Rochester, New York

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rochester, New York
Sebagian dari gedung pencakar langit Rocheste, menghadap utara di sepanjang Sungai Genesee dari Jembatan Ford Street.
Sebagian dari gedung pencakar langit Rocheste, menghadap utara di sepanjang Sungai Genesee dari Jembatan Ford Street.
Lambang resmi Rochester, New York
Lambang
Julukan: "Kota Gandum", "Kota Bunga", "Pusat Citra Dunia"
Semboyan: Rochester: Diciptakan untuk Kehidupan
Lokasi Rochester di Negara Bagian New York
Lokasi Rochester di Negara Bagian New York
Negara
Negara Bagian
Kabupaten
Amerika Serikat
New York
Monroe
Pemerintahan
 • Wali kota Thomas Richards
Populasi (2000)
 • Total 219,773
Zona waktu EST (UTC−5)
 • Musim panas (DST) EDT (UTC−4)
Situs web www.ci.rochester.ny.us

Rochester, juga dikenal sebagai Kota Gandum dan Kota Bunga, adalah sebuah kota di Kabupaten Monroe, New York, Amerika Serikat. Menurut sensus 2000, Rochester berpenduduk 219.773 orang. Menurut data 2004, jumlah populasi yang diberikan oleh Badan Sensus AS adalah 212.481, sehingga kota ini menjadi kota terbesar ketiga di Negara Bagian New York. Rochester juga merupakan ibu kota untuk Kabupaten Monroe.

Kota Rochester terletak di tengah Daerah Metropolitan yang lebih luas yang mencakup dan membentang melewati Kabupaten Monroe dan mencakup Kabupaten Genesee, Kabupaten Livingston, Kabupaten Ontario, Kabupaten Orleans, dan Kabupaten Wayne. Daerah Metropolitan yang lebih besar ini mempunyai penduduk sejumlah 1.037.831 orang menurut Sensus 2000. Daerah pinggiran kota utama dari kota ini termasuk Brighton, Chili, Irondequoit, Henrietta, East Rochester, Fairport, Penfield, Pittsford, Webster, Rush dan Greece.

Wali kota Rochester sekarang adalah Robert Duffy.

Pendirian dan sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Pada 8 November 1803, sebidang tanah seluas kira-kira 40 ha) dibeli oleh Kolonel Nathaniel Rochester, Mayor Charles Carroll, dan Kolonel William Fitzhugh, ketiganya berasal dari Hagerstown, Maryland. Lokasi ini dipilih karena adanya tiga air terjun dari Sungai Genesee, yang menawarkan potensi besar untuk tenaga air. Dengan penduduk sebanyak 15 orang, para pendiri itu meninjau tanah tersebut dan merancang jalan-jalan dan lintasannya. pada 1817, Brown bersaudara dan para pemilik tanah lainnya menggabungkan tanah mereka dengan Traktat Empat Puluh Hektare untuk membentuk Desa Rochesterville.

Pada 1821, Rochesterville dijadikan pusat Kabupaten Monroe. Pada 1823, Rochesterville telah meluas menjadi 1012 acre dan 2.500 penduduk, dan Desa Rochesterville kini dikenal sebagai Rochester. Juga pada 1823, saluran air Erie Canal di atas Sungai Genesee diselesaikan, dan Erie Canal di sbelah timur Sungai Hudson dibuka. Pada 1830, penduduk Rochester sudah 9.200 orang, dan pada 1834, daerah itu disahkan menjadi sebuah kota.


Warga kota terkemuka[sunting | sunting sumber]

Lihat Daftar warga Rochester, New York

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Rochester mempunyai sepuluh kota kembar, seperti yang ditetapkan oleh Sister Cities International, Inc. (SCI)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]