Maret 2023. 
  19. ^ Burton, Carson (17 Mei 2022). "Wheel of Fortune Hits the Road with First-Ever Live Tour (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal 17 Mei 2022. 

Lihat pula

Pranala luar